Bukan Spotify, Youtube Music Juarai Platform Musik yang Paling Sering Digunakan Masyarakat 2023

Menurut laporan APJII, Youtube music menjadi platform musik yang paling sering digunakan oleh masyarakat dengan persentase mencapai 44,18%

Bukan Spotify, Youtube Music Juarai Platform Musik yang Paling Sering Digunakan Masyarakat 2023 Ilustrasi aplikasi musik yang telah diunduh | Tada Images/Shutterstock

Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang ketika sedang beraktivitas maupun di waktu senggang. Mendengarkan musik ternyata juga memiliki banyak manfaat, di antaranya ialah membangkitkan motivasi, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan lain-lain.

Menurut laporan Federasi Internasional Industri Fonograf (IFPI), pasar musik global mengalami pertumbuhan pada tahun 2022. Tercatat, total pendapatan industri ini mencapai US$26,2 miliar dengan pendapatan terbesar beasal dari aktivitas streaming, yaitu sebesar 67%.

Dari total tersebut, aktivitas streaming berlangganan menyumbangkan proporsi terbanyak yang mencapai 48,3%. Sisanya, berasal dari streaming beriklan dengan persentase 18,7%.

Selain streaming, terdapat beberapa segmen pendapatan lainnya, yakni fisik (album, kaset, piringan hitam, dll) sebesar 17,5%, hak paten/royalti sebanyak 9,4%, unduhan dan digital dengan 3,6%, serta lisensi sinkronasi 2,4%.

IFPI mencatat tiga alasan terpopuler responden yang lebih menyukai akses musik melalui aplikasi berlangganan, di antaranya adalah tidak adanya gangguan ketika mendengarkan musik, akses gratis ke banyak lagu di seluruh dunia, serta kompatibel atau bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja.

Sementara, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam laporannya yang berjudul Survei Internet Indonesia 2023 memaparkan sejumlah platform musik yang paling sering digunakan masyarakat pada tahun 2023.

Platform musik yang paling sering digunakan oleh masyarakat pada 2023 | Goodstats

Hasilnya, Yotube music menempati peringkat pertama dalam daftar dengan persentase sebanyak 44,18% responden. Diikuti oleh Spotify dan Google play music dengan persentase masing-masing sebesar 17,52% dan 16,86%.

Disusul oleh beberapa platform musik lainnya, yaitu Joox dengan 12,95%, Apple music 1,63%, Resso 0,83%, Soundcloud 0,34%, Shazam 0,17%, TikTok 0,13%, Snack video 0,02%, Vidio 0,01%, Langit music 0,01%, Vidmate 0,01%, dan My music 0,01%.

Di sisi lain, APJII juga menampilkan daftar platform media sosial dan video streaming yang paling banyak digemari oleh masyarakat pada 2023. Hasilnya, Youtube mendominasi di peringkat teratas dengan perolehan 65,41% dalam daftar platform media sosial dan mendapatkan persentase sebesar 66,58% dalam daftar platform video streaming.

Adapun, data tersebut bersumber dari hasil survei yang telah dilakukan oleh APJII terhadap sebanyak 8.510 responden yang tersebar di Indonesia pada tanggal 10-27 Januari 2023. Responden paling banyak berjenis kelamin perempuan dengan total 4.506 orang.

Lebih lanjut, survei ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 1,14% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Orang Indonesia Paling Sering Habiskan Waktu untuk Main Sosial Media

Orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam setiap harinya untuk bermain sosial media dan TikTok jadi sosial media yang paling sering digunakan.

Kominfo Berhasil Tangani Lebih Dari 5 Ribu Konten Berbau Radikalisme

Berdasarkan laporan dari Kominfo, terdapat sebanyak 5.731 konten yang mendukung ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme di platform digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X