Pecahkan Rekor Box Office, Barbie Jadi Film Karya Sutradara Wanita Terlaris di Dunia

Menurut laporan Statista yang dihimpun dari Box Office Mojo, Barbie menjadi film kasya sutradara wanita terlaris di dunia

Pecahkan Rekor Box Office, Barbie Jadi Film Karya Sutradara Wanita Terlaris di Dunia Margot Robbie dalam film Barbie (2023) | Warner Bors Pictures

Barbie (2023) merupakan sebuah film live action yang diadaptasi dari boneka ikonik produksi perusahaan mainan Mattel bernama Barbie. Boneka ini diciptakan pertama kali pada tahun 1950-an sebagai mainan untuk gadis kecil.

Pada awalnya, Barbie dikenal dengan penampilan tubuhnya yang ramping dan rambut pirangnya, namun boneka ini telah berevolusi selama beberapa dekade. Menurut situs Mattel, kini telah ada sekitar 200 boneka Barbie dengan penampilan yang berbeda dengan 9 tipe tubuh, 35 warna kulit, dan 94 gaya rambut.

Melansir Statista dari laporan Box Office Mojo, film garapan sutradara Greta Gerwig ini telah memecahkan rekor baru box office dengan pendapatan mencapai US$155 juta dalam pekan pertama penayangannya. Dengan begitu, Barbie berhasil menjadi film karya sutradara wanita dengan pendapatan terbesar pada pekan pertama penayangan di dunia.

Bahkan menurut The Guardian, Barbie berhasil menyalip posisi film The Super Mario Bros Movie (2023) di posisi teratas dengan penjualan tiket sebesar US$162 juta dari sekitar 4.243 lokasi di box office kawasan Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada.

Daftar 8 film karya sutradara wanita terlaris di dunia | Goodstats

Adapun, Captain Marvel (2019) karya Anna Boden dan Ryan Leck yang memecahkan rekor sebelumnya kini berada di peringkat kedua dalam daftar film karya sutradara wanita terlaris dengan pendapatan mencapai US$153 juta.

Disusul oleh film Frozen II (2019) besutan sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck di posisi ketiga dengan pendapatan kotor sebesar US$130 juta pada pekan pertama penayangan box office. Selanjutnya, ada Wonder Woman (2017) karya Patty Jenkins yang berhasil mengantongi pendapatan sebanyak US$103 juta.

Lebih lanjut, kini media sosial telah diramaikan oleh tren gabungan film Barbie dan Oppenheimer besutan sutradara Christopher Nolan sebagai “Barbenheimer”. Kedua film yang sama-sama dirilis pada tanggal 21 Juli 2023 ini menwarkan pengalaman dan genre yang berbeda.

Tren tersebut membawa banyak orang yang akhirnya ikut menonton kedua film ini. Melansir The Guardian, Oppenheimer juga berhasil mengantongi pendapatan fantastis dengan nilai US$82,4 juta dari 4.610 bioskop di AS dan Kanada.

Sementara bila dilihat dari jumlah penonton berdasarkan jenis kelamin, penonton Barbie didominasi oleh perempuan dengan proporsi mencapai 65% dari total penonton di seluruh dunia. Sedangkan, mayoritas penonton Oppenheimer adalah laki-laki dengan proporsi sebanyak 62%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X