Ini Sederet Penjara Terbesar di Dunia, Kapasitasnya Capai Belasan Ribu!

Seiring meningkatnya angka kriminalitas, pemerintah terpaksa membangun penjara yang lebih besar. Penjara mana saja yang punya kapasitas narapidana terbanyak?

Ini Sederet Penjara Terbesar di Dunia, Kapasitasnya Capai Belasan Ribu! Ilustrasi narapida di penjara | Lightfield Studios/Shutterstock

Laju kriminalitas yang meningkat tiap tahunnya membuat kebutuhan untuk memenjarakan para kriminal juga meningkat. Selama berabad-abad, menghukum para pelaku kejahatan merupakan tradisi dan hukum dunia. Kini, penjara tidak hanya berfokus sebagai tempat untuk menghukum para tahanan, namun juga melakukan rehabilitasi dan pengembangan diri narapidana.

Karena meningkatnya tingkat kejahatan dan penuhnya penjara yang ada, pemerintah terpaksa membangun penjara lebih besar yang dapat menampung banyak tahanan sekaligus. Penahanan massal menjadi kunci bagi bisnis penjara untuk terus menghasilkan pendapatan dan meningkatkan keuntungan.

Sayangnya, kondisi kehidupan di dalam penjara tidak terlalu baik. Salah satunya adalah penjara Pulau Rikers, yang terkenal karena tindakan tidak manusiawi. Pada tahun 2022, sebanyak 19 narapidana ditemukan tewas di dalam fasilitas penjara. Dilaporkan bahwa ada sejumlah penyebab utama kematian para narapidana tersebut, di antaranya bunuh diri, kondisi medis, kekerasan, hingga overdosis obat.

Daftar 5 penjara dengan kapasitas tahanan terbanyak | Goodstats

Terdapat sederet penjara besar dengan kapasitas belasan ribu yang tersebar di dunia. Contohnya adalah penjara New Bilibid, Silivri, Klong Prem Central, Los Angeles Conty, hingga Tihar. Melansir Yahoo! Finance dan Insider Monkey, inilah daftar penjara yang memiliki kapasitas narapidana terbesar di dunia.

1. New Bilibid

Tampak depan penjara New Bilibid | Rappler

Penjara ini didirikan pada tahun 1940 di Muntinlupa, Filipina. Penjara ini sebelumnya digunakan sebagai kamp interniran untuk menampung personel militer dan warga sipil selama periode pendudukan Jepang.

Penjara itu dirancang untuk total kapasitas narapidana 6.345 narapidana, tetapi saat ini penuh sesak dengan total 28.500 narapidana. Ini adalah penjara keamanan maksimum utama di negara ini dan berfungsi sebagai lokasi pusat penahanan narapidana kejahatan berat.

2. Silivri

Potret gerbang penjara Silivri | Jiss.org

Penjara Silivri terletak di Istanbul, Turki. Penjara ini disebut sebagai fasilitas kemasyarakatan terbesar di Eropa dengan struktur penjara yang canggih dan menggunakan keamanan tingkat tinggi. Penjara ini awalnya dibangun untuk menampung sebanyak 11.000 narapidana, namun saat ini jumlahnya bertambah menjadi 22.000 tahanan.

3. Klong Prem Central

Potret penjara Klong Prem Central | Stickboy

Penjara ini dibuka pada tahun 1944 dan langsung menjadi populer karena menjadi penjara terbesar di Thailand. Ini difungsikan tidak hanya untuk menampung populasi narapidana Thailand, tetapi juga memiliki narapidana dari berbagai negara. Diperkirakan, sekitar 30% dari populasi tahanan di penjara ini adalah orang asing.

Selama masa pandemi COVID-19, lima bangunan di Penjara Klong Prem diubah menjadi rumah sakit untuk merawat narapidana yang terinfeksi secara terpisah. Kini, jumlah tahanan yang berada di penjara ini mencapai 20.000 orang.

4. Los Angeles County

Potret penjara Los Angeles County | Curbed LA

Didirikan pada tahun 1850, Los Angeles County adalah salah satu penjara tertua dan terbesar di dunia. Penjara Los Angeles County beroperasi di bawah yurisdiksi Departemen Sheriff Los Angeles County. Penjara ini sanggup menampung kapasitas maksimal 20.000 tahanan. Fasilitas pendidikan terbuka untuk para narapidana melalui University of Southern California.

5. Tihar

Potret depan penjara Tihar | Mrinalpal/Shutterstock

Kompleks penjara Penjara Tihar mencakup tanah seluas lebih dari 400 hektar. Terletak di Delhi Barat, India, dan dianggap sebagai penjara terbesar di Asia Selatan. Penjara Tihar berada di bawah kendali administratif Departemen Penjara Pemerintah Delhi dan juga menyediakan fasilitas medis dan kegiatan rekreasi bagi para narapidananya. Adapun, kapasitas narapida penjara ini mencapai 19.500 tahanan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pulau dengan Populasi Terbanyak, Indonesia Sumbang 2 Pulau

Pulau-pulau berikut dihuni oleh populasi yang tidak sedikit. Apa saja?

Tradisi Idul Fitri dan Mudik Negara ASEAN, Malaysia Gratiskan Biaya Tol?

Meski satu rumpun, tradisi Idul Fitri dan mudik di negara-negara ASEAN punya keunikannya masing-masing.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X