Bukan Jakarta, Inilah Kota Terkaya di Indonesia

Kota identik dengan kesan yang modern, di mana perkembangan industri dan teknologi terasa lebih maju pada wilayah ini.

Bukan Jakarta, Inilah Kota Terkaya di Indonesia Pemandangan Kota Jakarta, Indonesia | toinkdunk/Shutterstock

Kota sangat identik dengan kesan kehidupan yang mewah dan modern. Perkembangan sektor industri dan teknologi terasa lebih maju di wilayah perkotaan. Namun bila menilik lebih lanjut, seberapa kaya kota-kota di Indonesia?

Salah satu hal yang bisa dijadikan tolak ukur tingkat kemakmuran suatu wilayah ialah dengan melihat nilai produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita dari masing-masing kota. Adapun PDRB per kapita diperoleh dari total pendapatan dibagi dengan jumlah penduduk masing-masing kota dalam kurun waktu 1 tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) merangkum daftar PDRB per kapita masing-masing kota di seluruh Indonesia pada tahun 2020. Hasilnya, Kediri menjadi kota terkaya di Indonesia yang memiliki nilai PDRB per kapita mencapai Rp457,98 juta.

Kota terkaya di Indonesia tahun 2020 | Siti Hannah/GoodStats

Di atas kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini, berdiri salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yakni PT Gudang Garam Tbk. Perusahaan rokok Gudang Garam sendiri sudah berdiri sejak tahun 1958 di Kediri.

Industri tembakau menjadi salah satu kontributor terbesar produk domestik bruto (PDB) di tanah air. Di Jawa Timur, industri di sektor ini termasuk pula sebagai sektor unggulan. Tidak heran apabila Kediri tercatat sebagai kota terkaya di Indonesia.

Posisi ke-2 kota terkaya di Indonesia diraih oleh Bontang dengan PDRB per kapita sebesar Rp312,14 juta. Berikutnya, DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia menempati posisi ke-3 dengan total PDRB per kapita sebesar Rp260,44 juta.

Adapun Cilegon menempati posisi ke-4 dengan total PDRB per kapita sebesar Rp233,02 juta dan ibu kota Jawa Timur, Surabaya berada di posisi ke-5 dengan total PDRB per kapita sebesar Rp190,89 juta.

Sementara itu, secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-15 kota-kota terkaya di Indonesia terdiri dari Balikpapan, Tarakan, Dumai, Makassar, Batam, Bandung, Jayapura, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Dari jajaran 15 kota terkaya di Indonesia, Pulau Jawa dan Sumatra mendominasi jumlah kota terkaya dengan total masing-masing sebanyak 5 kota yang masuk dalam daftar. Sementara itu, Kalimantan berselisih tipis dengan total 4 kota terkaya. Terakhir, Sulawesi dan Papua masing-masing menyumbang sebanyak 1 kota yang masuk dalam daftar kota terkaya di Indonesia.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mengenal Bernard Arnault, CEO Brand Terkaya Tahun 2024

Bernard Arnault dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya di dunia tahun 2024. Siapa saja yang ada dalam daftar tahun ini?

Jumlah Kerugian Negara dalam Satu Dekade Terakhir Akibat Koruptor

KPK merilis data terbaru mengenai kasus korupsi di berbagai sektor di Indonesia, mencatat jumlah kasus yang dilaporkan dan ditindaklanjuti dari tahun 2016-2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X