Miliki Aneka Ragam Buah, Ini Dia 5 Negara dengan Konsumsi Buah-Buahan Terbesar di Dunia

Melansir Our World View in Data pada 2020, Dominika menjadi negara dengan konsumsi buah terbanyak, yakni sebesar 387,18 kg per kapita

Miliki Aneka Ragam Buah, Ini Dia 5 Negara dengan Konsumsi Buah-Buahan Terbesar di Dunia Ilustrasi ragam buah-buahan | Lifeforstock/Freepik

Apabila berpikir mengenai buah-buahan, apa yang terlintas dalam benakmu? Sebuah alternatif sehat dalam menunjang hidup sehat atau rasanya yang enak dan mampu dinikmati semua kalangan. Apapun itu, mengonsumsi buah-buahan dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit yang berbahaya atau berisiko, kemudian buah-buahan menjadi sumber vitamin, sumber air dan gizi, sumber antikosidan serta menjadi obat luar yang mampu mengatasi penyakit, seperti bisul dan jerawat.

Disamping itu, dengan melakukan diet yang menginkorporasi mengonsumsi buah-buahan dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mencegah beberapa jenis kanker, menurunkan risiko masalah mata dan pencernaan, serta memberikan efek positif pada gula darah, yang dapat membantu menjaga nafsu makan (Harvard T.H. Chan School of Public Health).

Lantas, apakah pola diet ini sungguh-sungguh dapat terimplementasi di seluruh masyarakat dunia atau hanya di segelintir negara saja? Berdasarkan Our World View in Data (2020), terdapat lima besar negara yang memiliki tingkat konsumsi buah per kapita terbanyak. Berikut datanya.

1. Dominika

Terletak di sebelah timur laut Karibia. Dominika memiliki kawasan yang indah dengan kesuburan flora dan fauna disekitarnya. Kawasan yang subur mampu memberikan daya tumbuh bagi perkembangan berbagai jenis buah-buahan. Sehingga menjadikan nya memiliki total konsumsi per kapita yaitu sebesar 387,18 kg.

2. Republik Dominika

Disusul pada peringkat kedua, yaitu negara Republik Dominika yang masih berada dalam satu wilayah yang sama, yaitu Karibia. Beriklim tropis membuat lingkungan nya serupa dengan Dominika. Total konsumsi buah-buahan per kapita, yaitu sebesar 353,04 kg.

3. Guyana

Guyana merupakan negara yang terletak di timur laut Amerika Selatan. Iklim dataran rendah di bagian khatulistiwa memiliki karakteristik curah hujan yang tinggi disertai dengan kelembaban yang tinggi pula. Total konsumsi buah-buahan per kapitanya mencapai 294,05 kg.

4. Papua Nugini

Papua Nugini terletak di bagian timur pulau Papua dan di barat daya Samudera Pasifik. Iklim nya yang tropis mampu memberikan keragaman serta kekhasan pada ekistensi flora dan faunanya. Total konsumsi buah-buahan per kapitanya mencapai 214,97 kg.

5. Sao Tome dan Principe

Sao Tome dan Principe merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah dan terletak di sebelah utara-barat lepas pantai Gabon. Letaknya yang cukup berdekatan dengan garis khatulistiwa membuat nya beriklim tropis dengan variasi berbagai flora dan fauna endemik. Total konsumsi buah-buahan per kapitanya mencapai 200,98 kg.

Adapun, kelima negara tersebut menduduki posisi lima besar dalam konteks total konsumsi buah-buahan per kapita. Menarik untuk dicermati bahwa kelimanya merupakan negara kepulauan yang memiliki karakteristik serupa dengan Indonesia, mulai dari keindahan alam nya dan keragaman jenis tumbuhan.

Penting untuk diketahui bahwa kebiasaan untuk memakana buah-buahan dimulai dari kesadaran kolektif dan perihal pemnafaatan sumber daya alam sekitar bagi kesehatan tubuh. Ketahui pula bahwa upaya menjadi sehat dimulai dari diri sendiri kemudian lingkungan sekitar yang membentuk keputusan-keputusan kita setiap harinya.

Penulis: Jennifer Renata
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X