10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia 2022

Amerika Serikat memiliki PDB tahun 2022 lebih dari US$ 25 triliun, menjadikannya sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, ungguli China dan Jepang

10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia 2022 Gambar mata uang dolar dan yuan berselebelahan | rustamxakim/Shutterstock

Penghitungan ekonomi suatu negara dapat menggunakan beberapa cara, salah satunya dengan berpatokan pada Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB).

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), PDB diartikan sebagai jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu. Dapat juga didefinisikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Diperkirakan, sepanjang tahun 2022 total output dunia diperkirakan di atas $100 triliun. Berdasarkan laporan United Nations (UN) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),  PDB global diperkirakan tumbuh sebesar 2,3% pada tahun 2023 dan 2,5% pada tahun 2024.

10 Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2022 | Goodstats

Dilansir dari Insider Monkey yang mengacu pada data International Monetary Fund (IMF), berikut 10 negara yang memiliki ekonomi terbesar berdasarkan GDP tahun 2022.

1. Amerika Serikat

Gambar Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat | ungvar/Shutterstock

Amerika Serikat (AS) berada di urutan teratas dalam daftar negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2022. Negara ini memiliki PDB lebih dari US$ 25 triliun pada tahun 2022 yang menyumbang hampir 24% dari output global. 

AS sendiri merupakan negara tempat bernaungnya beberapa perusahaan terbesar di dunia, seperti Apple Inc., Microsoft Corporation, dan Lockheed Martin Corporation. 

Tak heran jika beberapa negara bagian AS memiliki PDB yang lebih tinggi daripada banyak negara terbesar di dunia. Seperti California yang memiliki PDB sebesar US$ 3,5 triliun, mendekati angka India dan Jerman. 

Selain itu, kekuatan ekonomi AS juga ditopang dari mata uangnya. Dolar AS merupakan mata uang cadangan dominan dunia dengan 59% dari semua cadangan devisa di bank sentral di seluruh dunia dipertahankan dalam greenback.

2. Cina

Gerbang selatan  dari Zhongnanhai di Beijing, China | TonyV3112/Shutterstock

China mengalami kebangkitan ekonomi yang cukup progresif dalam tiga dekade terakhir sehingga negara ini menyandang status sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia. Dari data IMF mencatat bahwa ekonomi China sebesar US$18,1 triliun pada tahun 2022 berdasarkan PDB nya.

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) atau Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi China diproyeksikan meningkat dari 4,6% menjadi 5,3% untuk tahun 2023 ini. 

Mata uang yuan China tercatat sebagai uang terkuat kelima di dunia, yang memegang 3% saham sebagai mata uang cadangan global. Hingga saat ini paling tidak ada delapan negara telah memulai atau sedang mempertimbangkan untuk berdagang dengan China dalam mata uang yuan sebagai pengganti penggunaan Dolar AS ketika bertransaksi.

3. Jepang

Salah satu pintu masuk Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang | Sean Pavone/Shutterstock

Jepang merupakan ekonomi terkuat kedua di Asia setelah China dan peringkat ketiga ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2022. 

Negara yang terkenal akan makanan sushinya ini memiliki output ekonomi sebesar US$ 4,2 triliun. Pendapatan utama Jepang dari segi ekspor berasal dari sektor mobil serta peralatan elektronik. 

Pada kuartal pertama tahun 2023, Jepang tercatat telah mengalami 2,7% pertumbuhan ekonomi. Jepang mengalami pertumbuhan ekonomi melampaui proyeksi pada awal tahun yang diprediksi hanya sebesar 1,9% saja.

4. Jerman

Salah satu sisi Schloss Bellevue, Istana Kepresidenan Jerman |  PHOTOCREO Michal Bednarek/Shutterstock

Melalui perolehan PDB sebesar US$ 4 triliun, membuat Jerman menjadi negara dengan ekonomi paling kuat di Benua Eropa.  Menurut laporan Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG), sebuah perusahaan jasa profesional di bidang jasa audit, tax, dan advisory menyebut bahwa 70% PDB Jerman berasal dari sektor jasa.

Dikutip dari CNBC International, pada kuartal I tahun 2023, ekonomi Jerman menyentuh angka -0,3 %. Melansir Liputan 6, pada Juni 2023 lalu Jerman mengalami inflasi sebanyak 6,4%.

5. India 

Gerbang utama Rashtrapati Bhavan, Istana Kepresidenan di New Delhi, India |  Efired/Shutterstock

Berdasarkan PDB tahun 2022, India berada di urutan kelima dalam jajaran negara dengan ekonomi terbesar di dunia, dengan PDB sebesar US$3,4 triliun.

Negara yang terletak di Asia Selatan ini tengah melakukan percepatan untuk mengejar China sebagai negara Supremasi di Asia.Tak hanya ekonomi, kedua negara ini juga bersaing dalam hal jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Meski masuk dalam daftar negara dengan ekonomi terbesar di dunia, PDB per kapita di India tergolong sangat rendah dengan sebagian besar penduduknya hidup dalam kemiskinan yang parah.

6. Britania Raya

Salah satu sudut Istana Buckingham di London, Inggris | Lukasz Pajor/Shutterstock

United Kingdom atau Britania Raya merupakan sebuah kepulauan yang berada di lepas pantai barat laut Eropa. Negara yang saat ini dipimpin oleh Raja Charles III ini memiliki PDB sebanyak US$ 3 triliun pada 2022 dan masuk dalam daftar negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada urutan keenam.

Dilansir dari Insider monkey, Britania Raya saat ini negara tengah menghadapi salah satu krisis energi serta permasalahan pada biaya hidup yang memburuk. Selain itu munculnya ketidakstabilan politik, dilihat dari  tiga perdana menteri berbeda menjabat sepanjang tahun 2022 nyatanya tidak membantu memberi kepercayaan publik serta investor yang sangat penting bagi kestabilan ekonomi.

7. Prancis

Gerbang Istana Presidensial Elysee di Paris, Prancis | Victor Velter/Shutterstock

Pada tahun 2022 Prancis memperoleh PDB sebanyak US$ 2,7 triliun dan berhasil menempati peringkat ketujuh sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia berdasarkan PDB 2022. 

PDB Prancis tumbuh sebanyak 2,6% yang ditopang dari efek carryover yang substansial dari tahun 2021. Harga energi yang tinggi menyebabkan ekonomi melambat pada paruh kedua tahun ini dan diperkirakan akan tetap lemah pada tahun 2023 juga. Insider Monkey menyebut, tingkat pertumbuhan PDB Prancis yang diproyeksikan untuk tahun ini sebesar 0,7% saja.

8. Rusia

Penampakan Grand Kremlin Palace di Moscow, Rusia | Shchipkova Elena/Shutterstock

Negara yang beribukota di Moskow ini pada tahun 2022 berhasil mencetak perolehan PDB sebanyak US$ 2,2 triliun.

Meski masuk di urutan kedelapan sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, rupanya Rusia mengalami kondisi ekonomi yang cukup buruk pada tahun lalu. Hal ini merupakan dampak dari pemberian sanksi dari negara-negara barat usai meletusnya perang antara Rusia Ukraina pada awal tahun lalu.

Pada 2022 perolehan PDB Rusia tercatat menurun sebanyak 2,1%. Kendati demikian, dengan kepemilikan sumber daya minyak dan gas alam yang sangat besar itu, membuat Rusia masih masuk dalam daftar negara dengan ekonomi terkuat.

9. Kanada

Tempat tinggal Perdana Menteri Kanada di Ottawa Ontario | meunierd/Shutterstock

Kanada memiliki ekonomi yang sangat maju dengan total PDB sebesar $2,1 triliun pada tahun 2022. Ekspor utama negara tersebut berasal dari emas, kayu, dan minyak mentah. 

Sebanyak 75% perdagangan negara ini terjalin dengan negara tetangganya, yakni Amerika Serikat. Kanada memiliki mata uang bernama Dolar Kanada yang merupakan mata uang ketujuh yang paling banyak diperdagangkan di dunia dengan volume perdagangan valas harian lebih dari $460 miliar.

10. Italia

Tempat Tinggal Presiden Italia yakni Istana Quirinal di Roma | travelview/Shutterstock

Di peringkat sepuluh, ada negara Italia yang terletak di Benua Eropa. Negara tetangga Swiss ini sepanjang tahun 2022 tercatat memiliki PDB sebanyak US$ 2 triliun.

Perekonomian di negara ini tercatat tumbuh sebesar 3,9% karena adanya peningkatan permintaan domestik untuk barang dan jasa. Selain itu dengan adanya kebangkitan kembali pariwisata Italia pasca pandemi covid-19 juga turut memberikan dorongan bagi perekonomian di negara tersebut.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Lebih dari 100 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia

Beberapa jemaah meninggal dunia akibat kondisi fisik yang tidak kuat menghadapi cuaca ekstrem dan aktivitas fisik yang intens.

10 Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Tertinggi

Korea Selatan menjadi negara dengan tingkat operasi plastik tertinggi di dunia, mencerminkan kuatnya budaya K-beauty akhir-akhir ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X