5 Klub Sepak Bola Dunia Terpopuler di Instagram, Real Madrid Teratas

Saat ini, Real Madrid menjadi klub sepak bola dengan jumlah pengikut akun resmi terbanyak di Instagram.

5 Klub Sepak Bola Dunia Terpopuler di Instagram, Real Madrid Teratas Logo Real Madrid dalam bentuk bendera berkibar di Santiago Bernabeu | Marcos Mesa Sam Wordley/Shutterstock

Banyak orang yang mengatakan bahwa industri sepak bola pada hakikatnya hidup dari fans. Tanpa fans, sepak bola bukanlah sebuah hiburan dan tidak dapat dinikmati seutuhnya.

Oleh karena itu, banyak klub sepak bola dunia yang berusaha membangun hubungan baik dengan para fansnya lewat berbagai cara. Salah satunya adalah memberikan keterbukaan informasi seluas-luasnya melalui ragam media.

Saat ini, hampir seluruh klub dunia telah memiliki corong medianya masing-masing untuk menyampaikan segala bentuk informasi aktivitas klubnya kepada audiens, khususnya para fans.

Namun, di samping itu, klub-klub juga terus memanfaatkan keberadaan media sosial sebagai corong lain untuk menyebarkan informasi aktivitas klub lebih luas lagi. Salah satu yang ditawarkan adalah hadirnya akun resmi klub di beberapa media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, hingga Facebook.

Dilansir Bloomberg via Bisnis, Instagram saat ini memiliki 2 miliar jumlah pengguna aktif hingga Oktober 2022 lalu. Data ini secara tidak langsung mengungkapkan bahwa Instagram dapat menjadi corong yang potensial untuk menyebarkan ragam informasi, khususnya aktivitas para klub sepak bola kepada fansnya.

Saat ini, Real Madrid menjadi klub sepak bola dengan jumlah pengikut akun resmi terbanyak di Instagram. Lalu, siapa saja klub sepak bola dunia yang masuk deretan lima besar?

5 klub sepak bola terpopuler di Instagram | GoodStats

Real Madrid (134 juta)

Skuad Real Madrid saat merayakan juara Liga Champions Eropa 2018 lalu | katatonia82/Shutterstock

Klub asal Madrid, Spanyol ini menjadi klub sepak bola dengan akun Instagram terpopuler di dunia dengan jumlah 134 juta pengikut. Tak hanya pada Instagram, Real Madrid juga menjadi klub dengan akun terpopuler di Twitter dan Facebook.

Pemegang gelar terbanyak Liga Champions Eropa sepanjang masa ini memang menjadi salah satu klub sepak bola dengan sejarah yang panjang. Real Madrid telah berdiri sejak tahun 1902 dan telah mengoleksi ragam gelar dunia, mulai dari liga domestik Spanyol (La Liga) sebanyak 35 kali hingga 5 trofi Piala Dunia Antarklub.

Barcelona (118 juta)

Logo Barcelona FC dalam bentuk bendera | ph.FAB/Shutterstock

Rival tersengit Real Madrid, Barcelona menjadi klub sepak bola terpopuler kedua di Instagam dengan total pengikut 118 juta. Serupa dengan Real Madrid, klub yang berbasis di Catalunya, Spanyol ini juga memiliki jejak sejarah yang panjang.

Berdiri jauh lebih lama dari Real Madrid (1899), hingga saat ini Barcelona telah mengoleksi total 26 trofi liga domestik, 31 trofi piala domestik, 5 trofi liga Champions, dan ragam trofi bergengsi lainnya. Barcelona juga telah mengoleksi 3 trofi Piala Dunia Antarklub. Saat ini, Barca tengah dimanajeri oleh mantan pemainnya, Xavi Hernandez.

Paris Saint Germain (70 juta)

Skuad PSG saat merayakan juara Ligue 1 2022 lalu | A.Taoualit/Shutterstock

Klub yang berdomisili di ibu kota Prancis ini memiliki jumlah pengikut di Instagram sebanyak 70 juta. Sejak tahun 2010-an, pamor Paris Saint Germain memang terus meningkat seiring dengan datangnya ragam pemain bintang ke klub.

Meski hingga saat ini PSG belum mencatatkan prestasi yang signifikan di tanah Eropa, klub ini terhitung cukup bersinar di kompetisi lokalnya. Tercatat, PSG telah mengoleksi 10 gelar Ligue 1 dan 14 trofi Piala Prancis.

Saat ini, PSG tengah ditangani oleh pelatih lokal asal Marseille, Christophe Galtier. Hingga Kamis (9/3), klub yang digawangi oleh Mbappe, Messi, Neymar dkk tengah berada di posisi puncak Ligue 1 musim 22/23 dengan total poin 63.

Manchester United (61 juta)

Tulisan Manchester United di halaman Stadion Old Trafford | Richard Juilliart/Shutterstock

Klub yang baru saja meraih trofi Carabao Cup beberapa waktu lalu ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 61 juta di Instagram sekaligus mencatatkan namanya sebagai klub terpopuler di Inggris. Hampir serupa dengan Real Madrid dan Barcelona, klub ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang karena telah berdiri sejak tahun 1878.

Hingga saat ini, Manchester United telah mengoleksi 20 gelar Liga Inggris sekaligus menjadikannya sebagai klub dengan gelar liga domestik terbanyak di Inggris. Tak hanya itu, United juga telah mengoleksi 12 trofi Piala FA, 3 trofi Liga Champions Eropa, dan 1 trofi Piala Dunia Antarklub

Saat ini, klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford ini sedang ditangani oleh manajer terkemuka asal Belanda, Erik Ten Hag dan hingga Kamis (9/3) sedang menduduki posisi tiga Liga Inggris dengan total poin sebanyak 49.

Juventus (57 juta)

Skuad Juventus saat merayakan juara Serie A 2018 lalu | cristiano barni/Shutterstock

Juventus menjadi klub terpopuler kelima dengan jumlah pengikut di Instagram sebanyak 57 juta. Klub yang populer dengan nama Juve ini berbasis di kota Turin, Piemonte, Italia. Memiliki sejarah yang cukup panjang, Juventus telah berdiri sejak tahun 1897 dan mengoleksi banyak trofi.

Tercatat, Juve telah mendapatkan total 36 gelar Serie A, 14 trofi Piala Italia, dan 9 trofi Piala Super Italia. Di kancah Eropa, Juve telah mengoleksi 2 trofi Liga Champions Eropa. Saat ini, klub berjuluk La Vecchia Signora ini tengah dipimpin oleh Presiden Gianluca Ferrero dan manajer Massimilliano Allegri.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Pesepakbola Peraih Ballon d’Or Terbanyak Sepanjang Sejarah, Messi Teratas!

Melansir Transfermarkt, Lionel Messi telah meraih trofi Ballon d'Or sebanyak 7 kali. Capaian ini membuatnya menjadi pesepakbola peraih Ballon d'Or terbanyak

Serba Serbi Piala Dunia U-17 Indonesia

Setelah drama pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia, akhirnya Indonesia kembali ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook