Visa Ungguli Daftar Layanan Jasa Keuangan Terbesar Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Berdasarkan data dari Companies Market Cap, Visa menempati peringkat nomor satu sebagai penyedia layanan keuangan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Visa Ungguli Daftar Layanan Jasa Keuangan Terbesar Berdasarkan Kapitalisasi Pasar Ilustrasi konsep layanan jasa keuangan | AlexLMX/Shutterstock

Pada tahun 2022 lalu, Federal Reserve telah menaikkan suku bunga lima kali lipat sehubungan dengan tingginya angka inflasi. Banyak analis memprediksi bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga jauh lebih besar pada akhir 2022. Akibatnya, banyak perusahaan jasa keuangan terkemuka di dunia menghadapi badai di akhir tahun 2022.

Meskipun suku bunga yang lebih tinggi dapat menguntungkan bank tradisional dengan memudahkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan bunga bersih, kenaikan suku bunga yang terlalu cepat atau suku bunga yang terlalu tinggi dapat memperlambat aktivitas ekonomi. Sehingga, hal ini dapat menurunkan pendapatan perusahaan.

Mengingat penurunan beberapa saham sejumlah bank pada 2022, tampaknya pasar berpikir bahwa potensi resesi di tahun 2023 mungkin akan berdampak lebih besar. Suku bunga yang lebih tinggi telah menyebabkan pasar menurun nilainya, yang tidak baik untuk bisnis manajemen aset beberapa bank.

Suku bunga yang lebih tinggi telah menyebabkan dolar AS menguat. Ini merupakan pertanda buruk untuk beberapa perusahaan internasional yang melakukan bisnis dengan lembaga keuangan besar.

Daftar layanan jasa keuangan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar | Goodstats

Lalu, siapa saja perusahaan jasa keuangan yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar? Melansir laman Companies Market Cap, berikut daftarnya.

1. Visa

Ilustrasi logo perusahaan Visa | Tada Images/Shutterstock

Menurut laman Companies Market Cap, Visa menduduki posisi pertama dan berhasil mengalahkan JPMorgan Chase dengan kapitalisasi pasar mencapai 482,48 miliar dolar AS atau senilai Rp7.176 triliun per 2 Februari 2023 (kurs: Rp14.875/dolar AS).

2. JPMorgan Chase

Ilustrasi logo perusahaan JPMorgan Chase | Sundry Photography/Shutterstock

Sementara, perusahaan layanan keuangan multinasional asal Amerika Serikat JPMorgan Chase menyusul dan menduduki peringkat kedua dengan kapitalisasi pasar mencapai 407,69 miliar dolar AS atau setara dengan Rp6.064 triliun.

3. Mastercard

Ilustrasi kartu bank Mastercard | hodim/Shutterstock

Mastercard Inc. merupakan perusahaan finansial multinasional asal Amerika Serikat yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar 358,44 miliar dolar AS atau senilai Rp5.331 triliun menurut laporan Companies Market Cap per 2 Februari 2023.

4. Bank of America

Ilustrasi logo perusahaan Bank of America | Michael Vi/Shutterstock

Bank of America Corporation atau yang biasa disebut dengan Bank of America merupakan perusahaan jasa keuangan dan investasi multinasional asal Amerika Serikat. Berdasarkan data Companies Market Cap, perusahaan ini menempati posisi keempat dalam daftar perusahaan layanan keuangan terbesar dengan kapitalisasi pasar mencapai 288,92 miliar dolar AS atau senilai Rp4.297 triliun.

5. ICBC

Ilustrasi logo perusahaan ICBC | Sean K/Shutterstock

Industrial and Commercial Bank of China Limited (ICBC) adalah perusahaan jasa keuangan multinasional asal China. Menurut data Companies Market Cap, ICBC menduduki posisi kelima dalam daftar perusahaan jasa keuangan terbesar dengan kapitalisasi pasar mencapai 217,53 miliar dolar AS atau senilai Rp3.235 triliun.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Daerah dengan UMR Tertinggi di Indonesia, Ada Daerahmu?

Daerah dengan UMR tertinggi di Indonesia tahun 2024 jatuh kepada Kota Bekasi dengan UMR sebesar Rp5.343.430.

Gaji Polisi Naik 8% di 2024! Cek Daftar Gaji Tiap Pangkatnya

Gaji Polisi Naik 8% di Tahun 2024! Cek Rincian Gaji Terbaru Tiap Pangkatnya. Lengkap dari Tamtama hingga Perwira Tinggi!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X