Nama Kota Terpanjang di Dunia, Rekor Tertinggi Capai 168 Huruf

Tengah hangat isu perubahan nama ibu kota Thailand dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon yang ternyata merupakan salah satu nama kota terpanjang di dunia.

Nama Kota Terpanjang di Dunia, Rekor Tertinggi Capai 168 Huruf Pemandangan Grand Palace dan Wat Phra Keaw dari Kota Krung Thep Maha Nakhon | Travel Mania/Shutterstock

Baru-baru ini tengah hangat berita perubahan nama ibu kota Thailand yang semula dikenal dengan Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon. Pengumuman rencana tersebut disampaikan oleh The Office of the Royal Society (ORST) yang merupakan lembaga independen di bawah pengawasan Perdana Menteri Thailand.

Krung Thep Maha Nakhon memiliki arti kota besar para bidadari. Penduduk Thailand kerap menyebut nama ibu kota mereka dengan istilah yang lebih singkat yakni Krung Thep. Kendati mengalami perubahan, istilah Bangkok yang merujuk pada ibu kota Thailand masih tetap diakui.

Nama ibu kota Thailand yang berakar dari Bahasa Pali dan Sansekerta ini sendiri sebenarnya masih memiliki sambungan yang panjang dan tercatat dalam Guinness World Records sebagai lokasi dengan nama terpanjang di dunia.

Selain Thailand, beberapa negara lain memiliki nama kota yang juga panjang serta sulit untuk dilafalkan, Berikut merupakan peringkat nama kota terpanjang di dunia.

Negara pemilik nama kota terpanjang di dunia | GoodStats
  1. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit. (Thailand, 168 huruf)
  2. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (Wales, 58 huruf)
  3. El Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles de Porciúncula (Amerika Serikat, 55 huruf)
  4. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea (Spanyol, 39 huruf)
  5. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä (Finlandia, 35 huruf)
10 Negara dengan Alam Terindah Tahun 2022, Indonesia Jawaranya

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Melihat Distribusi Penduduk di Indonesia, Sudahkah Merata?
Artikel Selanjutnya Mengintip Jumlah Pesawat Tempur Negara ASEAN 2022
Konten Terkait