Jakpat: Action dan Komedi Jadi Genre Film dan Serial yang Paling Disukai Masyarakat Indonesia Sepanjang 2022

Jakpat menyebut genre aksi mendapatkan persentase sebesar 72 persen, sementara komedi berada pada persentase 70 persen

Jakpat: Action dan Komedi Jadi Genre Film dan Serial yang Paling Disukai Masyarakat Indonesia Sepanjang 2022 Ilustrasi konsep film aksi | zef art/Shutterstock

Lembaga riset Jakpat menyebut genre aksi (action) dan komedi masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam menonton film dan serial di layanan streaming OTT (over the top) sepanjang 2022. Hal itu diungkapkan Jakpat melalui laporan surveinya yang bertajuk "2022 Indonesia Mobile Entertainment and Social Media Trends" yang dirilis pada Jumat (27/1) lalu.

genre film dan serial favorit masyarakat Indonesia sepanjang 2022 | GoodStats

Dalam laporannya, Jakpat menyebut genre aksi mendapatkan persentase sebesar 72 persen, sementara komedi berada pada persentase 70 persen. Genre drama menyusul di posisi ketiga dengan persentase 63 persen, romansa 59 persen, dan fantasi di posisi lima dengan 51 persen.

Posisi 10 besar diduduki oleh horor (50 persen), anime (45 persen), thriller (39 persen), sci-fi (35 persen), serta anak dan keluarga (32 persen). Dokumenter, reality show, dan musikal berada di posisi belasan dengan persentase masing-masing sebesar 31 persen, 29 persen, dan 20 persen.

Jika dilihat berdasarkan generasinya, film bergenre aksi lebih banyak disukai oleh Gen Z (72 persen) dan Gen X (81 persen). Meskipun pada generasi milenial memiliki persentase sebesar 71 persen, jumlahnya masih kalah dengan genre komedi yang memiliki persentase sebesar 73 persen.

Selain itu, Gen Z dan Gen X juga lebih menyukai film bergenre romansa ketimbang generasi milenial. Hal tersebut dibuktikan dari persentase Gen Z dan Gen X masing-masing berjumlah 64 persen dan 59 persen atau berada di posisi tiga genre favorit berdasarkan generasi. Sementara generasi milenial lebih menyukai drama dengan persentase sebesar 65 persen.

Yang menarik, genre dokumenter berada di posisi lima besar sebagai genre favorit Gen X. Hal ini berbanding terbalik dengan posisi film dokumenter yang berada di urutan 10 besar untuk Gen Z dan 12 besar untuk generasi milenial. Bagi Gen X, genre ini mendapatkan persentase sebesar 46 persen, jauh mengungguli genre fantasi, horor, hingga anime.

"Aksi dan komedi adalah dua genre paling populer di kalangan penonton. Drama dan romansa berikutnya. Gen Z lebih menyukai romance dibandingkan dengan milenial dan Gen X. Generasi milenial memiliki genre favorit yang lebih variatif, misalnya horor, anime, thriller, sci-fi, kids & family, dan reality show. Sementara film dokumenter mencapai puncaknya di kalangan Gen X," tulis Jakpat dalam laporan surveinya (27/1).

Tidak hanya membahas terkait genre film dan serial pilihan masyarakat Indonesia, pada laporan ini Jakpat juga membahas terkait perilaku streaming pada layanan OTT, layanan audio, gim seluler, hingga tren media sosial. Adapun data pada laporan ini dikumpulkan setiap bulannya pada tahun 2022 dengan warganet Indonesia sebagai sampel proporsionalnya. Jakpat mengeklaim, laporan survei ini memiliki margin of error di bawah 3 persen.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pemberdayaan Perempuan Indonesia Baru Capai Setengah Nilai Sempurna

Apakah Indonesia sudah cukup memberdayakan para perempuan?

5 Operasi Plastik Terpopuler di Dunia: Sedot Lemak Berada di Paling Atas

Lebih dari 2 juta orang di dunia tertarik untuk mencoba operasi plastik. Sedot lemak dan augmentasi payudara menjadi 2 teratas, apakah kamu tertarik coba?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook