Pengumuman Hasil Pileg 2024: 8 Partai Lolos Parlemen 2024-2029

KPU mengumumkan 8 parpol yang mendapatkan kursi parlemen periode 2024-2029. PDIP menjadi parpol dengan perolehan kursi terbanyak, nyaris seperlima dari total.

Pengumuman Hasil Pileg 2024: 8 Partai Lolos Parlemen 2024-2029 Situasi Rapat Pleno KPU | Youtube

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 pada Minggu (25/8/2024). Pengumuman hasil rapat disampaikan oleh Ketua KPU, Mochammad Afifuddin, dengan dasar Keputusan KPU RI Nomor 1206 Tahun 2024.

Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah suara sah nasional dalam Pileg DPR 2024 mencapai 151.793.293 suara. Untuk bisa mendapatkan kursi di DPR, partai politik harus memperoleh setidaknya 4% dari total suara nasional, atau minimal memiliki 6.071.731,72 suara.

Ambang Batas 4%, 8 Partai Berhasil Lolos Parlemen

PDIP puncaki daftar dengan perolehan lebih dari 25 juta suara sah nasional | GoodStats
PDIP puncaki daftar dengan perolehan lebih dari 25 juta suara sah nasional | GoodStats

Grafik di atas memperlihatkan rekapitulasi hasil Pileg 2024. Dari 18 partai, hanya 8 partai politik yang berhasil melampaui ambang batas minimal dan berhak mendapatkan kursi di DPR.

Partai yang berhasil mendapatkan kursi secara berturut-turut yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.

Kedelapan partai tersebut berhasil berangkat ke Senayan dan berbagi 580 kursi anggota DPR yang tersedia untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Bagaimana Sistem Pembagian 580 Kursi DPR?

Sistem pembagian kursi DPR didasarkan pada UU No 7 Tahun 2017 Pasal 415. Cara perhitungannya adalah suara sah yang diterima oleh setiap partai yang mencapai ambang batas suara akan dibagi dengan angka pembagi 1, kemudian secara berurutan dibagi dengan angka ganjil 3, 5, 7, dan seterusnya. Pembagian ini dikenal sebagai metode Sainte-Laguë.

Penggunaan metode Sainte-Laguë secara representatif cukup proporsional dan dapat mengurangi kecenderungan menguntungkan partai besar, serta memberikan peluang yang lebih adil bagi partai-partai kecil.

PDIP Mendapat Perolehan Terbanyak Sebesar 110 Kursi

Menggunakan perhitungan tersebut, berikut merupakan hasil yang diumumkan KPU mengenai sebaran jumlah perolehan kursi dari 8 partai yang lolos parlemen di 2024.

PDIP mengambil porsi terbesar dengan 18,97%, sementara perolehan kursi PKS, PAN, dan Demokrat belum berhasil capai 10% dari total | GoodStats
PDIP mengambil porsi terbesar dengan 18,97%, sementara perolehan kursi PKS, PAN, dan Demokrat tidak mencapai 10% dari total | GoodStats

Melalui rapat pleno terbuka KPU, diumumkan bahwa PDIP berhasil mendapatkan porsi terbesar untuk kursi DPR (110 kursi) dengan persentase sebesar 18,97% atau hampir mencapai seperlima dari total kursi yang tersedia.

Posisi selanjutnya dalam porsi terbesar diikuti oleh Golkar dan Gerindra yang masing-masing mendapatkan 102 dan 86 kursi. Sementara partai politik dengan kursi paling sedikit dimiliki oleh PAN dan Demokrat dengan jumlah perolehan di bawah 50 kursi.

Seluruh partai dan calon legislatif yang terpilih di tahun 2024 dan mendapatkan kursi berdasarkan keputusan KPU ini akan menjabat selama periode 2024-2029.

Baca Juga: Peringatan Darurat Garuda Biru: Dari Perlawanan Rakyat Hingga Perhatian Global

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Peringatan Darurat Garuda Biru: Dari Perlawanan Rakyat Hingga Perhatian Global

Kamis (22/8), terjadi demo besar di banyak kota, termasuk depan gedung DPR Jakarta. Gerakan ini mencerminkan perlawanan rakyat hingga menarik perhatian dunia.

Angka Harapan Hidup Wanita Lebih Tinggi 5 Tahun Dibandingkan Pria, Mengapa?

Selisih angka harapan hidup wanita dan pria mencapai 5 tahun. Genetik, hormonal, lingkungan, serta kesadaran kesehatan yang berbeda menjadi faktor pendorong.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook