Pasar Global Kecerdasan Buatan Diperkirakan Melesat pada 2024

Market share AI diperkirakan akan melesat jauh di tahun 2024. Machine learning memimpin grafik market share tertinggi secara global.

Pasar Global Kecerdasan Buatan Diperkirakan Melesat pada 2024 Market share AI diperkirakan akan melesat di tahun 2024 (Possessed Photography/Unsplash)

Pasar kecerdasan buatan (AI) sedang mengalami pertumbuhan dan diversifikasi yang luar biasa di berbagai segmen, termasuk pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami, teknologi otonom & sensor, penglihatan komputer, dan robotika AI.

Masing-masing segmen ini mengalami kemajuan yang signifikan, mendorong inovasi dan membentuk kembali industri di seluruh dunia.

Dari algoritma pembelajaran mandiri hingga robotika canggih, teknologi AI merevolusi cara bisnis beroperasi, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan dunia sekitar masyarakat, menunjukkan masa depan yang menjanjikan untuk market share pada tahun 2024.

Berikut adalah perkiraan market share global kecerdasan buatan pada tahun 2024

Persentase Market Share AI di Tahun 2024 (Statista Market Insights/GoodStats)

Machine Learning

Pembelajaran mesin atau machine learning adalah salah satu segmen terbesar dari pasar AI, dan diperkirakan akan terus mendominasi pada tahun 2024. Pembelajaran mesin adalah cabang dari AI yang memungkinkan komputer untuk belajar tanpa diprogram secara eksplisit.

Algoritma pembelajaran mesin dapat menganalisis data dan mengenali pola, yang kemudian dapat digunakan untuk membuat prediksi dan keputusan. Pembelajaran mesin digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pengenalan gambar, terjemahan bahasa, dan rekomendasi produk.

Pemrosesan Bahasa Alami

Pemrosesan bahasa alami atau natural language processing (NLP) adalah cabang dari AI yang berfokus pada interaksi antara komputer dan bahasa manusia. Teknologi NLP memungkinkan komputer untuk memahami dan menghasilkan bahasa manusia.

NLP digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk obrolan bot, terjemahan mesin, dan analisis sentimen.

Teknologi Otonom & Sensor

Teknologi otonom dan sensor adalah segmen penting lainnya dari pasar AI. Teknologi otonom mencakup kendaraan otonom, drone, dan robot. Sensor digunakan untuk mengumpulkan data dari lingkungan sekitar, yang kemudian dapat digunakan oleh sistem AI untuk membuat keputusan.

Teknologi otonom dan sensor digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kendaraan self-driving, inspeksi industri, dan pertanian presisi.

Computer Vision

Computer vision adalah cabang AI yang berfokus pada pemrosesan gambar dan video. Teknologi penglihatan komputer memungkinkan komputer untuk melihat dan memahami dunia sekitarnya.

Penglihatan komputer digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pengenalan wajah, keamanan, dan realitas virtual.

Robotika AI

Robotika AI adalah segmen yang tumbuh cepat dari pasar AI. Robotika AI menggabungkan teknologi AI dengan robotika untuk menciptakan robot yang cerdas dan otonom.

Robot AI dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk manufaktur, perawatan kesehatan, dan logistik.

Integrasi AI dengan Teknologi Lain

Selain segmen yang disebutkan di atas, integrasi AI dengan teknologi lain juga merupakan pendorong utama pertumbuhan pasar AI.

Misalnya, AI dapat diintegrasikan dengan blockchain untuk menciptakan sistem yang lebih aman dan efisien. AI juga dapat diintegrasikan dengan Internet of Things (IoT) untuk menciptakan jaringan perangkat yang cerdas dan terhubung.

Dampak AI pada Masyarakat

AI diperkirakan memiliki dampak yang signifikan pada masyarakat di tahun-tahun mendatang. AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Misalnya, AI dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan baru, mempersonalisasi pendidikan, dan memerangi perubahan iklim.

Namun, AI juga menimbulkan beberapa tantangan. Misalnya, AI dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan, dan AI dapat digunakan untuk mengembangkan senjata otonom. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan dan menggunakan AI secara etis dan bertanggung jawab.

Penulis: Christian Noven Harjadi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

300 Juta Data Pribadi Tersebar, Kapan Indonesia Merdeka dari Serangan Siber?

300 juta data pribadi dan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) dibobol. Kini, peran UU PDP dan Kemenkominfo dipertanyakan, mengapa kasus ini terus terjadi?

10 Smartphone Paling Laku di 2024, iPhone Nomor Satu!

iPhone 15 Pro Max berhasil menjadi smartphone terlaris sepanjang tahun 2024, dengan pangsa pasar mencapai 4,4%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook