10 Aglomerasi Urban Terbesar di Dunia pada Tahun 2022

Aglomerasi urban adalah kumpulan wilayah yang tergabung menjadi sebuah daerah metropolitan. Berikut adalah 10 aglomerasi urban terbesar di dunia.

10 Aglomerasi Urban Terbesar di Dunia pada Tahun 2022 Jakarta, bagian dari sebuah aglomerasi urban | Joko SL/Shutterstock

Aglomerasi urban merupakan wilayah geografis yang terdiri dari beberapa kota atau daerah metropolitan yang saling terhubung dan terpadu satu sama lain, biasanya di sekitar daerah metropolitan utama. Aglomerasi urban terdiri dari satu atau lebih kota dan daerah metropolitan yang terintegrasi dengannya.

Adanya sebuah aglomerasi urban biasanya ditandai oleh tingkat urbanisasi, kepadatan penduduk, serta pertumbuhan ekonomi yang meningkat cepat. Hal ini ditandai oleh pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang lebih tinggi di daerah aglomerasi ketimbang di daerah lainnya. Aglomerasi urban sering dianggap sebagai pusat-pusat keuangan, bisnis, dan budaya yang penting di dunia.

Contoh aglomerasi urban yang terkenal di dunia meliputi Tokyo-Yokohama di Jepang, New York City di Amerika Serikat, dan Jakarta di Indonesia. Aglomerasi urban di atas terkenal karena ukuran dan pertumbuhan ekonomi yang besar, serta posisi mereka sebagai pusat-pusat keuangan, bisnis, dan budaya yang penting di dunia. Di bawah ini adalah daftar 10 aglomerasi urban terbesar di dunia berdasarkan dari jumlah populasinya, dilansir dari statista.

10 aglomerasi urban dengan populasi terbanyak di tahun 2022 | GoodStats

1. Tokyo-Yokohama, Jepang, 37,73 juta penduduk

Tokyo-Yokohama adalah aglomerasi urban terbesar di dunia dan mencakup wilayah metropolitan kota Tokyo dan Yokohama. Lebih dari 37 juta orang tinggal di daerah ini. Kota Tokyo merupakan ibu kota Jepang dan pusat keuangan Jepang. Sedangkan Yokohama merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Jepang. Aglomerasi ini merupakan tujuan wisata terpopuler di Jepang yang menawarkan berbagai macam pengalaman bagi wisatawan.

2. Jakarta, Indonesia, 33,75 juta penduduk

Jakarta menduduki peringkat kedua. Aglomerasi urban ini terdiri dari kota Jakarta dan sekitarnya. Jakarta adalah ibu kota Indonesia untuk saat ini dan merupakan salah satu kota terbesar di dunia. Wilayah ini merupakan pusat bisnis, industri, dan budaya Indonesia, serta menjadi salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia dengan lebih dari 33 juta penduduk.

4. Delhi, India, 32,22 juta penduduk

Peringkat ketiga diduduki oleh aglomerasi urban Delhi, wilayah metropolitan yang terdiri dari kota Delhi dan sekitarnya di India. Wilayah ini adalah aglomerasi urban terbesar ketiga di dunia. New Delhi yang berada di dalamnya adalah ibu kota India. Aglomerasi ini menjadi pusat bisnis, industri, dan budaya India. Aglomerasi Delhi juga merupakan salah satu tujuan wisata populer di India dan menjadi tempat tinggal dari 32,2 juta penduduk..

5. Guangzhou-Foshan, China, 26,94 juta penduduk

Aglomerasi urban Guangzhou-Foshan adalah wilayah metropolitan yang terdiri dari kota Guangzhou dan Foshan di China. Aglomerasi ini merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia dengan lebih dari 26 juta penduduk, menempatkannya di peringkat keempat. 

Kota Guangzhou sendiri adalah ibu kota Provinsi Guangdong, China. Kota ini merupakan pusat bisnis, industri, budaya, serta salah satu pusat keuangan terbesar di China. Kota Foshan yang menjadi kota terbesar kedua di aglomerasi ini juga adalah kota industri. 

6. Mumbai, India, 24,97 juta penduduk

Mumbai adalah kota berpenduduk padat di pantai barat India. Berperan sebagai pusat keuangan dan budaya, aglomerasi ini merupakan yang kedua terbesar di India. Kota yang juga terkenal sebagai jantung industri film Bollywood ini memiliki 24 juta lebih penduduk, menempatkannya  di peringkat kelima.

7. Manila, Filipina, 24,92 juta penduduk

Manila menempati peringkat keenam dan merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Filipina, yang berlokasi di pulau Luzon. Wilayah aglomerasi ini dikenal sebagai salah satu wilayah terpadat di dunia, dan merupakan pusat kegiatan ekonomi, politik, dan budaya di Filipina. Wilayah aglomerasi urban ini memiliki 24 juta lebih penduduk.

8. Shanghai, China, 24,07 juta penduduk

Aglomerasi urban sekaligus kota Shanghai terletak di timur China, dan adalah kota terbesar di negara itu serta berperan sebagai pusat keuangan global. Kota yang terletak di muara selatan Sungai Yangtze, ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 24,89 juta jiwa, menempatkannya pada peringkat ketujuh.

9. São Paulo, Brasil, 23,08 juta penduduk

São Paulo, pusat keuangan Brasil yang dinamis, adalah salah satu aglomerasi urban terpadat di dunia, dengan banyak institusi budaya dan tradisi arsitektur yang kaya. Wilayah yang dipadati 23 juta lebih penduduk ini menempati posisi kedelapan.

10. Seoul-Incheon, Korea Selatan, 23,01 juta penduduk

Seoul-Incheon ada di peringkat kesembilan dengan 23 juta penduduk. Aglomerasi urban ini terletak di timur laut semenanjung Korea. Seoul adalah pusat bisnis, industri, teknologi, budaya, sekaligus ibukota Korea Selatan, dan merupakan rumah bagi banyak perusahaan multinasional. Sedangkan Incheon memiliki bandara terbesar dan pelabuhan terbesar kedua Korea Selatan.

Kota Meksiko, Meksiko, 21,80 juta penduduk

Kota Meksiko atau Ciudad de México, merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Meksiko. Ciudad de México merupakan kota berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Wilayah Kota Meksiko dan sekitarnya adalah pusat ekonomi dan kebudayaan Meksiko. Kota ini telah didirikan sejak zaman kerajaan Aztec kuno dan kini merupakan tempat tinggal untuk 21,8 juta orang.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X