Provinsi Tujuan Mudik Lebaran Terbanyak Tahun 2024

Pada Lebaran 2024, diprediksi sebanyak 193,6 juta orang akan melakukan mudik. Jawa Tengah menjadi Provinsi tujuan mudik terbanyak yaitu sebanyak 61,6 juta jiwa.

Provinsi Tujuan Mudik Lebaran Terbanyak Tahun 2024 ilustrasi keluarga melakukan perjalanan mudik | Istock

Lebaran 2024 atau hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 10 April telah tiba, suasana liburan telah mengisi hari-hari kita dengan kegembiraan dan antusiasme. Liburan kali ini terasa lebih istimewa karena masa libur Lebaran akan berlangsung lebih lama yaitu terhitung dari 6 april hingga 15 april 2024 termasuk waktu cuti bersama.

Tradisi mudik atau pulang kampung yang menjadi ciri khas Lebaran telah dipadati berbagai macam moda transportasi dengan pemudik.

Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan angkutan saat Lebaran 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diprediksi akan ada sebanyak 193,6 juta jiwa yang mudik. Angka tersebut naik 34 persen dari tahun sebelumnya.

Setelah pandemi covid-19, semakin banyak orang yang kembali merayakan Lebaran bersama dengan keluarga di kampung halaman. Jumlah pemudik pada tahun 2022 tercatat ada sebanyak 85 juta pemudik dan pada tahun 2023 tercatat ada sebanyak 123,8 juta pemudik. Angka tersebut berbanding jauh dengan tahun 2021 yang hanya terdapat 1,5 juta pemudik.

Dari banyaknya prediksi pemudik pada tahun 2024, Jawa Tengah menjadi provinsi yang paling banyak didatangi pemudik yaitu sebanyak 61,6 juta jiwa atau setara dengan 31,8% dari total pemudik lebaran tahun ini.

Provinsi tujuan mudik lebaran terbanyak tahun 2024

 

Provinsi lain yang turut menjadi tujuan paling banyak di datangi oleh pemudik adalah Jawa Timur sebanyak 37 juta pemudik, Jawa Barat sebanyak 32 juta pemudik, DI Yogyakarta sebanyak 11 juta pemudik, dan DKI Jakarta 6,4 juta pemudik. Pulau Jawa tetap menjadi pusat perhatian utama pemudik.

Sayangnya, peningkatan jumlah pemudik juga diikuti oleh meningkatnya angka kecelakaan yang terjadi selama arus mudik 2024.

Hingga Selasa, 9 April 2024, Polri mencatat ada sebanyak 301 kejadian kecelakaan yang terjadi selama arus mudik lebaran 2024. Kecelakaan ini mengakibatkan total 26 korban tewas, 44 luka berat, dan 386 luka ringan.

Saat merayakan lebaran, selain kegembiraan berkumpul dengan keluarga, kita juga diingatkan untuk tetap waspada dan memperhatikan keselamatan di jalan. Menjaga kondisi kendaraan, mengatur jadwal perjalanan dengan bijak, dan mengutamakan keselamatan diri serta penumpang adalah hal-hal yang tak boleh diabaikan.

Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Aan Suhanan mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan dengan baik perjalanan balik setelah Idul Fitri. Masyarakat sebaiknya menghindari puncak arus balik Idul Fitri yang diperkirakan terjadi pada Minggu-Senin 14 hingga 15 April 2024.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jaya Ancol Alami Penurunan Pendapatan pada Kuartal I 2024

Momen puasa dan bulan Ramadan menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung, yang berperan signifikan dalam penurunan pendapatan dan laba Jaya Ancol.

Bea Cukai Mendapatkan 705 Aduan dari Masyarakat Sepanjang Tahun 2023

Berbagai jenis aduan mulai dari pelanggaran bea cukai, hingga pelayanan yang dinilai kurang, menjadi sorotan untuk perbaikan sistem pelayanan bea cukai.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X