Hasil Ciamik Studio A24 di Piala Oscars 2023

Everything Everywhere All at Once menjadi juara umum dalam Academy Award 2023, Efeknya, studio A24 berhasil menyabet 9 Piala Oscar dalam Academy Award.

Hasil Ciamik Studio A24 di Piala Oscars 2023 Everything Everywhere All at Once | Netflix

Gelaran Penghargaan Academy Award atau yang sering disebut Piala Oscar adalah ritual tahunan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences sejak tahun 1929. 

Jajaran Film dengan Kemenangan Terbanyak di Piala Oscar | Goodstats
Jajaran Film dengan Kemenangan Terbanyak di Piala Oscar | Goodstats

Di gelaran Academy Award 2023 yang berlangsung pada 13 Maret lalu, film dengan judul Everything Everywhere All at Once dari studio A24 menyabet 7 piala dalam gelaran tersebut, yang salah satunya merupakan kategori best picture yang digadang-gadang menjadi kategori paling bergengsi pada penghargaan Piala Oscars sejak dulu. 

Di bawahnya, ada All Quiet on the Western Front dari Netflix yang menyabet 4 piala. Di urutan 3 dengan jumlah 2 piala, diduduki oleh The Whale yang juga merupakan garapan dari studio A24. Disusul di bawahnya oleh Avatar: The Way of Water yang berhasil mendapatkan piala pada kategori film dengan efek visual terbaik.

Jajaran Distributor Film dengan Kemenangan Terbanyak di Piala Oscar | Goodstats
Jajaran Distributor Film dengan Kemenangan Terbanyak di Piala Oscar | Goodstats

Jika dikalkulasikan, A24 menjadi distributor sekaligus studio film dengan pencapaian terbaik di Academy Award 2023 dengan total 9 piala. Disusul di bawahnya oleh Netflix dengan 5 piala dan Disney dengan 2 piala. 

Namun seperti yang disebutkan di atas, kategori best picture menjadi kategori paling bergengsi sepanjang umur Academy Award. Dengan menangnya Everything Everywhere All at Once sebagai film dengan kategori best picture, artinya koleksi piala Oscar best picture studio A24 kini berjumlah 2. 

Jajaran Studio Film dengan Kemenangan Kategori Best Picture Terbanyak di Piala Oscar | Goodstats
Studio Film dengan Kemenangan Kategori Best Picture Terbanyak di Piala Oscar | Goodstats

Meskipun begitu, jumlah tersebut masih jauh dari capaian Colombia Pictures yang sudah menyabet 12 piala Oscar di kategori best pictures dan menjadi rumah produksi dengan piala Oscar kategori best picture terbanyak sepanjang masa. Di bawah Colombia Picture, ada Paramount dan Warner Bros yang masing-masing telah menyabet piala Oscar kategori best pictures sebanyak 11 dan 9 kali sepanjang gelaran Academy Award.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Lebih dari 100 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia

Beberapa jemaah meninggal dunia akibat kondisi fisik yang tidak kuat menghadapi cuaca ekstrem dan aktivitas fisik yang intens.

10 Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi

Korea Selatan menjadi negara dengan tingkat operasi plastik tertinggi di dunia, mencerminkan kuatnya budaya K-beauty akhir-akhir ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X