5 Rempah Termahal di Dunia, Harganya Capai Jutaan Rupiah

Kebutuhan rempah dunia meningkat sebesar 2,5 persen tiap tahun. Harga rempah dunia juga beragam, bahkan ada yang menyentuh jutaan rupiah. Rempah apakah itu?.

5 Rempah Termahal di Dunia, Harganya Capai Jutaan Rupiah Potret ragam rempah | Chamille White/Shutterstock

Rempah menjadi bagian dari tumbuhan yang beraroma dan memiliki rasa yang kuat. Rempah ini biasanya digunakan untuk tambahan campuran makanan dan dapat diolah menjadi obat herbal.

Sejarah mencatat, rempah bukan sekadar komoditi, namun membawa nilai dan gaya hidup untuk peradaban global. Begitu pentingnya rempah-rempah dalam kehidupan manusia sehingga ia menjadi penghela perkembangan ekonomi, sosial budaya, dan politik dalam skala lokal dan global.

Sekitar 11 persen jenis tumbuhan dunia ada di hutan tropis Indonesia. Jumlahnya lebih dari 30.000 spesies, yang sebagian di antaranya dipergunakan dan dikenal sebagai rempah.

Bahkan, kebutuhan akan rempah dunia juga meningkat. Permintaan rempah dunia semakin tinggi dimana tingkat konsumsinya naik 2,5 persen tiap tahun. Sekitar 47 persen impor rempah dunia ke Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Eropa.

Daftar rempah termahal di dunia | GoodStats

Kebutuhan akan rempah dunia, sejalan juga dengan harga-harga rempah yang beragam. Bahkan ada beberapa rempah dibanderol dengan harga fantastis. Dikutip dari laporan Luxury Columnist ada lima rempah termahal di dunia tahun 2021. Hingga mencapai harga jutaan rupiah.

Saffron dinobatkan sebagai rempah termahal di dunia, dengan harga 1.000 dolar AS per 0,4 kilogram atau setara sekitar Rp14,2 juta. Bahkan, satu kilogram saffron berkualitas dapat dijual dengan harga sekitar Rp52 juta hingga Rp2,3 miliar. Hal itu dikarenakan, mendapatkan saffron kering sebanyak 454 gram membutuhkan 75.000 tangkai bunga dengan proses pemetikan manual.

Diposisi selanjutnya, Fennel Pollen atau serbuk sari adas yang berasal dari wilayah Tuscany, Italia. Fennel pollen dijual dengan harga 450 dolar AS per 0,5 kilogram atau setara sekitar Rp6,4 juta. Kemudian disusul rempah yang banyak diekspor Indonesia yaitu biji vanili dengan harga 200 dolar AS per 0,5 kilogram atau setara Rp2,85 juta.

Mahlab yang menempati posisi keempat rempah termahal di dunia. Harga rempah tersebut dijual 69 dolar AS per 0,5 kilogram atau setara Rp983,3 ribu. Hal itu dikarenakan mahlab tergolong rempah langka yang hanya tumbuh di daerah Eropa Selatan, Mediterania, dan Timur Tengah.

Rempah selanjutnya dengan harga termahal yaitu long pepper dengan harga  47 miliar dolar AS per 0,5 kilogram atay setara Rp 669,8 ribu. Mahalnya long pepper atau lada panjang dikarenakan sulit ditemukan tidak seperti lada hitam. Rempah tersebut banyak tumbuh di India, Nepal, dan Pakistan

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Kasus Cacar Monyet di Dunia terus Meningkat dalam 2 Pekan Terakhir
Artikel Selanjutnya Pasangan Capres Cawapres Ini Miliki Elektabilitas Tertinggi di Pilpres 2024
Konten Terkait