Simak Daftar Pemenang Bidang IPS OSN 2024

Tidak hanya IPA, OSN 2024 juga turut mempertandingkan sejumlah materi IPS, mulai dari Astronomi, Ekonomi, Kebumian, hingga Geografi.

Simak Daftar Pemenang Bidang IPS OSN 2024 Olimpiade Sains Nasional 2024 | Pusat Prestasi Nasional

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 baru saja rampung dilaksanakan. Kompetisi bergengsi di bidang sains ini diselenggarakan untuk peserta didik tanah air di jenjang SD/MI/sederajat, SMP/MTs/sederajat, dan SMA/MA/sederajat.

Pada Jumat (6/9) lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan hasil OSN 2024. Sebanyak 294 siswa berprestasi berhasil meraih medali dalam kompetisi tersebut. Jawa Timur keluar sebagai juara umum OSN 2024.

OSN sendiri merupakan ajang kompetisi sains untuk pelajar yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional. OSN diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, mendorong pemerataan prestasi di seluruh pelosok Indonesia, serta membangun atmosfer kompetisi dan prestasi yang sehat.

Meski disebut sebagai olimpiade sains, OSN juga mengikutsertakan beberapa materi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Di jenjang SMA/MA/sederajat, terdapat total 9 cabang yang dilombakan, 4 di antaranya merupakan materi IPS.

Seputar OSN 2024

OSN pertama kali diadakan di Yogyakarta pada tahun 2002 lalu. Kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Nasional di Bali pada tahun yang sama menjadi salah satu pendorong terlaksananya OSN di Indonesia.

Sama seperti sebelumnya, penyelenggaraan OSN 2024 dilakukan secara berjenjang dari mulai seleksi tingkat sekolah (OSN-S), seleksi tingkat kabupaten/kota (OSN-K), seleksi tingkat provinsi (OSN-P), dan akhirnya tingkat nasional. Para pemenang OSN 2024 akan dipersiapkan untuk mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional 2025.

Untuk OSN SMA, peringkat 1-5 akan mendapatkan medali emas, peringkat 6-15 membawa pulang medali perak, dan peringkat 16-30 memperoleh medali perunggu.

Mata Pelajaran IPS yang Dipertandingkan di OSN

Ada total 4 materi IPS yang dilombakan dalam OSN 2024, mulai dari Astronomi, Ekonomi Kebumian, hingga Geografi. Awalnya, OSN memang hanya melombakan materi IPA. Namun pada tahun 2010, materi IPS ditambahkan untuk jenjang SMP/MTs. Sedangkan untuk jenjang SMA/MA, Kebumian ditambahkan pada 2008 dan Geografi turut dilombakan mulai edisi 2013.

OSN Ekonomi tahun ini mengangkat 4 tema besar, yakni bank sentral, bank syariah, pasar modal, dan OJK. Materi-materi ini dapat diakses melalui laman materiips.com, mulai dari bahasan seputar investasi hingga penawaran-permintaan.

Sementara untuk Geografi, materi IPS yang dilombakan seputar iklim dan perubahan, kebencanaan dan manajemen bencana, geografi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, hingga geografi budaya dan identitas regional.

Untuk bidang Kebumian, materi yang diangkat adalah terkait geologi dan geofisika, meteorologi dan klimatologi, hingga geohidrologi dan oseanografi.

Terakhir, Astronomi membahas terkait materi yang berhubungan dengan benda-benda langit dan hukumnya, seperti pembentukan tata surya, orbit benda langit, planet, dan lain-lain.

Jawa Timur Jadi Pemenang OSN 2024

Jawa Timur berhasil keluar menjadi juara umum OSN 2024 | GoodStats
Jawa Timur berhasil keluar menjadi juara umum OSN 2024 | GoodStats

Jawa Timur sukses menyabet gelar juara umum OSN 2024 untuk semua jenjang. Provinsi tersebut memperoleh total 56 medali yang terdiri atas 13 emas, 22 perak, dan 21 perunggu.

Setelah menjuarai OSN selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2020, gelar juara Jawa Timur sempat terhenti di tahun 2023 atas kemenangan DKI Jakarta. Pada OSN 2023, Jawa Timur duduk di peringkat kedua dengan 59 medali.

Adapun juara kedua OSN 2024 dipegang oleh DKI Jakarta dengan perolehan 60 medali, diikuti Jawa Barat dengan 43 medali, Jawa Tengah dengan 47 medali, dan Banten dengan 36 medali.

Sekolah Terbaik OSN 2024

MAN 2 Malang menjadi sekolah terbaik di OSN 2024 dengan mengumpulkan 10 medali | GoodStats
MAN 2 Malang menjadi sekolah terbaik di OSN 2024 dengan mengumpulkan 10 medali | GoodStats

MAN 2 Malang menjadi sekolah terbaik di OSN 2024 dengan membawa pulang 10 medali untuk Jawa Timur, terdiri atas 2 emas, 5 perak, dan 3 perunggu. SMAK 1 BPK Penabur Jakarta berada di posisi kedua dengan meraih 7 medali dengan rincian 2 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Di luar Jawa, SMA Ignatius Global School (IGS) Palembang berhasil memperoleh 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu, membuatnya berada di urutan ketiga.

Daftar Pemenang OSN IPS 2024

Untuk bidang Astronomi, pemenang medali emas didominasi dari Pulau Jawa, dengan rincian sebagai berikut.

  • Jasper Rexx Putra Cakra (SMAS Kharisma Bangsa)
  • Zizou Athoillah Putra Gunawan (MAN Insan Cendekia Kota Batam)
  • Fayyadh Alireza Ashadi (MAN Insan Cendekia Serpong)
  • Bening Saoma Palupi (SMA Kesatuan Bangsa)
  • Adinda Ilmi Mubarrokah (MAN Insan Cendekia Pasuruan)

Sementara itu, para pemenang emas di bidang Ekonomi didominasi sekolah di Sumatra, yakni sebagai berikut.

  • Jonathan Febrian Kurniawan (SMAK 8 Penabur)
  • Celine Aurelia Tan (SMA Ignatius Global School Palembang)
  • Faustine Bryant Tanhoga (SMAS Sutomo 1)
  • Wafiq Al Afraz (SMAN 10 Padang)
  • I Putu Dickson Partha Hartopo (SMAN 1 Denpasar)

Di bidang Kebumian, seluruh pemenang medali emas berasal dari Pulau Jawa, dengan rincian sebagai berikut.

  • Aaron Evander Kurniawan (SMAS Kristen Petra 1)
  • Brian Jonah Simorangkir (SMAN 8 Jakarta)
  • Jose Rizal Elevenialdy Justisio Habie (SMAN 3 Yogyakarta)
  • Muhammad Ismail Muzammil (MAN Insan Cendekia Pasuruan)
  • Riansyah Rais Nugraha (SMAN 1 Tambun Selatan)

Terakhir, untuk bidang Geografi, seluruh pemenang emas lagi-lagi berasal dari Pulau Jawa, yakni sebagai berikut.

  • Anggraini Safitri (SMAN 2 Kota Tangerang Selatan)
  • Haya Izzah Mahira (SMAN 2 Kota Tangerang Selatan)
  • Rayyan Anantara Abdullah (SMA Labschool Kebayoran)
  • Achmad Syifa Hakim Firmansyah (SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT)
  • Raisya Radhitya Rahman (SMA Negeri 01 Semarang)

Itulah dia sederet pemenang di bidang IPS untuk OSN 2024. Miskonsepsi bahwa sains hanya mencakup materi IPA sudah tidak lagi berlaku saat ini. Sains merupakan ilmu yang mempelajari hal konkrit, dan karenanya materi yang menyangkut ilmu sosial dalam IPS juga termasuk sains.

Baca Juga: Jawa Timur Keluar Sebagai Juara Umum OSN SMA/MA 2024

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

61,3% Masyarakat Tak Puas dengan Kinerja KPK, Apa Sebabnya?

Survei Litbang Kompas menyatakan bahwa 61,3% masyarakat merasa tidak puas dengan kinerja KPK periode 2019-2024.

Ganti Rugi Akibat Korupsi Rendah, Koruptor Indonesia Malah Untung

Korupsi terus meningkat, apakah ganti rugi yang diberikan kepada negara telah setimpal?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook