Banyak Peminatnya, Berikut 5 Serial Televisi yang Paling Sering Ditonton di Netflix 2023

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2021, Squid Game berhasil menjadi serial populer. Bahkan, jumlah penontonnya mencapai 1,6 miliar pada tahun 2023

Banyak Peminatnya, Berikut 5 Serial Televisi yang Paling Sering Ditonton di Netflix 2023 Ilustrasi seseorang yang ingin menonton serial televisi | Proxima Studio/Shutterstock

Sebagian besar orang terkadang memilih untuk menghabiskan waktunya dengan menonton drama seri favorit mereka. Kini, platform streaming OTT berlangganan sudah banyak ditemukan dan menyediakan beragam serial yang menarik untuk ditonton dengan berbagai genre, mulai dari komedi, aksi, romantis, hingga misteri.

Pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan jumlah orang yang beralih ke platform streaming untuk hiburan mereka. Alih-alih menonton satu episode per minggu, orang-orang mulai ketagihan untuk melakukan binge watching. Akibatnya, perusahaan streaming telah melihat pertumbuhan eksponensial selama satu dekade terakhir, dengan jutaan penonton baru tiap tahunnya.

Pasar global untuk teater dilaporkan mencapai US$80,8 miliar pada tahun 2020, turun 18% dari tahun sebelumnya dan terendah sejak 2016. Box office anjlok dari US$42.3 miliar pada 2019 menjadi US$12 miliar pada 2020. Ini menjadi penurunan paling signifikan di dunia perfilman dan teater global.

Sebaliknya, platform streaming OTT malah meraup untung. Tercatat, Netflix, Inc. memiliki 37 juta pelanggan baru pada tahun 2020. Sementara, Disney+ Hotstar melampaui angka 100 juta pelanggan hanya dalam 16 bulan.

5 serial televisi yang paling banyak ditonton di Netflix | Goodstats

Sejumlah judul serial berkualitas dan menarik untuk ditonton pun banyak diproduksi. Lalu, serial mana yang paling banyak ditonton pada tahun 2023 ini? Berikut daftarnya.

1. Squid Game

Ilustrasi serial televisi Squid Game yang tayang di Netflix | Daniel Constante/Shutterstock

Pada tahun 2021, Netflix merilis serial televisi berjudul Squid Game. Serial ini merupakan serial Korea Selatan yang menjadi populer dan banyak disukai oleh penonton dari seluruh dunia.

Plot serial ini berpusat pada sekumpulan individu yang menghadapi kesulitan keuangan, lalu mereka diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi survival besar-besaran yang menyimpan banyak misteri. Mereka dituntut untuk menyelesaikan serangkaian permainan antara hidup dan mati serta berkompetisi dengan peserta lainnya demi membawa pulang hadiah berupa uang.

Serial ini berhasil menempati peringkat pertama dalam daftar dengan jumlah penonton sebanyak 1,6 miliar pada tahun 2023. Ide program, plot yang mencekam, dan skenario tentang sulitnya kehidupan masyarakat kontemporer semuanya mendapat respon positif. Bahkan, IMDb memberi rating serial ini 8 poin dari 10.

2. Stranger Things: Season 4

Ilustrasi serial Stranger Things: Season 4 | Daniel Constante/Shutterstock

Stranger Things merupakan serial populer bergenre horror misteri yang berasal dari Amerika Serikat. Serial ini sudah tayang sejak tahun 2016, yang kemudian berlanjut hingga musim keempatnya. Franchise yang diproduksi oleh The Duffer Brothers ini dibintangi oleh beberapa aktor kenamaan, seperti Winona Ryder, Millie Bobby Brown, dan David Harbour.

Setelah merilis musim keempatnya dengan dua volume, Stranger Things mencatatkan jumlah penonton yang fantastis sebanyak 1,35 miliar penonton pada April 2023. Season 4 ini mengisahkan kejadian pasca pertempuran Starcourt yang telah memporak-porandakan Hawkins. Eleven dan teman-temannya berusaha untuk memulihkan keadaan masing-masing, lalu memutuskan untuk hidup terpisah.

Dengan hidup terpisah, masing-masing dari mereka dihadapi dengan rintangan yang berbeda-beda. Di lain sisi, mereka juga menyadari bahwa ada bahaya yang berasal dari dunia upside down serta menimbulkan teror yang lebih kelam dan mengerikan.

3. Wednesday

Ilustrasi sebuah televisi yang sedang menayangkan serial Wednesday | Hamara/Shutterstock

Jika kamu merupakan penggemar film klasik Addams Family, kemungkinan besar kamu pasti juga turut menonton serial yang satu ini. Serial ini menceritakan kisah putri sulung keluarga Addams yang bernama Wednesday.

Ia merupakan seorang remaja yang memiliki kemampuan supernatural dengan penampilan gaya gothic yang nyentrik. Ketika mulai bersekolah di Nevermore Academy, Wednesday merasakan sesuatu yang janggal pada kematian temannya dan mencoba untuk melakukan penyelidikan terkait serangkaian pembunuhan yang dilakukan oleh monster misterius.

Dengan perpaduan horor dan misteri yang menarik, serial ini bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton di akhir pekan. Dilaporkan, Wednesday mencatatkan capaian luar biasa dan menempati peringkat kedua dalam daftar serial televisi yang paling banyak ditonton. Jumlah penontonnya kini di tahun 2023 sudah mencapai 1,2 miliar.

4. Dahmer - Monster: The Jefferey Dahmer Story

Ilustrasi serial The Jefferey Dahmer Story | JOCA_PH/Shutterstock

Tayang di Netflix pada tanggal 21 September 2022 lalu, serial ini merupakan biografi dari seorang pembunuh berantai bernama Jefferey Dahmer. Adapun, biografi criminal ini merupakan karya dari Ryan Murphy dan Ian Brennan.

Serial yang berjudul Dahmer-Monster: The Jefferey Dahmer Story ini mengisahkan mengenai serangkaian kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Jefferey Dahmer. Setelah 10 tahun melancarkan aksi bejatnya, sebanyak 17 orang meninggal karena dibunuh olehnya.

Serial ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di IMDb, yakni 7,9 poin. Serial ini juga menjadi salah satu serial populer yang diproduksi oleh Netflix. Menempati peringkat ketiga dalam daftar, serial ini berhasil meraup keuntungan dengan jumlah penonton mencapai 856,22 juta pada tahun 2023.

5. Money Heist: Season 5

Foto poster serial Money Heist | Netflix

Serial La Casa de Papel atau yang lebih dikenal dengan Money Heist menceritakan sebuah perampokan yang dilakukan oleh geng perampok bertopeng. Season kelima dari serial ini terbagi menjadi dua volume, yakni volume pertama yang telah tayang pada tanggal 3 September 2021 lalu dan volume kedua yang tayang pada 3 Desember 2021.

Season ini menceritakan akhir dari perampokan yang dilakukan oleh Professor dan gengnya. Sayangnya, aksi perampokan terakhir ini berada di ambang kegagalan lantaran markas persembunyian sang Professor berhasil ditemukan oleh polisi.

Money Heist: Season 5 ini berhasil memukau para penggemarnya dan menempati peringkat keempat dalam daftar serial televisi yang paling banyak ditonton dengan jumlah penonton mencapai 792 juta pada tahun 2023.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mayoritas Warganet ASEAN Mengikuti Influencer di Media Sosial

Warganet ASEAN memiliki variasi besar dalam jumlah influencer yang mereka ikuti, dengan mayoritas mengikuti antara 1 hingga 10 influencer.

Influencer Manakah yang Paling Dipercaya Warganet ASEAN?

Di ASEAN, mega influencer memiliki tingkat kepercayaan warganet yang paling tinggi, yang mencerminkan pentingnya jumlah pengikut dalam pemasaran digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook