Asli Indonesia, Pempek Masuk dalam Jajaran Hidangan Seafood Terlezat di Dunia 2023

Berdasarkan daftar hidangan laut terlezat di dunia yang dirilis oleh TasteAtlas, pempek berhasil masuk dengan perolehan 4,7 poin.

Asli Indonesia, Pempek Masuk dalam Jajaran Hidangan Seafood Terlezat di Dunia 2023 Ilustrasi hidangan pempek | Faizdila/Pixabay

Hidangan makanan laut atau seafood selalu menggugah selera. Ini merupakan cara terbaik untuk menikmati karunia laut, mulai dari ikan, kerang, kepiting, hingga rumput laut. Ada ribuan hidangan laut di seluruh dunia dengan rasa, bahan, dan metode memasaknya yang unik dan beragam.

Melansir Yahoo! Finance, permintaan terhadap ikan dan makanan laut lainnya diproyeksi akan meningkat sebagai konsekuensi dari kemajuan dalam produksi akualtur serta pergeseran preferensi budaya.

Transisi ke makanan manis dan berlemak, serta masalah gizi dan penyakit yang muncul di negara-negara berkembang dapat diatasi salah satunya dengan meningkatkan pasokan makanan laut dan mengalihkan pasar ekspor makanan laut ke konsumsi domestik di beberapa negara, seperti India dan Chili.

Pasar makanan laut global bernilai US$ 180,15 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh pada sebesar 9,40% selama periode 2023-2028. Selama sepuluh tahun ke depan, kemungkinan akan ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah total makanan laut yang dikonsumsi di seluruh dunia, yang telah meningkat seiring pertumbuhan populasi global.

Daftar 10 hidangan seafood terlezat di dunia | Goodstats

Adapun, pempek berhasil masuk dalam daftar hidangan makanan laut terlezat di tahun 2023 menurut TasteAtlas. Hidangan asal Palembang, Indonesia tersebut meraih 4,7 poin yang mengantarkannya pada peringkat keempat setelah hidangan mixed ceviche asal Peru. Selengkapnya, berikut daftarnya.

1. Amêijoas à Bulhão Pato (4,8 poin)

Dinamai setelah penyair abad ke-19 Raimundo António de Bulhão Pato, hidangan laut asal Portugis ini menggabungkan kerang dan saus beraroma yang diolah dari minyak zaitun, bawang putih, lemon, dan ketumbar.

Hidangan ini biasanya dinikmati sebagai hidangan pembuka dan biasanya disajikan dengan roti di sampingnya. Amêijoas à Bulhão Pato menempati peringkat pertama dalam daftar hidangan laut terlezat versi TasteAtlas dengan perolehan 4,8 poin.

2. Gambas al ajillo (4,7 poin)

Gambas al ajillo adalah hidangan populer asal Spanyol yang terdiri dari tumisan udang dengan bawang putih cincang, lemon, paprika, dan minyak zaitun. Hidangan ini biasanya dikonsumsi sebagai tapas atau hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil ala Spanyol. Gambas al ajillo menempati peringkat kedua dalam daftar TasteAtlas dan mendapatkan skor 4,7 poin.

3. Mixed ceviche/ceviche mixto (4,7 poin)

Ceviche mixto adalah hidangan pembuka yang populer di Peru. Ceviche mixto sering disajikan bersama dengan ubi jalar dan jagung. Adapun, yang membedakan hidangan ini dari jenis ceviche lainnya ialah adanya penambahan berbagai bahan makanan laut, termasuk udang, cumi-cumi, gurita, kerang, atau kerang. Ceviche mixto mendapatkan skor 4,7 poin, yang mengantarkan hidangan ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar.

4. Pempek (4,7 poin)

Pempek adalah hidangan tradisional asal Palembang yang dibuat dari daging ikan yang digiling dan tepung, serta komposisi bahan lain, seperti telur, penyedap rasa, dan garam. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama dengan kuah atau disebut dengan cuko.

Berdasarkan kisah asal-usul pempek, ada seorang warga Palembang kuno yang bosan dengan ikan goreng atau bakar tradisional. Lalu, ia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging ikan, mencampurnya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya untuk mendapatkan camilan yang renyah dan lezat.

5. Maguro nigiri sushi (4,7 poin)

Maguro nigiri sushi adalah jenis nigiri sushi tradisional Jepang. Hidangan ini terdiri dari nasi sushi dan diatasnya diberi irisan tuna. Potongan tuna yang berbeda diklasifikasikan sebagai otoro (berlemak), chutoro (berlemak sedang), dan akami (daging merah).

Hidangan ini memiliki rasa yang ringan dan tekstur kaya, yang membuat hidangan ini populer di kalangan para turis. Maguro nigari sushi berhasil menempati peringkat kelima dalam daftar hidangan laut terlezat di dunia dengan perolehan skor 4,7 poin.

6. Otoro nigiri sushi (4,7 poin)

Otoro nigiri sushi merupakan jenis nigiri sushi tradisional lainnya asal Jepang. Hidangan ini terdiri dari nasi sushi yang atasnya diberi irisan potongan tuna berlemak. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan tekstur meleleh di mulut yang membuat harganya cukup mahal.

Secara tradisional, sushi jenis ini dimakan dalam satu gigitan dan biasanya disajikan bersama dengan kecap asin, wasabi, atau acar jahe (gari) di sampingnya. Hidangan ini menduduki peringkat keenam dengan perolehan skor 4,7 poin menurut TasteAtlas.

7. Conchitas a la parmesana (4,7 poin)

Conchitas a la parmesana adalah hidangan tradisional Peru yang disajikan sebagai hidangan pembuka. Masakan ini terdiri dari kerang yang diatasnya diberi parutan keju parmesan. Ketika disajikan, keju diatasnya meleleh, namun daging kerang tetap segar.

Bahan-bahan yang digunakan untuk hidangan ini di antaranya ialah kerang, saus Worcestershire, perasan jeruk nipis, mentega, garam, merica, dan keju parmesan parut. Adapun, masakan ini menduduki peringkat ketujuh dengan perolehan skor senilai 4,7 poin.

8. Kaisendon (4,6 poin)

Kaisendon aalah satu hidangan donburi yang terdiri dari makanan laut segar populer asal Jepang. Kaisendon disajikan dengan berbagai macam makanan laut mentah yang disebut sashimi, yang diletakkan di atas nasi.

Selain sashimi, kaisendon biasanya diberi rumput laut nori panggang, jahe myoga, shiso atau kemangi Jepang, mentimun, bawang, dan jahe segar atau acar. Hidangan ini berhasil menempati peringkat kedelapan dengan skor senilai 4,6 poin.                                   

9.Linguine allo scoglio (4,6 poin)

Linguine allo scoglio atau sering juga dijuluki linguine ai frutti di mare adalah hidangan laut khas Italia selatan atau piatto di mare. Hidangan ini terdiri dari linguine atau spageti, dengan kombinasi makanan laut. Hidangan ini menempati peringkat kesembilan dalam daftar makanan laut terlezat versi TasteAtlas dengan perolehan skor 4,6 poin.

10. Fritto misto (4,6 poin)

Fritto misto adalah hidangan Italia yang terdiri dari berbagai bahan, seperti sayuran, makanan laut, dan rempah-rempah yang digoreng. Masakan ini berhasil menduduki peringkat kesepuluh dalam daftar dengan perolehan skor senilai 4,6 poin.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dari Indonesia Juaranya?

Rawon dan soto betawi menempati posisi teratas sebagai hidangan sup terbaik di dunia menurut TasteAtlas dengan skor bintang mencapai 4,7.

5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Teratas?

Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia yang mencapai 66,3 juta kantong. Angka tersebut sangatlah besar di banding negara-negara lain.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X