Inilah Sederet Kampus Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2024, Nomor Satu Raih Skor Sempurna!

Melansir laman Quacquarelli Symonds (QS), MIT menjadi kampus terbaik di dunia berdasarkan pemeringkatan World University Rankings (WUR) 2024

Inilah Sederet Kampus Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2024, Nomor Satu Raih Skor Sempurna! Ilustrasi wisudawan | Pikisuperstar/Freepik

Lembaga pemeringkatan universitas internasional Quacquarelli Symonds (QS) telah merilis daftar universitas terbaik di dunia atau yang dikenal dengan World University Rankings (WUR) untuk tahun 2024. Menurut laman resminya terdapat 1.500 lembaga pendidikan dari 104 lokasi di dunia yang tercatat dalam peringkat tahun 2024.

QS sudah melakukan ranking ini selama dua puluh tahun lamanya. Selama sembilan belas tahun terakhir, QS menggunakan metode yang sama untuk mengevaluasi kinerja universitas, yang disebut sebagai 'indikator'. Pada studi tahun ini, QS menambahkan tiga metodologi baru, yaitu keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan jaringan penelitian internasional.

Adapun, ketiga indikator tersebut memiliki bobot yang berbeda. Keberlanjutan berbobot 5%, hasil ketenagakerjaan memiliki bobot 25%, dan jaringan riset internasional diambil dari 17,5 juta karya ilmiah. 

Daftar kampus terbaik versi QS WUR 2024 | Goodstats

Untuk memberi ranking pada kampus-kampus di dunia, studi juga didasarkan dari 240.000 pendapat ahli, baik dosen akademik maupun user di tempat kerja. Lantas dari pemeringkatan tersebut, dimanakah kampus terbaik sedunia?

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Potret bangunan Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Peringkat teratas dalam daftar universitas terbaik di dunia versi QS WUR 2024 berhasil ditempati oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang mendapatkan skor sempurna yaitu 100 poin.

Universitas yang terletak di Kota Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) ini diketahui telah membuat terobosan ilmiah serta mencetak banyak alumni berprestasi. Berdasarkan situs resminya, MIT telah berhasil memecahkan teorema lobang hitam Stephen Hawking dan mengembangkan masker wajah pendeteksi Covid-19.

2. University of Cambridge

Potret University of Cambridge | University of Cambridge

Menyusul MIT, University of Cambridge menempati peringkat kedua dengan skor 99,2 poin. Dengan capaian tersebut, kampus ini berhasil dinobatkan sebagai kampus terbaik di Inggris. Universitas ini berjarak sekitar 60 mil di utara Kota London, Inggris.

University of Cambridge pertama kali didirikan pada tahun 1209, sekaligus menjadi universitas tertua keempat di dunia. Setelah Oxford, wilayah Cambridge juga terkenal sebagai wilayah pendidikan terbesar di Inggris. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peraih nobel dari berbagai disiplin ilmu jebolan kampus ini.

3. University of Oxford

Potret University of Oxford | Oxfordshire Guardian

Menjadi salah satu kampus unggulan di Inggris, University of Oxford menempati peringkat ketiga dengan nilai keseluruhan sebesar 98,9 poin. Melansir QS, Kampus ini mendapatkan nilai sempurna pada indikator reputasi akademis, reputasi pekerja, rasio fakultas dan mahasiswa, jaringan penelitian internasional, serta hasil kelayakan kerja.

University of Oxford didirikan pada tahun 1096, yang menjadikannya sebagai kampus tertua kedua setelah University of Bologna di Italia. Sebagai salah satu kampus terbaik di dunia, University of Oxford kini memiliki 42% mahasiswa internasional. Adapun, kampus ini memiliki empat divisi akademik yang didalamnya terdapat banyak departemen, fakultas, juga sekolah.

4. Harvard University

Gedung Harvard University | Bloomberg

Berdasarkan hasil QS WUR 2024, Harvard University dinobatkan sebagai salah satu kampus terbaik di dunia yang menempati peringkat ke-4 dengan nilai keseluruhan sebesar 98,3 poin. Adapun, rincian yang diperoleh Harvard untuk bidang keberlanjutan 96,7 poin, reputasi akademis 100 poin, fakultas internasional 84,6 poin, serta rasio fakultas dan mahasiswa 98,3 poin.

Perguruan swasta milik Ivy League ini terletak di Kota Cambridge, Massachusetts, AS yang didirikan pada tahun 1636. Sebelum bernama Harvard University, kampus ini dulunya bernama New College. Nama 'Harvard' diambil dari nama seorang menteri, John Harvard yang telah berjasa bagi kampus karena telah menyumbangkan sebagian tanah dan buku-bukunya.

5. Stanford University

Potret Stanford University | Standford University

Didirikan pada tahun 1885, kampus ini terletak di Stanford, AS dan berhasil masuk ke dalam lima besar kampus terbaik di dunia dengan memperoleh skor sebesar 98,1 poin. Dari total keseluruhan mahasiswa di Stanford University, sebanyak 23% di antaranya merupakan mahasiswa internasional.

Terdapat berbagai macam program di Stanford, mulai dari program undergraduate, graduate, hingga lifelong learning. Melansir laman resminya, program undergraduate memiliki lebih dari 69 program studi. Selain bidang akademik, Stanford University juga menyediakan berbagai aktivitas menarik, seperti klub mahasiswa yang diketahui mencapai sekitar 625 klub.

6. Imperial College London

Tampak gedung Imperial College London | Chevening

Imperial College London merupakan salah satu perguruan tinggi negeri riset terbaik yang berlokasi di London, Inggris. Berdasarkan peringkat QS WUR 2024, institusi satu ini memperoleh nilai sebesar 97,8 poin. Capaian ini menempatkannya pada peringkat keenam dalam daftar kampus terbaik di dunia.

Didirikan pada tahun 1907, universitas ini memiliki pengkhususan pada bidang sains, teknik, kedokteran, dan bisnis. Selain itu, universitas ini juga menjadi pusat untuk penelitian biomedis dan pusat sains kesehatan akademis pertama di Inggris. Maka, tak heran jika Imperial College London disebut-sebut sebagai salah satu perguruan tinggi kedokteran terbaik di dunia.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X