Kota dengan Ekosistem Startup Terbaik di Indonesia Tahun 2022, Jakarta Masih Nomor Satu

Kualitas ekosistem startup di Indonesia berada di peringkat ke 38 secara global. Berikut ini adalah kota-kota dengan ekosistem startup terbaik di Indonesia.

Kota dengan Ekosistem Startup Terbaik di Indonesia Tahun 2022, Jakarta Masih Nomor Satu Kota Jakarta│Muhammad Rizki/Unsplash

StartupBlink, sebuah website yang secara khusus melakukan riset tentang kualitas ekosistem startup atau bisnis digital, merilis laporan kualitas ekosistem startup di Indonesia untuk tahun 2022. Laporan ini berisi publikasi kualitas ekosistem startup di Indonesia, beserta ranking ekosistem startup di Indonesia.

Secara global, kualitas ekosistem Startup di Indonesia berada di urutan ke 38, naik 7 peringkat dari tahun sebelumnya. Sementara itu, di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat 2, naik 1 peringkat dari posisi sebelumnya di tahun 2021. Di tahun 2022 ini, Indonesia hanya kalah dari Singapura yang berada di peringkat 1 untuk kawasan Asia Tenggara.

Tak hanya itu, ada 7 kota di Indonesia yang masuk ke dalam 1000 kota pemilik ekosistem startup terbaik di dunia. Dari ketujuh kota tersebut, berikut ini adalah 5 kota dengan ekosistem startup terbaik di Indonesia.

Kota dengan Ekosistem Startup Terbaik di Indonesia│GoodStats

 

1. Jakarta

Kota Jakarta│Aeira G/Unsplash

 

Predikat kota dengan ekosistem startup terbaik di Indonesia masih dipegang oleh Jakarta. Tak hanya menjadi kota dengan nilai terbaik di Indonesia saja, Jakarta juga menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berada di urutan 100 teratas dalam peringkat ini. 

Dengan skor sebesar 24.437, Jakarta berada di peringkat 32 dunia, dan peringkat 2 di kawasan Asia Tenggara. Menurut StartupBlink, Jakarta adalah kota yang sangat ideal untuk startup yang bergerak di bidang transportasi, ecommerce, dan pendidikan.

Jakarta sebagai pusat bisnis memang menjadi rumah bagi banyak startup di Indonesia. Tak hanya dari segi kuantitas, dari segi kualitas pun Jakarta juga memiliki ekosistem yang mendukung perkembangan sebuah startup. Hal ini yang akhirnya membuat Jakarta mendapatkan predikat sebagai kota dengan ekosistem startup terbaik di Indonesia

2. Bandung

Gedung Sate di Kota Bandung│Ifan Fauzan/Unsplash

 

Kota Bandung di tahun 2022 memiliki skor sebesar 1.165 di StartupBlink. Dengan skor tersebut, Bandung berada di peringkat 405 secara global, turun 37 peringkat dari tahun sebelumnya. Menurut StartupBlink, Bandung ideal bagi startup yang bergerak di bidang ecommerce, fintech, dan sosial.

Meski peringkat Kota Bandung di StartupBlink turun dari tahun sebelumnya, tapi skor yang dimiliki Kota Bandung mengalami peningkatan yang cukup besar, dimana sebelumnya Bandung hanya memiliki skor sebesar 0,638. Salah satu startup besar yang berasal dari Bandung adalah Bobobox, startup yang dikenal dengan layanan hotel kapsulnya yang sudah tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

3. Surabaya

Kota Surabaya│Akhmad Dody Firmansyah/Shutterstock

 

Surabaya mendapatkan skor 0,363 di tahun 2022, dan menempatkannya pada posisi ke 709 secara global. Kota terbesar kedua di Indonesia ini juga menjadi salah satu pusat bisnis di Indonesia, tidak heran jika banyak startup yang berkembang di kota ini.

Salah satu startup yang berkembang di Surabaya adalah DANA, sebuah startup berbasis fintech yang menjadi salah satu e-wallet paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

4. Medan

Kota Medan│Sony Herdiana/Shutterstock

 

Medan memiliki skor di StartupBlink sebesar 0,197, menempatkannya pada urutan ke 902 dunia, dan urutan 18 di Asia Tenggara. Medan menjadi satu-satunya kota dari Pulau Sumatera yang masuk di laporan StartupBlink.

Menurut StartupBlink, Medan adalah kota yang ideal bagi startup di bidang sosial, perangkat lunak dan data, serta layanan retail. Petskita adalah salah satu startup yang berkembang di Kota Medan. Petskita menyediakan layanan kebutuhan pet care yang bisa diakses melalui perangkat lunak.

5. Yogyakarta

Kota Yogyakarta│Angga Kurniawan/Unsplash

 

Di tahun 2022, Yogyakarta berada di urutan kelima sebagai kota dengan ekosistem startup terbaik di Indonesia. Posisi ini turun, setelah sebelumnya Yogyakarta berhasil menempati posisi ketiga. 

Tahun ini, Yogyakarta memiliki skor yang sama dengan Kota Medan, yaitu sebesar 0,197. Skor ini mengalami penurunan dari skor sebelumnya, dan membuat peringkat global Yogyakarta turun drastis, dari yang sebelumnya berada di peringkat 668, kini Yogyakarta hanya berada di urutan ke 904.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 6 Pemain Sepak Bola Terpendek di Piala Dunia Qatar 2022, Ada Lionel Messi
Artikel Selanjutnya Laju Pertumbuhan Penduduk Indonesia Menurun Sejak Tahun 2020, Mengapa?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook