Deretan Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia 2023 Versi Forbes

Forbes melaporkan, ada sekitar 2.640 miliarder dari total 77 negara di dunia pada 2023. Adapun, New York masih menjadi kota dengan total miliarder terbanyak.

Deretan Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia 2023 Versi Forbes Ilustrasi miliarder | Jester-Flim/Shutterstock

Beberapa negara di dunia memiliki sejumlah orang kaya yang memiliki kekayaan bersih hingga miliaran. Forbes melalui laporannya bertajuk The Cities With the Most Billionaires 2023 baru-baru ini menunjukkan, ada sekitar 2.640 miliarder dari 77 negara yang masuk dalam daftar.

Laporan tersebut juga menyebut bahwa seperempat dari total miliarder dalam daftar Forbes tinggal di sebelas kota kosmopolitan di dunia. Seperti tahun lalu, New York menjadi kota dengan jumlah orang kaya terbanyak dengan total 101 miliarder. Bahkan, kekayaan kolektifnya tercatat mencapai US$616,8 miliar.

11 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia versi Forbes 2023 | Goodstats

Hampir seperempat dari kekayaan kota tersebut terkonsentrasi pada sejumlah miliarder yang tinggal di sana. Misalnya, Michael Bloomberg dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$94,5 miliar, dan Julia Koch mencapai US$59 miliar.

Selanjutnya, Hong Kong menempati peringkat kedua dengan jumlah miliarder sebanyak 70 orang dan total kekayaan mencapai US$286,8 miliar. Disusul oleh Beijing dengan total 68 miliarder dan kekayaan bersih mencapai US$247,2 miliar.

Salah satu kota di China lainnya yang masuk ke dalam daftar adalah Shanghai dengan jumlah 65 miliarder. Total kekayaan bersih para miliarder yang tinggal di sana dilaporkan mencapai US$181,9 miliar. Ada sejumlah nama miliarder Shanghai dalam laporan Forbes, di antaranya ialah Tang Rui (pendiri startup ZongMu Technology) dan Lyu Yixiong (CEO Shanghai Chicmax Cosmetics).

Peringkat kelima kota dengan jumlah miliarder terbanyak ditempati oleh London. Pada tahun 2023, London memiliki 63 miliarder dengan total kekayaan bersih sebesar US$294,9 miliar.

Diikuti oleh Moskow dengan jumlah miliarder sebanyak 61 orang dan total kekayaan bersih mencpai US$307,1 miliar. Meski perang di Ukraina belum usai dan sanksi terhadap sejumlah orang kaya di Rusia masih berlaku, namun Moskow masih menjadi salah satu kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Peringkatnya bahkan meningkat dari posisi ketujuh di tahun lalu menjadi posisi keenam.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ingin Kredit KPR? Ketahui Daftar Bank Besar di Indonesia dengan Suku Bunga Dasar Kredit KPR Terbesar!

Perlu dilakukan riset dan perbandingan antar berbagai penawaran suku bunga KPR sebelum membuat keputusan pinjaman.

Ini Dia Lapangan Kerja dengan Upah Tertinggi Awal 2024

Sektor keuangan dan asuransi menjadi sektor dengan rata-rata upah buruh tertinggi, jumlahnya lebih dari Rp5 juta.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X