Seberapa Besar "The Power of Netizen Indonesia" di Instagram?

Hingga Januari 2022, Statista mengungkapkan jumlah pengguna aktif Instagram dari Indonesia berjumlah sekitar 99,1 juta orang.

Seberapa Besar "The Power of Netizen Indonesia" di Instagram? Visualisasi lini masa Instagram | PixieMe/Shutterstock

Dipinangnya pesepak bola asal Blora, Pratama Arhan ke klub divisi dua liga Jepang (J2 League), Tokyo Verdy turut menggemparkan warganet Indonesia khususnya di Instagram.

Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah pengikut akun Instagram klub Tokyo Verdy secara drastis dari awalnya 43 ribu, hingga per (21/2) sudah menyentuh angka 392 ribu pengikut. Angka ini turut menjadikan klub tersebut sebagai klub J League yang paling banyak diikuti di Instagram mengalahkan klub-klub beken Jepang lain seperti Vissel Kobe dan Kawasaki Frontale.

Tidak hanya kali ini saja, "the power of netizen Indonesia" juga pernah terjadi ketika pesepak bola Indonesia lain seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman direkrut klub Slovakia, FK Senica, serta Asnawi Mangkualam yang direkrut klub tingkat dua Korea Selatan, Ansan Greeners.

Bak pengungkapan rasa kegembiraan dari pendukung, pengikut akun Instagram FK Senica dan Ansan Greeners langsung meningkat tajam beberapa saat setelah merekrut para punggawa garuda tersebut.

Dilihat dari beberapa fenomena yang terjadi, menarik untuk ditelisik seberapa banyak penduduk Indonesia yang aktif menggunakan media sosial Instagram?

Negara dengan jumlah pengguna aktif Instagram terbanyak di dunia | GoodStats

Statista mengungkapkan, jumlah pengguna aktif Instagram dari Indonesia berjumlah sekitar 99,1 juta orang hingga Januari 2022. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak keempat di dunia.

Sementara itu, pengguna aktif Instagram terbanyak di dunia masih dipegang India dengan jumlah pengguna 230,2 juta orang, diikuti oleh Amerika Serikat dengan jumlah pengguna 159,7 juta orang.

Brasil berada satu tingkat di atas Indonesia dengan jumlah pengguna 119,4 juta orang, sedangkan Rusia terpaut sekitar 36,1 juta orang lebih sedikit dari jumlah pengguna Instagram Indonesia dan menduduki posisi kelima.

Posisi enam hingga sepuluh diduduki oleh Turki (52,1 juta pengguna), Jepang (46,1 juta pengguna), Meksiko (37,8 juta pengguna), Britania Raya (31,7 juta pengguna), dan Jerman (29,8 juta pengguna).

Sejak Juni 2018, media sosial Instagram telah menyentuh satu miliar pengguna aktif dan statistik yang dirilis pada Oktober 2021 menyebutkan bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer di dunia di bawah Facebook, YouTube, dan Whatsapp.

Daftar Negara Paling Percaya Terhadap Media 2022, Indonesia Urutan Berapa?

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Konten Terkait

Orang Indonesia Paling Sering Habiskan Waktu untuk Main Sosial Media

Orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam setiap harinya untuk bermain sosial media dan TikTok jadi sosial media yang paling sering digunakan.

Kominfo Berhasil Tangani Lebih Dari 5 Ribu Konten Berbau Radikalisme

Berdasarkan laporan dari Kominfo, terdapat sebanyak 5.731 konten yang mendukung ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme di platform digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X