Jawa Timur Keluar Sebagai Juara Umum OSN SMA/MA 2024

Jawa Timur berhasil menjadi juara umum OSN 2024 dengan 56 total medali, 44 di antaranya berasal dari jenjang SMA/MA sederajat.

Jawa Timur Keluar Sebagai Juara Umum OSN SMA/MA 2024 Olimpiade Sains Nasional | Pusat Prestasi Nasional

Pada Jumat (6/9/2024) lalu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 di laman resminya. Telah ditetapkan 294 siswa berprestasi yang meraih medali serta penghargaan dalam kompetisi tersebut.

OSN sendiri merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan Kemendikbudristek dengan tujuan untuk menjaring dan mengembangkan bakat siswa dalam bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

12 SMA/MA Peraih Medali Terbanyak

Setelah melewati serangkaian tahapan kompetisi, berikut merupakan 12 SMA/MA top di Indonesia yang berhasil memperoleh medali terbanyak pada OSN 2024.

Jumlah Perolehan Medali OSN Tingkat SMA 2024
MAN 2 Kota Malang berhasil memperoleh total 10 medali dalam kompetisi OSN 2024 | GoodStats

Tabel di atas memperlihatkan 12 sekolah yang berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu terbanyak dalam kompetisi. Posisi pertama dipimpin oleh MAN 2 Kota Malang dengan perolehan 10 medali, kemudian SMA Kristen 1 BPK Penabur dengan 7 medali total, dan tempat ketiga diisi SMA Ignatius Global School Palembang dengan 6 medali.

Melihat karakteristik geografisnya, sekolah yang memperoleh banyak medali tidak berpusat hanya pada satu kota/provinsi, melainkan tersebar ke beberapa provinsi. Walaupun sebagian besar masih berada di Indonesia bagian barat, khususnya pulau Jawa.

Jawa Timur Jadi Juara Umum OSN 2024

Merinci jumlah perolehan medali berdasarkan asal provinsinya, Jawa Timur berhasil menjadi provinsi dengan capaian tertinggi pada kompetisi ini.

Statistik – Jawa Timur Juara Umum OSN 2024
Jawa Timur memperoleh total 44 medali di OSN 2024 | GoodStats

Menjadi satu-satunya provinsi yang memperoleh lebih dari 40 medali di tingkat SMA dan 56 medali total dengan jenjang lainnya (SD, SMP, dan SMA), Jawa Timur berhasil menyabet gelar juara umum dalam kompetisi OSN Tahun 2024.

Secara statistik, dari 294 medali dan penghargaan, 15% di antaranya diraih oleh Jawa Timur. Posisi ini dikukuhkan salah satunya oleh MAN 2 Kota Malang yang berhasil memperoleh 25% dari total medali yang didapatkan Jawa Timur.

Posisi kedua ditempati DKI Jakarta. Sebagai pusat ekonomi Indonesia, pendidikan di DKI Jakarta hampir selalu mencatatkan prestasi yang cemerlang. Dengan 36 medali (12% dari total penghargaan), Jakarta nyaris menjadi juara umum dalam kompetisi OSN 2024 ini.

Nama-nama sekolah dengan prestasi ternama juga muncul pada daftar sebelumnya, seperti SMA Kristen 1 BPK Penabur dengan 7 medalinya dan SMAN 8 Jakarta yang pada 2022 lalu juga menjadi salah satu sekolah favorit karena perolehan nilai UTBK-nya.

Dengan perolehan 31 medali, Jawa Barat berhasil menjadi provinsi ketiga dengan raihan medali terbanyak (11% dari total penghargaan). Uniknya, tidak satu pun dari 12 SMA/MA pada daftar sebelumnya yang berasal dari provinsi tersebut. Ini menandakan bahwa total medali yang didapatkan Jawa Barat tidak terkonsentrasi pada satu sekolah semata.

Baca Juga: 10 Sekolah Terbaik di OSN 2024, Jawa Timur Mendominasi

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Intip Suku Bunga Student Loans di 5 Negara, Apa yang Bisa Dipelajari Indonesia?

Kenaikan UKT berujung wacana student loans. Berapa tambahan bunga yang harus dibayar mahasiswa di luar negeri?

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook