10 Negara Dengan Pengguna Smartphone Terbanyak Di Dunia, Indonesia Masuk Daftar!

Pada tahun 2023, jumlah pengguna ponsel secara global berjumlah 7,33 miliar orang, dengan penguasaan pasar oleh Android sebesar 70,93%

10 Negara Dengan Pengguna Smartphone Terbanyak Di Dunia, Indonesia Masuk Daftar! Ilustrasi sekelompok orang memegang ponsel di sebuah meja | DisobeyArt/Shutterstock

Di era kemajuan teknologi saat ini, telepon genggam pintar atau smartphone sudah menjadi bagian penting bagi sebagian hidup masyarakat.

Smartphone kini tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dengan jangkauannya yang luas, tetapi juga berperan sebagai media pencari informasi, hiburan dan tempat penyimpanan berbagai hal penting lainnya.

Bahkan smartphone juga mulai bisa menjadi alat pengelola keuangan, pendidikan hingga penyediaan kebutuhan pribadi. 

Tak hanya itu, industri seperti pertanian, kehutanan, dan pemantauan kesehatan juga telah mengalami revolusi. Smartphone memfasilitasi pengumpulan, analisis, dan komunikasi data, yang mengarah ke pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan proses yang lebih efisien. 

Kelekatan fungsi pada kehidupan masyarakat ini, membuat Industri smartphone telah mengalami pertumbuhan dan inovasi yang luar biasa. Hal ini ditandai dengan cakupan pasar yang luas dan kemajuan teknologi yang berkelanjutan. 

Setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah negara dengan pengguna smartphone terbanyak . Menurut data terbaru dari Insider Monkey, pada tahun 2023 sebanyak 7,33 miliar orang memiliki ponsel atau smartphone, yang menghubungkan 91,40% populasi global melalui jaringan seluler.

Daftar negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak | Goodstats

Di antara dua sistem operasi smartphone, Android secara khusus menguasai 70,93% pangsa pasar smartphone global pada tahun 2023. Sementara sistem operasi iOS menguasai 28,37% pasar. 

Dilansir dari Insider Monkey, Perusahaan raksasa seperti Samsung pada  kuartal III tahun 2022, dapat menjual 64 juta unit smartphone secara global. Tren berlanjut, dengan perkiraan menunjukkan kenaikan luar biasa menjadi sekitar 270 juta unit terjual pada tahun 2023. 

Berdasarkan temuan dari World Advertising Research Center (WARC) dan data yang diberikan oleh badan perdagangan seluler GSMA, pada 2025 nanti terjadi lonjakan penggunaan smartphone akan didominasi oleh negara-negara seperti China, India, Indonesia, Nigeria, dan Pakistan, membentuk masa depan konektivitas online.

Dengan mengacu pada data Insider Monkey dan NEWZOO, berikut 10 negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia berdasarkan jumlah total pengguna smartphone di masing-masing negara. 

1. Cina

Seorang wanita sedang berjalan di kawasan Chinatown | Maridav/Shutterstock

China berada di urutan pertama sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak, mencapai 783 juta orang. Berdasarkan data Worldometers per 16 Juli 2023, jumlah penduduk China mencapai 1,425 miliar orang. Hal ini menandakan jumlah pengguna ponsel di China setara dengan 55% dari total penduduk di negara tersebut.

Merek unggulan yang terkenal di China di antaranya Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Lenovo yang menguasai pangsa pasar secara signifikan. Apple merupakan satu-satunya merek non-China utama yang mampu menguasai sekitar 20% pangsa pasar ponsel pintar 5G. Harga yang terjangkau merupakan kunci utama untuk bisa mendominasi pasar.

China saat ini tengah mendorong inovasi serta pertumbuhan teknologi 5G dengan proyeksi 1 miliar koneksi pada 2025 mendatang.

2. India

Pameran informasi dan teknologi komunikasi di Kolkata, India | arindambenerjee/Shutterstock

Mengacu pada data Worldometers, negara dengan jumlah populasi penduduknya mencapai 1,429 miliar ini memiliki jumlah pengguna smartphone sebanyak 375 juta orang. 

Merek yang mendominasi negara tempat berdirinya Taj Mahal ini antara lain Xiaomi, Samsung, Vivo, Realme, dan Apple.

Android terpilih sebagai sistem operasi terkemuka di India sebab adanya faktor keterjangkauan serta ketersediaan. Lonjakan penggunaan smartphone, khususnya di kalangan remaja, berpotensi mengubah pembelajaran dengan memberikan akses ke sumber daya pendidikan, kuliah online, dan e-book.

3. Amerika Serikat

Seorang wanita memegang ponsel di kawasan Yellowstone National Park, Amerika | GaudiLab/Shutterstock

Amerika Serikat (AS) masuk dalam daftar negara yang memiliki pengguna smartphone terbanyak di dunia dengan 252 juta pengguna. 

Berbeda dengan dua negara sebelumnya, merek smartphone yang digandrungi oleh masyarakat AS merupakan Apple, Samsung, Google, dan OnePlus. 

Merek-merek tersebut bersaing untuk menarik konsumen dengan menyediakan fitur-fitur inovatif dan pengalaman pengguna. Rata-rata, orang dewasa AS menghabiskan 2 jam 55 menit setiap hari di ponsel cerdas mereka.

4. Rusia

Seorang perempuan sedang memgang ponsel di Moscow, Rusia | Oleg Elkov/Shutterstock

Rusia merupakan negara berpenduduk 144 juta jiwa ini memiliki sekitar 92 juta orang yang menggunakan smartphone. Negara yang berbatasan dengan China ini memilih Samsung dan Apple sebagai merek yang mendominasi di negara tersebut. 

Pilihan konsumen di Rusia cenderung memprioritaskan harga smartphone dan nilai yang dirasakan. Sehingga, ponsel dengan merek China, termasuk Xiaomi dan Realme, semakin populer, menawarkan smartphone yang kaya akan fitur dengan harga bersaing.

5. Brasil

Seorang wanita dengan baju sepak bola brasil sedang menggunakan ponsel | Bernardo Emanuelle/Shutterstock

Brasil masuk dalam jajaran negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia, jumlahnya sekitar 87 juta pengguna. 

Pada kuartal II tahun 2021, pengguna ponsel di negara ini tercatat menghabiskan rata-rata 5,4 jam setiap hari di perangkat mereka. 

Dilansir dari Insider Monkey, negara dengan jumlah penduduk 216 juta ini diproyeksikan akan memimpin dengan perkembangan pasar smartphone yang mencapai 218 juta sambungan pada akhir tahun 2025 mendatang.

6. Indonesia

Seorang wanita sedang bertelepon di kawasan Malioboro | Nana Margono/Shutterstock

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, dengan jumlah 277 juta jiwa menurut worldometers per 8 Agustus 2023. Indonesia berada di posisi keenam dalam jajaran negara dengan pengguna smartphone terbanyak, mencapai 73 juta pengguna.

Jumlah ini diperkirakan akan mengalami pembengkakan menjadi 115 juta pengguna pada 2027 mendatang. Merek asal China yakni Oppo sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia, persentasenya mencapai 20,38% dari total merek smartphone yang digunakan pada tahun 2023 ini.

7. Jepang

Seorang wanita Jepang sedang mengoperasikan ponsel | mitya227/Shutterstock

Negeri matahari terbit ini tercatat memiliki jumlah pengguna smartphone sebanyak 70 juta orang. Secara stabil, Jepang menunjukkan adanya peningkatan penggunaan smartphone. 

Bahkan, dilansir dari Insider Monkey, negara ini ditaksir akan mencapai tingkat penetrasi penggunaan smartphone sebanyak 94% pada 2027 nanti.

Hal ini mencerminkan adopsi smartphone secara luas di kalangan penduduk Jepang, yang menandakan semakin pentingnya perangkat seluler dalam kehidupan sehari-hari mereka.

8. Jerman

Seorang wanita mengabadikan pemandangan menggunakan ponsel di Bundestag, Berlin | frantic00/Shutterstock

Jerman menjadi negara kedelapan yang memiliki jumlah pengguna smartphone terbanyak. Berdasarkan data Insider Monkey, terdapat sekitar 65 juta pengguna smartphone di negara yang berbatasan langsung dengan Swiss ini.

Terdapat dua merek smartphone yang paling banyak digunakan di negara ini yaitu Samsung dan Apple. Per Januari 2023, pangsa pasar Samsung di Jerman mencapai 34%, sedangkan Apple memegang pangsa pasar yang lebih tinggi yaitu 40,4%.

9. Meksiko

Seorang pria sedang melakukan swafoto di Pyramid of Cholula, Mexico | Luis Raul Torres/Shutterstock

Meksiko masuk di urutan kesembilan dalam daftar negara dengan pengguna smartphone terbanyak. Negara yang berbatasan dengan Guatemala itu, tercatat memiliki 60 juta pengguna smartphone.

Di Meksiko, sistem operasi yang paling banyak digunakan merupakan android. Sistem ini mendominasi pasar dengan jumlah penggunanya mencapai 77% per April 2023. Sementara iiOS, sistem operasi yang digunakan oleh perangkat Apple, mampu menguasai pangsa pasar sekitar 22,6%.

10. Britania Raya

Seorang wanita menggunakan ponsel di kawasan Westminster House of Parliament, London | Maridav/Shutterstock

Negara yang dipimpin oleh Raja Charles III ini memiliki jumlah pengguna smartphone mencapai 55 juta pengguna. 

Mengacu pada Insider Monkey, merek yang menguasai di negara yang berbentuk kerajaan tersebut adalah merek Samsung, dengan dominasi sebesar 30% dari seluruh pangsa pasar smartphone di tahun 2021.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Editor

Konten Terkait

Ini Dia 5 Motor Pabrikan Honda Paling Irit BBM 2024, Ada yang Mencapai 62 km/l

Lonjakan harga BBM yang tinggi membuat masyarakat harus mencari kendaraan bermotor yang irit untuk digunakan sehari-hari. Ini dia 5 motor paling irit BBM.

Awal Tahun 2024, Microsoft Masih Lebih Unggul dibanding Apple

Persaingan antara Microsoft dan Apple merupakan persaingan paling ikonik dalam sejarah industri teknologi. Tahun ini, Microsoft berhasil kembali ke puncak.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X