Wow, Asinan Masuk ke Dalam Hidangan Salad Terbaik 2023 Versi TasteAtlas!

Melansir laman TasteAtlas, asinan dinobatkan sebagai hidangan salad mentimun terlezat nomor empat di dunia pada 2023

Wow, Asinan Masuk ke Dalam Hidangan Salad Terbaik 2023 Versi TasteAtlas! Ilustrasi hidangan salad | Timolina/Freepik

Siapa yang tidak tahu salad? Salad merupakan hidangan segar yang biasanya menjadi penutup usai menyantap makanan. Hidangan ini juga sudah menjadi salah satu menu andalan ketika menjalani program diet.

Salad umumnya terdiri dari berbagai macam bahan, mulai dari sayuran, buah-buahan, protein, dan saus. Proses membuatnya pun terbilang cukup simpel. Maka dari itu, salad menjadi pilihan yang sempurna sebagai santapan sehat.

Salah satu diantara sajian salad yang populer adalah salad mentimun. Harganya yang terjangkau dan bahannya yang mudah didapat menjadi dua dari banyaknya alasan di balik mengapa banyak orang menyukai salad mentimun.

Setiap negara tentunya memiliki keunikan tersendiri dalam meracik saladnya, yang menghasilkan cita rasa dan kombinasi berbeda. Platform panduan wisata gastronomi TasteAtlas baru-baru ini merilis daftar hidangan salad mentimun terlezat di dunia 2023. 

Adapun, asinan berhasil masuk dalam daftar dengan meraih skor sebesar 4,0 poin dan menempatkannya di peringkat ke-4. Selengkapnya, berikut daftarnya.

1. Snezhanka Salata

Hidangan snezhanka salata asal Bulgaria | TasteAtlas

Hidangan asal Bulgaria ini menempati urutan pertama sebagai salad mentimun terbaik versi TasteAtlas dengan skor sebesar 4,4 poin. Memiliki warna yang dominan putih, salad yang dinamai sebagai Snzhanka ini memiliki arti 'Putri Salju'.

"Salad ini merupakan hidangan menyegarkan yang dibuat dari bahan utama mentimun, bawang putih, adas manis, minyak, garam, dan yogurt yang disaring untuk membuatnya lebih kental," tulis TasteAtlas.

2. Mizeria

Sajian salad khas Polandia, Mizeria | The Spruce Eats

Berikutnya, ada hidangan khas Polandia yang dinamakan Mizeria dengan skor 4,3 poin. Sajian salad satu ini dibuat dari mentimun yang diiris tipis, dibumbui dengan garam dan merica, lalu dicampur dengan yogurt. Kemudian, dimasukkan salah satu bumbu favorit yang biasa digunakan dalam masakan ala Polandia, yaitu adas segar cincang.

Mengutip TasteAtlas, hidangan ini umumnya dikonsumsi selama musim panas, namun orang Polandia juga biasa menyantapnya setiap waktu, bahkan ketika mentimun belum memasuki musim panen. Mizeria merupakan pelengkap sempurna untuk hidangan berat, seperti daging ataupun nasi dan kentang.

3. Sunomono

Hidangan sunomono, salad mentimun asal Jepang | The Spruce Eats

Salad mentimun khas Jepang, sunomono menempati posisi ketiga dalam daftar salad terbaik 2023 dan mendapatkan skor 4,3 poin. Di negara asalnya, banyak orang yang suka menyajikan dan menyantap hidangan ini sebagai makanan pembuka karena pembuatannya yang mudah.

Bahan dasarnya adalah mentimun yang direndam dengan cuka dan kecap. Selain mentimun yang diiris tipis, penyajian salad ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai bahan lain, seperti potongan rumput laut ataupun biji wijen. Sajian ini paling nikmat disantap setelah didiamkan semalaman di kulkas.

4. Asinan

Potret hidangan asinan | Instagram: @hana_friyantii

Asinan merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang populer. Asinan adalah hidangan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui rendaman garam dan cuka). Selain sayuran, bahan yang biasa dijadikan asinan juga umumnya adalah buah-buahan. 

Melansir TasteAtlas, hidangan satu ini meraih skor 4,0 poin dan menempati posisi keempat setelah hidangan Sunomono khas Jepang. Asinan memiliki banyak ragam, namun di Indonesia yang paling terkenal adalah asinan Betawi dan asinan Bogor.

5. Agurksalat

Sajian agurksalat khas Norwegia | Norsk Tradisjonsmat

Hidangan salad mentimun tradisional khas Norwegia ini menduduki posisi kelima dalam daftar sajian salad terbaik 2023 dengan skor 3,9 poin. Sajian menyegarkan ini sangat populer ketika musim panas. Agurksalat sendiri memiliki banyak variasi, dan pada umumnya dibuat dengan irisan mentimun, air, gula, garam, lada putih, peterseli, dan cuka anggur putih.

"Jika disiapkan dengan tepat, maka saladnya akan renyah dan memiliki keseimbangan asam dan asin yang baik dengan sedikit rasa manis dari gula," tulis TasteAtlas dalam laporannya.

6. Salată de castraveți

Sajian salată de castraveți | Flickr

Menyusul Agurksalat, Salată de castraveți menempati urutan keenam dalam daftar hidangan salad mentimun terlezat di dunia. Salad ini merupakan hidangan tradisional dari Rumania yang biasanya disajikan selama musim panas. Sajian ini bisa dimakan sendiri/langsung atau bisa juga disantap sebagai menu pelengkap steak dan ikan.

"Biasanya, Salată de castraveți dibuat dari kombinasi mentimun segar yang diiris tipis-tipis, bawang bombay, minyak zaitun, garam, tarragon, dan cuka sari apel," jelas TasteAtlas.

7. Shirazi Salad

Shirazi salad, hidangan salad mentimun populer asal Iran 

Selanjutnya, di peringkat tujuh ada hidangan populer khas Iran yang mendapatkan skor 3,8 poin. Adapun, nama dari hidangan ini diambil dari sebuah wilayah di Iran bagian selatan. Hidangan ini biasa disajikan saat musim panas, dan disantap sebagai lauk.

"Salad ini terbuat dari mentimun, tomat, bawang bombay, dan jus lemon atau jeruk nipis. Kemudian, ditambahkan daun mint kering dan paprika hijau untuk meningkatkan tekstur dan cita rasa," papar TasteAtlas.

8. Srpska Salad

Foto hidangan srpska salad | TasteAtlas

Srpska salad atau Serbian salad merupakan variasi dari salad shopka ala Bulgaria yang terkenal. Salad yang terbuat dari mentimun, tomat, paprika, dan bawang bombay ini menempati peringkat ke-8 dalam daftar dengan skor senilai 3,7 poin. Hidangan ini sangat populer di musim panas karena rasanya yang menyegarkan.

"Seluruh bahan sayuran tersebut dicampur menjadi satu lalu dibumbui dengan garam dan merica, serta minyak dan cuka sebelum dikonsumsi," kata TasteAtlas.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X