Top 10 SMA/MA dengan Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia, Mayoritas di Jakarta

Sekolah favorit sering meluluskan siswa terbaiknya ke perguruan tinggi top. Jelajahi 10 SMA/MA dengan nilai UTBK tertinggi di Indonesia dan Jakarta.

Top 10 SMA/MA dengan Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia, Mayoritas di Jakarta Suasana Ruang Kelas SMA | Flickr

Menempuh pendidikan tinggi di kampus terbaik merupakan prestasi yang membanggakan bagi banyak pelajar. Untuk mencapai tujuan ini, berbagai jalur seleksi telah disediakan, salah satu yang paling populer adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sebagai bagian dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), nilai UTBK menjadi syarat utama masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi siswa dari seluruh penjuru Indonesia mempersiapkan diri dengan matang dalam menghadapi ujian ini.

UTBK Mengukur Kemampuan Kognitif, Literasi, dan Numerasi Siswa

UTBK diadakan secara serentak di seluruh Indonesia setiap tahunnya. Ujian ini dirancang untuk mengukur kemampuan siswa secara keseluruhan, mencakup bidang kognitif, literasi, hingga numerasi. Selain itu, ada juga tes bidang pelajaran sesuai dengan peminatan/jurusan siswa di sekolah.

Nilai/skor UTBK dapat menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) atau madrasah aliyah (MA). Sekolah yang berhasil mencetak nilai UTBK tinggi sering kali dilabeli sebagai "sekolah favorit" karena dipandang berhasil mendidik siswa dengan standar akademis yang tinggi.

10 SMA/MA dengan Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia

Berikut ini adalah 10 SMA/MA dengan nilai UTBK tertinggi di Indonesia berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

10 SMA/MA Favorit di Indonesia
MAN Insan Cendekia Serpong menjadi satu-satunya sekolah dengan rata-rata nilai UTBK melebihi 650 poin | GoodStats

Daftar di atas memperlihatkan 10 sekolah teratas di Indonesia yang memiliki rata-rata nilai UTBK tertinggi. MAN Insan Cendekia Serpong berhasil menempati posisi pertama dengan rata-rata skor 666,49 poin. Posisi kedua dan ketiga berturut-turut ditempati oleh SMA Katolik St. Louis 1 (641,48) kemudian SMA Pradita Dirgantara (640,75).

Baca Juga: ITB Masih Menjadi Pemenang di SNBT 2024: Rerata Nilai UTBK Capai 700-an

5 dari 10 SMA/MA dengan Nilai UTBK Tertinggi Berasal dari Jakarta

Dari statistik di atas, ditemukan fakta menarik bahwa 5 dari 10 SMA/MA terbaik di Indonesia berada di Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Jakarta menjadi pusat pendidikan unggul yang berperan besar dalam mencetak siswa berprestasi.

Kompetisi akademis di antara sekolah-sekolah Jakarta dapat dikatakan sangat tinggi. Hal ini didukung oleh berbagai faktor seperti fasilitas pendidikan yang lengkap, kemudahan akses, serta dukungan orang tua.

10 SMA/MA dengan Nilai UTBK Tertinggi di Jakarta

Masih berdasarkan data LTMPT, berikut merupakan 10 SMA/MA dengan nilai UTBK tertinggi di Jakarta.

10 SMA/MA Favorit di Jakarta
Posisi 5 se-Indonesia, SMAN 8 Jakarta menjadi sekolah dengan rata-rata nilai tertinggi di Jakarta (635,35) | GoodStats

SMAN 8 Jakarta berhasil mendapat peringkat satu rata-rata nilai UTBK tertinggi di Jakarta dengan skor 635,35 poin. Tempat kedua diperoleh oleh SMA Labschool Kebayoran (634,3) dan ketiga ditempati SMAS Kanisius Jakarta (632,27).

Tingginya rata-rata UTBK yang diperoleh SMA/MA di atas mengindikasi sistem pendidikan yang baik karena mampu menghasilkan siswa-siswa berprestasi. Dengan nilai UTBK yang tinggi, semakin besar pula kemungkinan lulusannya mendapat tempat di perguruan tinggi berkualitas. Karenanya, banyak orang tua siswa yang mengincar sekolah-sekolah dengan nilai UTBK tertinggi di atas.

Secara keseluruhan, SMA/MA di Jakarta dengan rerata UTBK tinggi menunjukkan bahwa ibu kota masih menjadi pusat pendidikan unggulan di Indonesia. Dengan persaingan yang ketat dan kualitas pendidikan yang tinggi, sekolah-sekolah ini tidak hanya menghasilkan siswa-siswa berprestasi, tetapi juga mencetak lulusan yang siap bersaing di tingkat nasional bahkan hingga internasional.

Baca Juga: Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA Dihapus, Terus Diganti Apa?

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Intip Suku Bunga Student Loans di 5 Negara, Apa yang Bisa Dipelajari Indonesia?

Kenaikan UKT berujung wacana student loans. Berapa tambahan bunga yang harus dibayar mahasiswa di luar negeri?

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook