10 Negara dengan Kasus Pembunuhan oleh Polisi Paling Banyak di Dunia

Tidak hanya di Indonesia kasus pembunuhan oleh pihak kepolisian juga menjadi persoalan besar di beberapa negara di dunia. Siapa saja mereka?

10 Negara dengan Kasus Pembunuhan oleh Polisi Paling Banyak di Dunia Polisi amankan pendemo I bgrocker/Shutterstock

Penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J masih terus menjadi sorotan. Bahkan kini tertera beberapa nama baru yang ditetapkan menjadi tersangka.

Sebelumnya, berkas perkara terhadap lima tersangka pembunuhan berencana dan tujuh tersangka obstruction of justice atau menghalangi penyidikan kasus Brigadir J sudah tercatat lengkap atau P21 pada 28 September 2022.

Adapun terdapat lima tersangka pembunuhan berencana dalam kasus tersebut, yakni Ferdy Sambo, Bharada E atau Richard Eliezer (ajudan Ferdy Sambo), Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf (asisten keluarga Sambo), dan yang terbaru adalah Bripka RR atau Ricky Rizal (ajudan Sambo).

Tidak hanya di Indonesia kasus pembunuhan oleh pihak kepolisian juga menjadi persoalan besar di beberapa negara di dunia. Institusi yang seharusnya bertugas meredakan situasi konflik, tetapi malah menjadi tersangka bahkan berakhir dengan kematian warga sipil di tangan polisi

Survei world population review menyebut, Filipina sebagai negara dengan jumlah kasus pembunuhan polisi tertinggi di dunia. Jumlahnya mencapai lebih dari 6.069 kasus sepanjang 2016-2022. Kasus tersebut sudah mencakup laporan korban meninggal dunia pada kampanye anti narkoba di Filipina tahun 2017-2019 oleh polisi.

10 negara dengan kasus pembunuhan polisi terbanyak di dunia 2021 I GoodStats

Lalu disusul oleh Brasil 5.804 kasus pada 2019. Venezuela menjadi terbanyak ketiga 5.287 kasus pada 2018. Diperingkat lima besar juga diisi India dan Syiria dengan jumlah masing-masing 1.731 (2019) dan 1.497 (2019) kasus.

Kemudian beberapa nama di sepuluh besar merupakan negara maju dan berkembang. Beberapa di antaranya dikenal sebagai negara dengan kepemilikan senjata pribadi tertinggi.

Negara dengan kasus pembunuhan terbanyak di dunia tersebut, yakni El Salvador dengan 1.087 kasus (2017), Amerika Serikat 946 kasus (2020), Nigeria 841 kasus (2018), Afghanistan 606 kasus (2018), dan Pakistan sebayak 495 kasus (2017).

Adapun negara dengan kasus pembunuhan polisi terkecil di dunia. Beberapa negara dengan catatan nol kasus terdapat di Denmark, Islandia, dan Swiss. Maka tidak heran tiga negara tersebut masuk ke dalam daftar negara paling aman di dunia.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia Kembali ke Angka 10 tahun Lalu

Meski sempat mengalami fluktuasi, Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia pada 2023 kembali ke angka yang sama seperti 2014.

Dari Sekian Kota Besar Dunia, Udara Jakarta Paling Berpolusi

Meskipun bukan lagi hal asing, polusi udara Jakarta dan kota lain di Indonesia masih perlu menjadi perhatian.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook