Ekonomi Makro

Halaman arsip semua konten dengan subtopik Ekonomi Makro

Menakar Pertumbuhan Ekonomi RI 2022, Akankah Catat Rekor Tertinggi Sejak 2014?

Asian Development bank atau Bank Pembangunan Asia (ADB) kembali mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022.Ekonom Senior ADB untuk Indones

Imbas Pandemi, Indeks Pembangunan Manusia Pertama Kali Alami Penurunan

UNDP mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya sejak dibuat lebih dari 30 tahun yang lalu Indeks Pembangunan Manusia mengalami kemunduran selama pandemi Covid-19.

Apa Kompensasi yang Diharapkan Masyarakat Akibat Kenaikan Harga BBM?

Tak sanggup menahan beban anggaran subsidi BBM yang kian membengkak, pemerintah pun resmi menaikkan harga BBM. Apa kompensasi yang diharapkan masyarakat?

Jurang Ekstrim Kesenjangan UMK di Tanah Jawa

UMK tertinggi di Indonesia saat ini didominasi oleh daerah-daerah di Jawa, begitu pula dengan yang terendah.

Mana yang Lebih Baik? Bansos atau Subsidi BBM

Kenaikan harga BBM mendapat sorotan di media sosial, apakah pengalihan subsidi BBM dengan pemberian bantuan sosial (bansos) akan lebih baik?

Tipe Mobil di Atas 1.400 cc yang Akan Dilarang Isi Pertalite

Wacana baru larangan mobil di atas 1.400 cc diisi Pertalite diprediksi bakal memengaruhi banyak masyarakat ditimang dari betapa larisnya mobil-mobil kelas itu d

Melihat Proyeksi Ekonomi RI Pada 2023, Mampukah Bertahan?

Meskipun berada di tengah ketidakstabilan ekonomi, namun perekonomian Indonesia masih diproyeksikan tetap menguat pada tahun 2023 mendatang.

Beban Besan Pensiunan ASN

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR Jumat (26/8/2022) lalu mengungkapkan bahwa skema penyaluran dana pensiun bagi aparatur sipi

Seberapa Besar PDB Negara-Negara ASEAN?

Indonesia berhasil mempertahankan statusnya sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN. Adapun PDB Indonesia mencakup sepertiga total PDB ASEAN pada 2021.

Bagaimana Kiprah Pemuda Indonesia di Sektor Pertanian?

Data BPS menunjukkan bahwa hanya 19,18 persen pemuda berkecimpung di sektor pertanian pada tahun 2021.

Generasi Muda Optimis Mendapat Pekerjaan di Masa Depan

BPS mencatat seiring dengan pemulihan ekonomi, tingkat pengangguran semakin melandai. Hal tersebut semakin meningkatkan optimisme para generasi pencari kerja.

Didominasi Afrika, Ini Daftar Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi 2021

Pandemi Covid-19 membuat tingkat pengangguran global mengalami lonjakan. Tingkat pengangguran di Afrika Selatan merupakan yang tertinggi pada 2021.

Dana Pensiun jadi Pengeluaran Terbesar Realisasi Belanja Pegawai Pemerintah 2021

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam laporannya menyebut, realisasi belanja pegawai pemerintah mencapai Rp38,75 triliun pada 2021. Jumlahnya naik mencapai 92,0

10 Kabupaten/Kota dengan Penduduk Miskin Paling Sedikit di Indonesia 2021

Kota Sawahlunto berhasil meraih predikat daerah dengan tingkat penduduk miskin terendah meskipun jumlah penduduk miskin di Indonesia meningkat pada 2021.

Resmi Diizinkan Kembali, Inilah Catatan Pemerintah Malaysia atas Pegawai Migran Indonesia

Sebelumnya, pemerintah Indonesia sempat menghentikan sementara penempatan pekerja migran Indonesia (PMI ) ke Malaysia

ADB Naikan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Asian Development Bank (ADB) mengoreksi proyeksi pertumbuhan untuk Indonesia. Koreksi ini disampaikan dalam Asian Development Outlook (ADO) Suplement yang diter

Apakah Indonesia Aman dari Ancaman Resesi?

Bank Dunia menyebut bahwa ancaman resesi global tidak dapat dihindari. Bagaimana dengan kemungkinan Indonesia yang bakal terjerat resesi?

Dunia Dilanda Ketidakpastian Ekonomi, Badai Resesi Global Bakal Datang?

IMF perkirakan pertumbuhan ekonomi global hanya sebesar 3,6 persen pada 2022. Ancaman resesi global semakin nyata karena adanya perlambatan ekonomi di dunia.

Ada Lonjakan Harga, Pangan Sumbang Inflasi Terbesar pada Juni 2022

Harga pangan bergejolak capai 10,07 persen yoy sebagai penyumbang terbesar inflasi Juni. Adapun, Kabupaten Bungo jadi wilayah dengan inflasi makanan tertinggi.

APBN Surplus dan Catatan Positif Pendapatan Negara

Kemenkeu menyebutkan APBN surplus sebesar 0,39 persen dari PDB. Surplus APBN ditopang oleh pertumbuhan pendapatan negara yang tumbuh sebesar 48,5 persen.