Daftar Negara Paling Percaya Terhadap Media 2022, Indonesia Urutan Berapa?

Pada tahun 2022, sebanyak 7 dari 28 negara hasil survei Edelman Trust Barometer tercatat percaya terhadap media, salah satunya ialah Indonesia.

Daftar Negara Paling Percaya Terhadap Media 2022, Indonesia Urutan Berapa? Ilustrasi berita di media | Rawpixel.com/Shutterstock

Secara global, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media pada tahun 2022 tercatat sebesar 50 persen. Angka ini turun 1 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

Hasil ini diperoleh dari survei Edelman Trust Barometer, sebuah survei kepercayaan dan kredibilitas tahunan terhadap demokrasi. Variabelnya terdiri dari bidang bisnis, pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, dan media.

Sebanyak 7 dari 28 negara dalam survei ini percaya terhadap media pada tahun 2022. Selebihnya, sebanyak 7 negara pula tercatat memiliki sikap netral terhadap media dan 14 di antaranya tergabung dalam kelompok tidak percaya terhadap media.

Negara paling percaya terhadap media tahun 2022 | Angelia/GoodStats

China meraih peringkat pertama negara yang paling percaya terhadap media dengan persentase sebesar 80 persen pada tahun 2022. Capaian ini meningkat sebanyak 10 poin dibandingkan tahun 2021.

Sementara itu, Indonesia sendiri berada di peringkat ke-2 negara paling percaya terhadap media. Adapun persentase tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap media ialah sebesar 73 persen, meningkat 1 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

India menempati posisi ke-3 dengan persentase sebeasar 66 persen. Dibandingkan tahun sebelumnya, tingkat kepercayaan masyarakat India terhadap media menurun sebanyak 3 poin pada tahun 2022.

Negara-negara lain yang tercatat percaya terhadap media di antaranya ialah Thailand, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Di samping itu, penurunan tingkat kepercayaan masyarakat di Australia dan Jerman mengalami penurunan cukup signifikan masing-masing 5 poin untuk Jerman dan 8 poin untuk Australia. Hal ini menjadikan kedua negara ini jatuh dalam kelompok negara yang tidak percaya terhadap media pada tahun 2022.

Rusia menempati peringkat terakhir dalam hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media dengan persentase sebesar 29 persen.

Sepak Terjang Kemerdekaan Pers di Indonesia

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Konten Terkait

Perguruan Tinggi dengan Jumlah Mahasiswa Ratusan Ribu, Adakah di Indonesia?

Perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbanyak ada di Nepal. Indonesia memiliki perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang terbanyak di angka 55 ribu.

Islandia Jadi Juara Penghasil Energi Terbarukan, Indonesia Peringkat Berapa?

Indonesia kian mendekati capaian global untuk pemanfaatan energi baru terbarukan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X