Tembus 100 Miliar Dolar AS, Inilah Deretan Orang Terkaya di Dunia

Memiliki total kekayaan bersih yang fantastis sebanyak lebih dari 100 miliar dolar AS, berikut daftar orang-orang terkaya di dunia.

Tembus 100 Miliar Dolar AS, Inilah Deretan Orang Terkaya di Dunia Ilustrasi kekayaan milyarder | G.Tbov/Shutterstock

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung kurang lebih 2 tahun, banyak orang yang harus berjuang mempertahankan kondisi finansial agar tidak terjerumus dalam kemiskinan. Sementara itu, beberapa di antaranya yang didapuk sebagai orang-orang terkaya di dunia tetap dapat mempertahankan eksistensi bahkan terus mengembangkan jumlah kekayaannya.

Lembaga Oxfam dikutip dari BBC mengungkapkan bahwa harta orang-orang terkaya di dunia meningkat rata-rata 2 kali lipat sejak Maret 2020. Hal ini menjadikan orang terkaya di dunia semakin bergelimang harta.

Mengutip dari Bloomberg Billionaires Index per 23 Februari 2022, 8 orang terkaya di dunia saat ini tercatat memiliki kekayaan bersih di atas 100 miliar dolar AS.

Daftar orang terkaya di dunia per 23 Februari 2022 | Angelia/GoodStats
Menelaah Sektor Perdagangan Sebagai Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

1. Elon Musk

Elon Musk merajai tahta orang terkaya di dunia saat ini dengan mencatatkan total kekayaan bersih senilai 212 miliar dolar AS per 23 Februari 2022. Pada tahun 2021, Elon Musk berhasil menggeser Jeff Bezos sebagai peringkat pertama orang terkaya di dunia versi Forbes.

Dua bisnis utamanya yakni perusahaan mobil listrik Tesla serta perusahaan roket luar angkasa SpaceX menjadi sumber kekayaan Elon Musk. Di samping itu, ia juga merupakan pendiri Neuralink dan The Boring Company.

Adapun dari total kekayaan bersih yang dimiliki bos Tesla tersebut diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Total uang tunai yang dipegang oleh Elon Musk saat ini tercatat sebesar 5,53 miliar dolar AS.

Kemudian, sebesar 40,3 miliar dolar AS merupakan total aset pribadinya serta 142 miliar dolar AS berupa aset publik. Sisanya, sebesar 20,2 miliar dolar AS merupakan kekayaan berupa bermacam-macam liabilitas

2. Jeff Bezos

Pendiri Amazon, Jeff Bezos meraih peringkat ke-2 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih sebesar 175 miliar dolar AS. Bos perusahaan eCommerce terbesar di dunia ini awalnya memulai bisnisnya pada tahun 1994 di garasi rumah.

Berdasarkan laporan Companies Market Cap pada November 2021, nilai kapitalisasi pasar Amazon mencapai 1,81 triliun dolar AS. Selain Amazon, Jeff Bezos juga merupakan pendiri Blue Origin dan saat ini banyak berinvestasi pada teknologi luar angkasa.

Sebesar 15,5 miliar dolar AS merupakan kekayaan Jeff Bezos dalam bentuk uang tunai. Kemudian, 9,15 miliar dolar AS merupakan aset pribadi serta 150 miliar dolar AS berupa aset publik dari perusahaan Amazon.

3. Bernard Arnault

Beralih ke Benua Eropa, Bernard Arnault yang merupakan ketua dan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan mode ternama Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) menempati posisi ke-3 orang terkaya di dunia. Pria asal Prancis ini mencatatkan total kekayaan bersih sebesar 157 miliar dolar AS.

LVMH sendiri membawahi 70 merek mode mewah di antaranya Louis Vuitton, Moet & Chandon, Christian Dior, Sephora, Tiffany & Co., dan masih banyak lagi.

Kekayaan dalam bentuk uang tunai mencapai 10,8 miliar dolar AS. Sementara itu 151,8 miliar dolar AS merupakan kekayaan dari aset publik dan 5,30 miliar dolar AS berasal dari liabilitas lainnya.

4. Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates mengamankan posisi ke-4 dengan total kekayaan bersih senilai 124 miliar dolar AS. Didirikan sejak 1975, berkat Microsoft Bill Gates sanggup bertahan dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia selama 20 tahun terakhir.

Total kekayaan Bill Gates 55,2 miliar dolar AS dalam bentuk uang tunai, 52,8 miliar dolar AS dalam bentuk aset publik, dan 15 miliar dolar AS merupakan liabilitas lainnya.

Strategi Zalora Kuasai eCommerce Fesyen Indonesia

5. Larry Page

Posisi ke-5 diraih oleh pendiri mesin pencari internet Google, Larry Page dengan total kekayaan bersih senilai 116 miliar dolar AS. Larry Page menjabat sebagai CEO di Google Inc pada 4 April 2011 menggantikan Eric Schmidt.

Total kekayaan Larry Page di antaranya 14,6 miliar dolar AS berupa uang tunai dan sisanya 101,4 miliar dolar AS berupa aset publik dari perusahaan Google.

6. Warren Buffett

Warren Buffett, investor asal Amerika Serikat menempati posisi ke-6 orang terkaya di dunia. Adapun total kekayaan bersih yang dimiliki Warren Buffett ialah sebesar 114 miliar dolar AS.

Buffett sendiri merupakan komisaris, direktur utama, dan pemegang saham terbesar di perusahaan multinasional Berkshire Hathaway. Sebesar 1,1 miliar dolar AS merupakan kekayaan dalam bentuk uang tunai, sedangkan 113 miliar dolar AS merupakan kekayaan berupa aset publik.

7. Sergrey Brin

Selain Larry Page, Sergrey Brin yang juga merupakan pendiri perusahaan raksasa Google ini termasuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia tepatnya di posisi ke-7. Total kekayaan bersih yang dimiliki oleh Sergrey Brin ialah sebesar 111 miliar dolar AS.

Sebesar 14,7 miliar dolar AS kekayaannya berbentuk uang tunai. Sementara itu, 96,6 miliar dolar AS merupakan kekayaan dalam bentuk aset publik perusahaan Google.

8. Steve Ballmer

Posisi ke-8 diraih oleh mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer dengan total kekayaan bersih senilai 104 miliar dolar AS. Ia memimpin perusahaan teknologi raksasa tersebut selama 14 tahun sejak 2000 hingga 2014 dan saat ini merupakan pemilik asosiasi basket nasional di Amerika Serikat bernama Los Angeles Clippers.

Adapun kekayaan Steve Ballmer dalam bentuk uang tunai ialah sebesar 5,05 miliar dolar AS. Kemudian 2,63 miliar dolar AS merupakan kekayaan dari aset pribadi dan 95,9 miliar dolar AS berupa aset publik.

GoTo Jadi Startup Indonesia dengan Pendanaan Terbesar Sepanjang 2021

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Masyarakat Indonesia “Cukup Khawatir” Terhadap Covid-19 Varian Omicron
Artikel Selanjutnya Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara 2022
Konten Terkait