10 Film Terlaris Indonesia 2024: Dominasi Horor, Komedi Tetap Juara

Memasuki kuartal kedua 2024, 9 dari 10 film terlaris telah berhasil tembus 1 juta penonton. Film Agak Laen masih memimpin di tengah dominasi film horor.

10 Film Terlaris Indonesia 2024: Dominasi Horor, Komedi Tetap Juara Poster 3 Film Populer 2024 | IMDb

Tahun 2024 menjadi momen kebangkitan bagi industri film lokal Indonesia. Setelah beberapa tahun dihadapkan dengan tantangan pandemi, industri perfilman tanah air mulai bangkit dengan kekuatan penuh. Produksi film lokal menunjukkan peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Penikmat film pun antusias mendukung karya anak bangsa.

Meskipun platform Over-the-Top (OTT) seperti Netflix dan Disney Hotstar semakin menjamur, bioskop tetap memiliki segmentasinya sendiri. Bioskop menyediakan fasilitas dan sarana untuk pengalaman menonton yang berbeda dan lebih imersif. Layar besar, sistem suara canggih, dan suasana yang mendukung membuat pengalaman menonton di bioskop tetap tidak tergantikan.

Baru Memasuki Kuartal Kedua 2024, 9 dari 10 Film Terlaris Tembus 1 Juta Penonton

Mengindikasi antusiasme penonton terhadap karya-karya terbaik, berikut adalah daftar 10 film bioskop Indonesia yang paling banyak ditonton tahun 2024.

Film Agak Laen Masih Jauh Memimpin dengan Selisih Hampir 2 Kali Lipat Pesaingnya | GoodStats
Film Agak Laen masih jauh memimpin dengan selisih hampir 2 kali lipat pesaingnya | GoodStats

Berdasarkan grafik di atas, total jumlah penonton dari 10 film terlaris Indonesia mencapai lebih dari 32 juta penonton. Jumlah tersebut menandakan besarnya antusiasme terhadap pasar perfilman Indonesia saat ini.

Secara keseluruhan, film terlaris Indonesia tahun 2024 masih didominasi oleh sinema horor. Film terlaris dalam paruh waktu 2024 ini dipimpin oleh Agak Laen dengan genre komedi dan memecah rekor dengan 9 juta penonton. Di luar itu, beberapa film bergenre drama juga berhasil masuk dalam daftar film Indonesia terlaris 2024.

Untuk melihat keberagaman genre film terlaris Indonesia, simak uraian berikut.

1. Agak Laen

Film Agak Laen | IMDb
Film Agak Laen | IMDb

Agak Laen menjadi film komedi yang sukses memimpin industri perfilman Indonesia di tahun 2024. Film ini dimulai dari inisiatif para pembawa acara podcast berjudul sama yang ingin menciptakan karya baru dalam bentuk film.

Filmnya sendiri berkisah tentang sekelompok teman yang membuka rumah hantu dan secara tidak sengaja menyebabkan seseorang meninggal di sana. Rumah hantu tersebut kemudian menjadi viral karena benar-benar menyeramkan. Dengan alur cerita yang jenaka, film Agak Laen sukses menghibur penonton dari berbagai kalangan.

2. Vina: Sebelum 7 Hari

Sumber: Youtube
Film Vina: Sebelum 7 Hari | Youtube

Selanjutnya di peringkat kedua adalah Vina Sebelum 7 Hari. Salah satu faktor yang membuat film ini viral saat penayangannya adalah karena diklaim berdasarkan kisah nyata. Dengan genre horor, alur cerita film ini berkisah tentang kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang remaja asal Cirebon bernama Vina pada 2016.

Terlepas dari kesuksesannya, banyak warganet yang mengkritisi dan menganggap bahwa ada adegan yang tidak etis serta konten film yang kurang berpihak pada korban kekerasan seksual. Meskipun begitu, Lembaga Sensor Film (LSF) menyatakan bahwa film tersebut masih layak ditonton bagi usia 17 tahun ke atas.

3. Ipar Adalah Maut

Ipar Adalah Maut | IMDb
Ipar Adalah Maut | IMDb

Setelah komedi dan horor, film terlaris ketiga ditempati oleh genre drama. Ipar Adalah Maut merupakan film yang diangkat dari kisah nyata dan viral di TikTok. Ceritanya berkisar pada dinamika rumah tangga pasangan muda yang hidup bahagia dengan anaknya hingga kedatangan adik perempuan di kehidupan mereka.

Film ini mengundang sentimen positif terutama karena mengangkat tema perselingkuhan yang dinilai relatable dengan penonton dan ramai di sosial media. Parodi akan poster film juga menjadi salah satu faktor yang membuat film ini viral. PT MD Pictures bahkan mengalami kenaikan saham yang signifikan karena popularitas film ini.

4. Badarawuhi di Desa Penari

Sumber: IMDb
Film Badarawuhi di Desa Penari | IMDb

Badarawuhi di Desa Penari menjadi film yang ditunggu-tunggu oleh penggemar film horor Indonesia. Pasalnya, film ini merupakan prekuel dari film horor populer KKN Desa Penari yang tayang di 2022 lalu.

Berbeda dengan KKN Desa Penari, film ini lebih berfokus kepada Badarawuhi yang menjadi sumber dari seluruh kejadian mistis di desa penari. Dengan target penonton yang sudah terbentuk dari film sebelumnya, Badarawuhi di Desa Penari berhasil mengumpulkan lebih dari 4 juta penonton dalam 48 hari penayangannya.

5. Siksa Kubur

Sumber: IMDb
Film Siksa Kubur | IMDb

Film Siksa Kubur merupakan film yang mengeksplorasi tema kehidupan setelah kematian dan hukuman di alam kubur. Film ini disutradarai oleh Joko Anwar, sutradara horor yang dikenal dengan karyanya yang menekankan pada elemen psikologis dan kengerian.

Dengan melibatkan artis terkenal seperti Reza Rahadian dan Tara Basro, film ini sukses menarik minat dan rasa penasaran penonton. Kualitas akting digabung dengan jalan cerita yang menegangkan menambah daya tarik dan kedalaman cerita film ini.

6. Pemandi Jenazah

Sumber: IMDb
Film Pemandi Jenazah | IMDb

Bertengger di posisi keenam, Pemandi Jenazah merupakan film horor dengan sedikit unsur Islami. Film ini mengisahkan seorang wanita yang bekerja sebagai pemandi jenazah di sebuah desa kecil. Pekerjaannya yang sarat dengan nilai-nilai keagamaan tersebut membawa dirinya ke dalam situasi mistis dan menakutkan.

Film dengan lebih dari 1,5 juta penonton ini kini dapat ditonton di Netflix. Sambutan yang baik pun juga didapat di aplikasi OTT tersebut, ditandai dengan masuknya film Pemandi Jenazah ke daftar trending dalam aplikasi.

7. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Ancika | IMDb
Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 | IMDb

Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 merupakan sekuel dari film populer remaja berjudul Dilan 1990 yang memiliki rekor penonton legendaris. Dengan genre drama romantis, film ini bercerita tentang tentang Ancika yakni kekasih baru Dilan setelah ia putus dari Milea.

Film ini menampilkan aktor dan aktris yang populer dan cocok untuk target pasar remaja. Di antaranya, Arbani Yasiz berperan sebagai Dilan, Zee JKT48 sebagai Ancika, serta sejumlah pemain lain seperti Ratu Rafa, Kenzi Taulany, dan Gracia JKT48.

8. The Architecture of Love

The Architecture of Love | IMDb
The Architecture of Love | IMDb

Selanjutnya masih dengan genre drama romantis, “The Architecture of Love” juga berhasil meraup 1 juta penonton. Sedikit berbeda Ancika, film yang diadaptasi dari novel best-seller ini tampaknya memiliki target pasar yang lebih dewasa.

Dibintangi Putri Marino dan Nicholas Saputra, film ini mengisahkan perjalanan cinta antara seorang penulis terkenal dan seorang arsitek dengan masa lalu yang kelam. Mereka saling menemukan makna cinta dan kehidupan yang sesungguhnya melalui keindahan arsitektur dan seni.

9. Kereta Berdarah

Kereta Berdarah | IMDb
Kereta Berdarah | IMDb

Di peringkat kesembilan, kembali ke genre yang mendominasi industri film tanah air, yakni horor dengan judul Kereta Berdarah. Film ini mengisahkan sebuah kereta malam dengan kejadian aneh dan mengerikan. Ternyata, kereta tersebut menyimpan rahasia kelam dari masa lalu, termasuk kisah pembunuhan brutal yang terjadi bertahun-tahun sebelumnya.

10. Trinil: Kembalikan Tubuhku

Sumber: IMDb
Film Trinil: Kembalikan Tubuhku | IMDb

Terakhir, di posisi sepuluh adalah film Trinil: Kembalikan Tubuhku. Film horor karya sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan pasangan suami-istri yang baru menikah dan mengalami teror mistis setelah sang istri mewarisi perkebunan teh di Jawa Tengah. Sang suami kemudian meminta bantuan teman sekolahnya yang ahli dalam hal mistis. Meskipun awalnya sang istri menolak, teror tersebut justru semakin intens.

Itulah dia sederet film Indonesia terlaris 2024. Daftar di atas menggambarkan keberagaman film Indonesia yang berhasil menarik banyak penonton di tahun ini. Jumlah penonton yang tinggi menandai era baru kebangkitan industri perfilman tanah air. Dengan pencapaian ini, diharapkan dunia film Indonesia dapat terus berkembang, semakin berkualitas, dan mampu memperluas jangkauan hingga internasional.

Baca Juga: Dari Bangkok ke Hati Penonton, Ini 8 Film Thailand yang Wajib Ditonton

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Akhiri Masa Jabatan, Jokowi Kenakan Baju Adat Kustin di Upacara HUT RI Ke-79

Ini dia baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi beserta wakilnya di Perayaan HUT Republik Indonesia sejak 2017, ada baju adat daerahmu?

3 Artefak Dicuri AS, Keamanan Indonesia Terhadap Benda Bersejarah Dipertanyakan

Peninggalan artefak bernilai ratusan juta rupiah dicuri setiap tahunnya, keamanan Indonesia terhadap benda-benda sejarah dipertanyakan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook