Agak Laen Pecah Rekor Lagi! Ini Film Indonesia Terlama di Top 10 Netflix

Agak Laen kembali cetak rekor sebagai film yang paling sering berada di Top 10 Netflix Indonesia. Simak film apa saja yang pernah trending di Netflix Indonesia!

Agak Laen Pecah Rekor Lagi! Ini Film Indonesia Terlama di Top 10 Netflix Agak Laen dan Mencuri Raden Saleh Dominasi Konten Produksi Indonesia di Netflix | IMDb

Pertumbuhan layanan over-the-top (OTT) kini berlangsung dengan cepat, membawa perubahan besar dalam industri hiburan. Jika sebelumnya televisi dan bioskop mendominasi, kini banyak orang beralih ke layanan streaming yang menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat menonton yang tinggi.

Data Kantar dan The Trade Desk menunjukkan bahwa layanan OTT sangat diminati, terutama oleh generasi Z dan milenial yang memegang porsi lebih dari 50% pengguna layanan.

Dari banyaknya layanan OTT yang tersedia, Netflix menjadi salah satu platform paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya akses internet, Netflix semakin memperkuat posisinya sebagai layanan streaming paling populer di dunia.

Film Bioskop Kini Hadir di Netflix

Salah satu daya tarik terbesar Netflix adalah kemampuannya untuk menghadirkan film-film bioskop dalam layanannya. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak film layar lebar yang tayang di Netflix tidak lama setelah masa tayang di bioskop selesai.

Pengguna Netflix dapat menikmati berbagai film dan serial tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk tiket bioskop. Ini menjadi solusi hemat terutama bagi mereka yang hobi menonton.

Selain soal harga, kenyamanan yang ditawarkan juga menjadi faktor pertimbangan. Menonton film di rumah memungkinkan penonton untuk mengatur sendiri waktunya tanpa perlu khawatir soal antrean atau jadwal tayang. Penonton juga dapat mengulang adegan yang terlewat, bahkan menonton di berbagai perangkat seperti ponsel, tablet, atau smart TV.

Fitur Top 10 Netflix

Netflix juga menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman menonton. Salah satunya adalah fitur "Top 10" yang menampilkan film dan serial terpopuler di tiap-tiap negara. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk mencari rekomendasi film atau serial yang sedang trending di negaranya.

Oleh What’s on Netflix, dicatat bahwa fitur Top 10 ini pertama hadir tahun 2020 dan berkembang di beberapa negara sejak itu. Dalam Netflix Top 10 Indonesia, tersedia data acara trending di Netflix Indonesia sejak 28 Juni 2021.

Pada 2021 dan 2022, Netflix Top 10 lebih sering diisi oleh film barat dibandingkan produksi Indonesia. Baru pada 2023, mulai banyak film Indonesia yang merajai fitur Top 10 Neflix ini.

Baca Juga: 7 Film dengan Pendapatan Terbesar di Juni 2024

Film Indonesia Terlama di Netflix Top 10 2023

Berikut ini film Indonesia yang berhasil masuk Top 10 Netflix Indonesia terlama selama 2023.

Film Populer Top 10 di Netflix Indonesia 2023
Mencuri Raden Saleh menjadi film yang menempati Top 10 Netflix Indonesia terlama, hingga 13 kali di 2023 | GoodStats

Grafik di atas memperlihatkan 7 film yang berhasil bertengger di Netflix Top 10 Indonesia selama 5 kali atau lebih di 2023.

Mencuri Raden Saleh berhasil menarik perhatian banyak pengguna dengan menjadi yang terlama di Top 10 Netflix Indonesia. Kemudian disusul oleh The Big 4 di posisi kedua yang sukses bertengger di Top 10 Netflix hingga 10 minggu.

Film Indonesia Terlama di Netflix Top 10 2024

Film Populer Top 10 di Netflix Indonesia 2024
Agak Laen menjadi film Indonesia yang paling lama berada di Top 10 Netflix pada 2024 | GoodStats

Hingga kuartal 3 di September 2024, sebanyak 7 film Indonesia berhasil masuk Top 10 Netflix selama 5 kali atau lebih. Film Agak Laen bertengger paling lama selama 13 kali, kemudian disusul oleh Ngeri-Ngeri Sedap (9 kali) dan 172 Days (6 kali).

Baca Juga: Dari Bangkok ke Hati Penonton, Ini 8 Film Thailand yang Wajib Ditonton

5 Film Indonesia dengan Rekor Terlama di Netflix Top 10

Untuk lebih rincinya, simak daftar 5 film Indonesia yang berhasil masuk di Netflix Top 10 terlama tahun 2023-2024.

1. Agak Laen

Agak Laen | IMDb
Agak Laen | IMDb

Frekuensi di Top 10 Netflix: 13 kali

Sekali lagi, film Agak Laen sukses memecahkan rekor di tahun 2024. Setelah sebelumnya menjadi Film Terlaris di Indonesia Paruh Pertama 2024 dengan lebih dari 9 juta penonton di bioskop, Agak Laen tetap mendapat perhatian besar meski sudah beralih tayang di Netflix.

Film bergenre komedi yang diproduksi oleh Imajinari ini berhasil bertengger di Top 10 Netflix sejak minggu pertama penayangannya di 31 Mei 2024. Film ini bahkan tidak pernah keluar dari Top 10 Netflix Indonesia sampai minggu ke-11 penayangan.

Tepat 3 bulan setelahnya, di minggu terakhir bulan Agustus, film Agak Laen resmi menjadi film Indonesia terlama di Top 10 bersama dengan Mencuri Raden Saleh.

2. Mencuri Raden Saleh

Mencuri Raden Saleh | IMDb
Mencuri Raden Saleh | IMDb

Frekuensi di Top 10 Netflix: 13 kali

Sebelum tayangnya film Agak Laen, Mencuri Raden Saleh merupakan satu-satunya film yang berhasil menempati Top 10 Netflix Indonesia lebih dari 10 kali. Film ini berhasil trending dari awal penayangan di 5 Januari 2023 hingga minggu ke-12 penayangannya tanpa pernah turun sekali pun.

Setelah sempat menghilang, film ini berhasil masuk ke peringkat 10 kembali di akhir April 2023 sebagai penutup rekor ke-13 yang dimilikinya.

3. The Big 4

The Big 4 | IMDb
The Big 4 | IMDb

Frekuensi di Top 10 Netflix: 10 kali

The Big 4 menjadi satu-satunya film orisinal Netflix yang masuk dalam daftar 5 film terlama dalam Top 10 Netflix ini. Film ini pertama kali tayang pada 15 Desember 2022 dan tidak pernah keluar dari Top 10 Netflix sekali pun sampai minggu ke-8 penayangannya.

Setelah sempat keluar beberapa minggu, pada pertengahan Maret 2023 film ini menutup rekornya dengan 10 kali masuk trending 10 Netflix Indonesia.

4. Ngeri-Ngeri Sedap

Ngeri Ngeri Sedap | IMDb
Ngeri-Ngeri Sedap | IMDb

Frekuensi di Top 10 Netflix: 9 kali

Satu lagi film produksi Imajinari berhasil masuk dalam daftar. Sama seperti film lainnya, Ngeri-Ngeri Sedap juga berhasil menempati Top 10 Netflix langsung pada minggu awal penayangannya. Sejak tayang, film ini berhasil bertahan selama 5 minggu di Top 10, kemudian beberapa kali tenggelam dan muncul hingga mendapat rekor 7 kali di akhir tahun 2022.

Memecahkan rekornya sendiri, Ngeri-Ngeri sedap muncul lagi di Top 10 Netflix pada Februari 2024 selama 2 minggu berturut-turut. Kemunculannya ini beriringan dengan euforia film satu rumah produksinya, Agak Laen, yang sedang tayang di bioskop saat itu.

5. 172 Days

172 Days | IMDb
172 Days | IMDb

Frekuensi di Top 10 Netflix: 6 kali

Film 172 Days merupakan film yang didasarkan pada novel berjudul sama karya Nadzira Shafa. Rekor 6 kali yang dimiliki film ini didapat dari minggu pertama penayangannya sampai minggu keenam berturut-turut yang tanpa pernah keluar dari Top 10 sama sekali. Ini menunjukkan bahwa film tersebut tidak hanya memiliki daya tarik awal yang kuat, tetapi juga mampu mempertahankan minat penonton dalam jangka waktu yang cukup lama.

Itulah daftar 5 film Indonesia yang berhasil masuk Netflix Top 10 dengan frekuensi terbanyak. Tren pada tahun 2023 dan 2024 menunjukkan semakin banyak film Indonesia yang berhasil menembus daftar tontonan populer di Netflix.

Dengan berkembangnya film Indonesia di layanan OTT seperti Netflix, industri perfilman lokal kini memiliki peluang lebih besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di pasar internasional.

Baca Juga: 10 Film Terlaris Indonesia 2024: Dominasi Horor, Komedi Tetap Juara

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Spotify Jadi Aplikasi Streaming Musik Pilihan Masyarakat Indonesia

Lebih dari 50% responden memilih Spotify untuk mendengarkan musik, mengungguli YouTube Music dan JOOX.

Akhiri Masa Jabatan, Jokowi Kenakan Baju Adat Kustin di Upacara HUT RI Ke-79

Ini dia baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi beserta wakilnya di Perayaan HUT Republik Indonesia sejak 2017, ada baju adat daerahmu?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook