Wikipedia Klaim ChatGPT Jadi Topik Populer Paling Banyak Dicari Warganet

ChatGPT menjadi informasi paling banyak dicari warganet di Wikipedia sepanjang tahun 2023. Ada beberapa alasan melejitnya popularitas kecerdasan buatan ini.

Wikipedia Klaim ChatGPT Jadi Topik Populer Paling Banyak Dicari Warganet ChatGPT memimpin peringkat artikel terpopuler di Wikipedia (Choong Deng Xiang/Unsplash)

Wikimedia Foundation, perusahaan di balik Wikipedia, ensiklopedia online terbesar di dunia, merilis daftar artikel yang paling banyak dicari warganet pada tahun 2023.

Dari daftar tersebut, terdapat beberapa temuan menarik, salah satunya adalah artikel ChatGPT yang menduduki posisi teratas sebagai topik populer paling banyak dicari warganet di dunia.

ChatGPT merupakan sebuah teknologi digital berupa chatbot AI yang dikembangkan dan diluncurkan oleh OpenAI sejak November 2022.

Kemampuannya untuk menghasilkan teks yang realistis, serta berdialog dan menjawab pertanyaan pengguna dengan cerdas membuat banyak orang penasaran dan ingin mencoba menggunakannya.

Peringkat artikel Wikipedia paling banyak diakses warganet di tahun 2023 (Wikimedia Foundation/Unsplash)

Sepanjang tahun 2023, artikel tentang informasi ChatGPT telah dilihat sebanyak 52,5 juta kali oleh warganet.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan artikel lain yang masuk dalam daftar 3 besar, seperti artikel tentang kematian di tahun 2023 yang diakses 48,5 juta kali dan Crickett World Cup 2023 yang diakses sebanyak 38,7 juta kali oleh pengguna.

"Artikel Wikipedia yang paling banyak dilihat pada tahun 2023 menceritakan kisah Anda dan masyarakat secara luas yang mencari pengetahuan tentang dunia kita yang terus berubah dari ensiklopedia terbesar di dunia," tulis Ed Erhart, Communications Specialist dari The Wikimedia Foundation dalam situs wikimediafoundation.org

Melejitnya Popularitas Kecerdasan Buatan

Terdapat beberapa alasan mengapa warganet tertarik mengeksplor lebih jauh informasi mengenai ChatGPT.

Salah satunya adalah branding teknologi baru ini sebagai situs inovatif yang mudah diakses dan dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.

ChatGPT diklaim memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan pekerjaan manusia, seperti untuk menghasilkan konten kreatif, menjawab pertanyaan, dan bahkan untuk berkolaborasi dalam proyek.

Popularitas ChatGPT juga menunjukkan bahwa masyarakat semakin tertarik dengan teknologi AI dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Hal ini merupakan kabar baik bagi pengembangan kecerdasan buatan di masa depan, karena menunjukkan bahwa masyarakat semakin terbuka dan menerima teknologi ini.

Selain ChatGPT, terdapat beberapa topik lain yang juga menarik perhatian warganet di dunia pada tahun 2023.

Film biopik "Oppenheimer" yang menceritakan tentang biografi tokoh pengembang bom atom ini menjadi salah satu film paling populer di tahun 2023 menduduki peringkat kelima dalam daftar artikel paling banyak dicari warganet.

Fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat masih tertarik dengan sejarah dan peristiwa penting di masa lalu.

Dari kategori figur publik, Wikipedia mencatat bahwa artikel yang membahas Taylor Swift dan Cristiano Ronaldo menduduki puncak pencarian oleh warganet.

Kedua artikel ini banyak dibaca oleh basis penggemar Swift dan Ronaldo yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang biografi kehidupan, perjalanan karir, maupun prestasi mereka di kancah dunia hiburan.

Penulis: Christian Noven Harjadi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X