Spotify Jadi Aplikasi Streaming Musik Pilihan Masyarakat Indonesia

Lebih dari 50% responden memilih Spotify untuk mendengarkan musik, mengungguli YouTube Music dan JOOX.

Spotify Jadi Aplikasi Streaming Musik Pilihan Masyarakat Indonesia Ilustrasi Orang yang Sedang Mendengarkan Lagu di Aplikasi Streaming Spotify | pejo/Freepik

Musik telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi, layanan streaming musik menjadi pilihan utama bagi banyak orang karena kemudahannya dalam mengakses berbagai jenis lagu kapan saja dan di mana saja.

Dari banyaknya aplikasi streaming musik, Spotify berhasil menunjukkan dominasinya, tidak hanya di kalangan lokal, tetapi juga merambah ke tingkat global.

Berdasarkan data dari MIDiA Research, Spotify dinilai sebagai pionir layanan langganan musik global dengan terus mempertahankan dominasi di Kuartal III 2023 dengan pangsa pasar mencapai 31,7%, lebih besar daripada aplikasi streaming musik lainnya. 

Sejalan dengan itu, survei yang dilakukan oleh Populix menyebutkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia memilih Spotify sebagai aplikasi streaming musik favorit dengan total pemilih mencapai 1.237 dari total 2.086 responden.

Aplikasi Streaming Musik Pilihan Masyarakat Indonesia

Aplikasi Streaming Musik Pilihan Masyarakat Indonesia | GoodStats
Per 2024, sebanyak 1.237 responden memilih Spotify sebagai aplikasi streaming favoritnya | GoodStats

Spotify mendominasi sebagai aplikasi streaming musik yang didengarkan oleh masyarakat Indonesia. YouTube Music menempati posisi kedua, dipilih oleh 515 responden.

Selanjutnya, aplikasi streaming musik yang berada di urutan ketiga adalah JOOX yang dipilih 147 responden, diikuti oleh Apple Music sebanyak 43 responden dan aplikasi streaming musik lainnya sebanyak 144 responden.

Masa Depan Aplikasi Streaming Musik di Indonesia

Pengguna aplikasi streaming musik di Indonesia diproyeksi akan terus berkembang secara pesat. Pasar streaming musik Indonesia diperkirakan tumbuh mencapai US$190 juta pada tahun 2024. Pertumbuhan ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat yang semakin beralih ke platform digital untuk mengakses musik.

Perkembangan teknologi dan aksesibilitas yang lebih mudah terhadap platform digital juga memberi peluang besar bagi para musisi independen untuk memperluas jangkauan audiens mereka.

Melalui media sosial dan platform streaming musik, para musisi dapat mempromosikan karya mereka secara luas tanpa adanya hambatan distribusi fisik atau biaya promosi yang lebih tinggi. Hal ini membantu mendorong perkembangan industri musik tanah air, memberi kesempatan bagi musisi lokal berbakat untuk unjuk gigi di panggung internasional.

Baca Juga: 10 Platform Musik Terpopuler, Spotify Posisi Teratas!

Penulis: Ucy Sugiarti
Editor: Editor

Konten Terkait

Belanda Pulangkan 288 Artefak Indonesia di 2024

Pemulangan artefak Indonesia ini menjadi langkah penting dalam mengembalikan identitas budaya dan sejarah bangsa yang sempat hilang.

Agak Laen Pecah Rekor Lagi! Ini Film Indonesia Terlama di Top 10 Netflix

Agak Laen kembali cetak rekor sebagai film yang paling sering berada di Top 10 Netflix Indonesia. Simak film apa saja yang pernah trending di Netflix Indonesia!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook