GoodStats
Pencarian
Masuk

5 Minuman Kekinian Favorit Masyarakat, Ada Esteh Indonesia

Bila melihat secara garis besar, pasar minuman kekinian memang tumbuh sangat subur di Indonesia berkat besarnya jumlah peminat yang dimiliki.

5 Minuman Kekinian Favorit Masyarakat, Ada Esteh Indonesia Ilustrasi minuman kekinian | thaweerat/Shutterstock

Tren kuliner memang tidak ada pernah habisnya berinovasi. Dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, berbagai jenis minuman kekinian hadir di tengah masyarakat dan begitu digandrungi khususnya oleh mereka kawula muda.

Minuman kekinian ini terdiri dari beberapa jenis yang populer akhir-akhir ini seperti minuman boba, es kopi susu, milk tea atau teh susu, serta masih banyak lagi. Pengaruh media sosial yang masif di antara mayoritas pengguna internet Indonesia yang merupakan kaum milenial serta generasi Z menjadikan pertumbuhan bisnis minuman kekinian melesat.

Bahkan Indonesia sendiri menjadi pangsa pasar terbesar minuman boba di Asia Tenggara. Adapun omset bisnis minuman boba di Indonesia menembus angka 1,6 miliar dolar AS pada tahun 2021, mencakup 43,7 persen total pasar minuman boba di Asia Tenggara.

Sebuah survei dilakukan oleh Populix pada Maret 2022 mengungkapkan 5 merek minuman kekinian yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Merek mana sajakah yang masuk dalam daftar?

5 merek minuman kekinian paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. Chatime

6 Resep Minuman Kekinian ala Chatime yang Rasanya Segar Banget!
Chatime | rukita.co

Peringkat pertama minuman kekinian yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia diraih oleh merek teh susu asal Taiwan yakni Chatime. Adapun sebesar 56 persen responden dalam survei Populix mengungkapkan bahwa mereka mengonsumsi Chatime pada tahun 2022.

Chatime pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2011, menyajikan berbagai minuman brewed tea khas Taiwan dengan lebih dari 50 varian rasa. Adapun varian minuman Chatime terdiri dari 6 kategori di antaranya signature milk tea, tea presso, smoothies, tearrific, coffee and latte, serta mood refresh.

Berdasarkan data pada tahun 2020, terhitung ada 389 gerai Chatime yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Mengadopsi konsep penyajian customized drink, pelanggan Chatime dapat menentukan sendiri jenis topping, takaran gula, serta jumlah es yang diinginkan.

2. Janji Jiwa

Janji Jiwa dan Oatside Hadirkan Minuman Plant Based Banana Oat Series
Janji Jiwa | Dok. Janji Jiwa

Janji Jiwa meraih posisi ke-2 dengan total raihan sebesar 38 persen responden pada tahun 2022. Kopi Janji Jiwa baru berdiri pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 telah mencetak rekor MURI pertumbuhan kedai kopi tercepat dalam 1 tahun dengan membuka 700 gerai di 50 kota berbeda.

Memiliki tagline “Kopi dari Hati”, Janji Jiwa berkomitmen untuk memperkenalkan biji kopi lokal asli Indonesia dengan membeli langsung biji kopi dari petani lokal.

Awalnya, Janji Jiwa bergerak menjual berbagai varian minuman kopi. Janji Jiwa dengan cepat berekspansi membentuk Jiwa Group yang kini menaungi 3 merek yakni Kopi Janji Jiwa, Jiwa Toast, dan Jiwa Tea.

Kini tidak hanya menjual kopi, namun Janji Jiwa merambah ke bisnis toast atau roti panggang serta teh yang memiliki beragam variasi menu untuk setiap jenis makanan atau minuman. Terhitung saat ini ada lebih dari 900 gerai Janji Jiwa yang tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia.

3. Esteh Indonesia

Netizen Pengkritik Rasa Es Teh Indonesia Minta Maaf Usai Disomasi
Esteh Indonesia | Instagram @esteh.indonesia

Posisi ke-3 diraih oleh Esteh Indonesia dengan total sebesar 38 persen responden pada tahun 2022. Seperti namanya, Esteh Indonesia berfokus pada racikan minuman teh berbagai rasa yang kekinian dan disukai oleh banyak masyarakat.

Esteh Indonesia sendiri sudah hadir sejak tahun 2018 yang didirikan oleh Haidhar Wurjanto. Namun saat ini, Nagita Slavina lah yang menjabat sebagai chief executive officer (CEO) dari Esteh Indonesia.

Per 5 September 2022, telah berdiri sebanyak 945 gerai Esteh yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Adapun rinciannya sebanyak 643 gerai (68 persen) berlokasi di Jawa sementara sisanya 302 gerai (32 persen) berada di luar Jawa.

Esteh Indonesia memiliki beragam variasi minuman teh seperti Chizu Red Velvet yang baru-baru ini menuai kritikan dari konsumen di Twitter hingga viral. Selain itu, Esteh Indonesia juga memiliki varian teh lainnya seperti Chizu Avocado, Es Teh Susu Nusantara, dan masih banyak lagi.

4. Kopi Kenangan

About — Kopi Kenangan
Kopi Kenangan | kopikenangan.com

Adapun Kopi Kenangan menempati posisi ke-4 minuman kekinian paling banyak dikonsumsi pada tahun 2022. Sebesar 31 persen responden mengungkapkan bahwa mereka kerap mengonsumsi Kopi Kenangan.

Kopi Kenangan merupakan salah satu startup asal Indonesia yang berhasil mencapai status unicorn dengan valuasi senilai 1 miliar dolar AS. Bahkan hingga lingkup Asia Tenggara, Kopi Kenangan jadi startup di bidang kuliner pertama yang berhasil meraih status unicorn.

Telah berdiri sejak tahun 2017, kini Kopi Kenangan memiliki 672 gerai yang tersebar di 45 daerah di Indonesia. Kopi kenangan menyajikan beragam varian minuman berbasis kopi, teh, hingga susu. Salah satu menu andalan di Kopi Kenangan ialah kopi kenangan mantan.

5. Haus!

Salah satu minuman yang dijual Haus! Taro egg pudding.
Haus! | Instagram @haus.indonesia

Terakhir, Haus! mengamankan posisi ke-5 minuman kekinian paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Adapun raihannya yakni sebesar 25 persen pada tahun 2022.

Resmi didirikan sejak Juni 2018, Haus! menyasar pasar segmen ekonomi menengah ke bawah dengan mematok harga terjangkau untuk setiap produknya. Saat ini Haus! telah memiliki 197 cabang outlet yang tersebar di 18 kota di Jawa dan ke depannya akan berekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Adapun beberapa menu minuman kekinian yang ditawarkan Haus! antara lain seperti Red Velvet, Cotton Candy, Thai Tea, Green Thai Tea, Ovaltine, dan sebagainya. Selain itu, Haus! juga menyediakan berbagai menu roti maryam, roti bakar, serta aneka camilan pedas.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Indonesia Jadi Negara dengan Pengikut Influencer Medsos Terbanyak
Artikel Selanjutnya Ini Dia 7 Klub Bola Legendaris Indonesia Pendiri PSSI
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook