Universitas Terbuka Masuk 10 Besar Kampus Terbesar di Dunia

Universitas Terbuka di Indonesia berada di posisi kesembilan universitas terbesar di dunia dengan total mahasiswa 646.467.

Universitas Terbuka  Masuk 10 Besar Kampus Terbesar di Dunia Kantor pusat Unit Program Belajar Jarak Jauh, Universitas Terbuka Indonesia | Universitas Terbuka

Proses pendidikan dapat ditempuh baik secara formal maupun nonformal. Secara formal, Indonesia mengenal sistem jenjang pendidikan yang dimulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Setelah lulus SMA, peserta didik dapat melanjutkan ke dalam perguruan tinggi yang meliputi universitas, akademi, poilteknik, institut, atau sekolah tinggi.

Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ini menjadi pondasi dari hakikat perguruan tinggi, sebab hal tersebut tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), proses pendidikan dapat diselenggarakan dan dijangkau semakin mudah. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya universitas-universitas yang berbasis sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Selain terbukti efektif meningkatkan jangkauan proses pendidikan, universitas bersistem terbuka ini juga dapat memberikan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat secara umum dan mengurangi kesenjangan akses pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil.

Status perguruan tinggi terbuka yang tidak terbatas antara ruang, waktu, serta latar belakang peserta didik yang menempuh pendidikan membuat perguruan tinggi ini menerima dan menampung jumlah peserta didik yang sangat banyak. Lalu, universitas mana yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di dunia?

10 universitas terbesar di dunia berdasarkan jumlah penerimaan mahasiswa | Siti Hannah/GoodStats

Situs WorldAtlas menobatkan Indira Gandhi National Open University sebagai perguruan tinggi terbesar di dunia dengan jumlah mahasiswa hingga 4.000.000 orang. Universitas yang berpusat di New Delhi, India ini bersistem pendidikan fleksibel dan terbuka, sehingga dapat dijangkau banyak orang.

California Community College System menjadi sistem perguruan tinggi terbesar kedua di dunia dengan total penerimaan 2,1 juta mahasiswa. Sistem ini terdiri dari 114 perguruan tinggi yang dihimpun oleh otoritas setempat untuk memenuhi kebutuhan sistem pendidikan serta mengurangi kesenjangan angkatan kerja di California.

Posisi tiga dihuni oleh salah satu kampus yang berdomisili di Dhaka, Bangladesh, yakni National University Bangladesh. Universitas yang didirikan sejak 1992 ini diisi oleh setidaknya 2.097.182 mahasiswa.

Perguruan tinggi terbesar keempat hingga kedelapan dihuni oleh Anadolu University di Turki (1.974.343), Islamic Azad University di Iran (1.576.349), Allama Iqbal Open University di Pakistan (1.326.948), Payame Noor University di Iran (800.000), serta Bangladesh Open University di Bangladesh (650.000).

Sementara itu, Universitas Terbuka di Indonesia berada di posisi kesembilan dengan total mahasiswa 646.467. Universitas yang memiliki moto "Membuka Akses Pendidikan Tinggi untuk Semua" ini didirikan pada tahun 1984 dan mendapat amanat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang luas bagi semua warga negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, serta tempat tinggalnya.

State University of New York System menutup ranking sepuluh besar dengan total mahasiswa 606.232 orang. Sistem perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1948 dan berpusat di Albany, New York, Amerika Serikat dan bekerja sama dengan 64 perguruan tinggi.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Alasan Perempuan Tidak Melaporkan Tindak Kekerasan Seksual
Artikel Selanjutnya Indeks Pekerja Perempuan Meningkat, G20 Prioritaskan Isu Kesetaraan Gender dalam Perekonomian
Konten Terkait