Update Ranking BWF: Ginting Naik ke Peringkat 3 Kategori Men’s Singles

Anthony Ginting berhasil meraih peringkat 3 pada BWF World Rankings tunggal putra, sementara Jonathan Christie menyusul di peringkat 5 setelah naik 4 peringkat.

Update Ranking BWF: Ginting Naik ke Peringkat 3 Kategori Men’s Singles Potret Anthony Ginting dan Viktor Axelsen | Rui Vieira

Federasi bulu tangkis dunia atau Badminton World Federation (BWF) kembali merilis ranking ranking BWF terbaru bagi para pebulu tangkis pada Selasa (19/3/2024).

Peringkat BWF ini dirilis setelah turnamen All England 2024 berakhir pada 17 Maret 2024. Dengan demikian, kalender BWF World Tour 2024 telah memutar 8 turnamen pada tahun ini, termasuk All England 2024.

Salah satu atlet yang mengalami peningkatan peringkat yang signifikan di kategori tunggal putra adalah Jonatan Cristie atau yang kerap disapa Jojo. Jojo berhasil menempati ranking 5 se-dunia naik 4 peringkat setelah memenangkan juara tunggal putra di All England 2024.

Selain Jojo, Anthony Sinisuka Ginting atau yang kerap disapa Ginting juga berhasil menempati ranking 3 se-dunia setelah naik 2 peringkat kategori tunggal putra. Atlet lain juga tidak kalah jauh di mana hampir pada semua kategori, Indonesia berhasil mengamankan posisi pada peringkat 10 besar. Hal ini menunjukkan bahwa atlet bulu tangkis Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional. 

Berikut adalah top 10 ranking pemain bulu tangkis di dunia berdasarkan kategori yang dirilis oleh BWF:

Tunggal Putra (Men's Singles) dan Tunggal Putri (Women's Singles)

Pada kategori tunggal putra, peringkat 1 masih ditempati oleh Viktor Axelsen (Denmark) dengan poin 98,715. Viktor berhasil mengamankan posisi sebagai nomor 1 dunia selama sekitar lebih dari 100 pekan. Peringkat 2 ditempati oleh Shi Yuqi (China) dengan poin 90.984. Viktor dan Shi Yuqi masih mempertahankan peringkat mereka meskipun kalah di perempat final pada All England 2024. Di sisi lain, atlet Indonesia Jojo dan Ginting berhasil menempati peringkat 5 dan 3 setelah memenangkan juara dan runner up di All England 2024.

Untuk kategori tunggal putri, An Seyoung (Korea Selatan) dan Chen Yufei (China) berhasil mempertahankan peringkat 1 dan 2 dengan poin masing-masing 112,314 dan 100,796. Sementara itu, pemenang All England 2024 Carolina Marin (Spanyol) berhasil menempati peringkat 5 dengan poin 90,006. Lalu, satu-satunya atlet Indonesia yang berhasil menempati peringkat 10 teratas adalah Gregoria Mariska Tunjung. Ia berhasil menempati peringkat 8 setelah turun 1 peringkat dengan poin 72,800.

Ganda Putra (Men's Doubles) dan Ganda Putri (Women's Doubles)

Untuk kategori ganda putra, pasangan Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty (India) berhrasil menempati peringkat 1 dengan poin 102,303 di ikuti oleh pasangan Kang Min-hyuk dan Seo Seung-jae (Korea Selatan) dengan poin 97,261. Indonesia sendiri berhasil menempati dua posisi pada kategori ini yaitu oleh pasangan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto pada peringkat 7 dan pasangan Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana pada peringkat 9.

Sedangkan, untuk kategori ganda putri, pasangan Chen Qingchen dan Jia Yifan (China) berhasil menempati peringkat 1 dengan poin 111,954. Pasangan Baek Ha-na dan Lee So-Hee (Korea Selatan) yang merupakan pemenang All England 2024 berhasil mengamankan peringkat 2 dengan poin 100,350. Pasangan Indonesia yaitu Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhani berhasil menempati peringkat 9 dengan poin 73,293.

Ganda Campuran (Mixed Doubles)

Sementara itu, untuk kategori ganda campuran, pasangan Zheng Siwei dan huang Yaqiong (China) berhasil menempati peringkat 1 dengan poin 111,456. Sayangnya, Indonesia tidak berhasil memasuki 10 besar pada kategori ini. Pasangan Dejan Ferdiansyah dan gloria Emanuelle Widjaja menempati peringkat 16 setelah naik 3 peringkat.

Pencapaian-pencapaian ini mencerminkan komitmen dan dedikasi yang tinggi dari atlet bulu tangkis Indonesia. Keberhasilan ini juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki bakat-bakat muda yang cerah dan berpotensi menjadi pemain terbaik di dunia.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Cek Data Lengkap Nominal Hadiah Seluruh Pebulutangkis RI di All England 2024

Setidaknya 10 pemain tunggal dan ganda Indonesia peroleh hadiah dari All England 2024, dengan nominal maksimal Rp1,5 miliar. Pihak Inggris mengenakan pajak 20%.

All Indonesian Final Terwujud, Ginting Versus Jojo di All England 2024!

Indonesia dipastikan menyabet gelar juara tunggal putra All England 2024, setelah kosong selama 30 tahun. Hadiah sebesar US$91.000 menanti mereka.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X