Topik yang Sering Didiskusikan Masyarakat Jelang Idulfitri

Menjelang Idul Fitri tahun 2022, terdapat sejumlah topik yang hangat dibicarakan di tengah masyarakat khususnya umat muslim di Indonesia.

Topik yang Sering Didiskusikan Masyarakat Jelang Idulfitri Ilustrasi silaturahmi dan berbincang dengan keluarga saat Idul Fitri | Odua Images/Shutterstock

Saat bulan Ramadhan, umat muslim di Indonesia memiliki beragam aktivitas maupun kebiasaan tertentu yang dilakukan. Begitu juga dengan ragam topik diskusi saat bulan Ramadhan yang memiliki ciri khas dan berbeda dibanding biasanya.

Hasil survei Jakpat pada tanggal minggu ke-3 bulan Ramadhan yakni tanggal 19 hingga 21 April 2022 terhadap 1.042 umat muslim di Indonesia mengungkapkan bahwa kuliner menjadi topik paling menarik yang dibicarakan oleh masyarakat saat bulan Ramadhan tahun 2022. Adapun persentasenya mencapai 43 persen.

Topik paling sering didiskusikan masyarakat Indonesia saat Ramadhan minggu ke-3 tahun 2022 | GoodStats

Topik hiburan menempati posisi ke-2 dengan selisih persentase tipis yakni sebesar 42 persen dan diikuti topik religius di posisi ke-3 dengan persentase sebesar 41 persen.

Selain itu, terdapat beberapa topik spesial terkait Ramadhan yang sering didiskusikan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2022 ini. Topik-topik tersebut di antaranya informasi mudik (38 persen), fesyen (30 persen), dan perjalanan (28 persen).

Ketiga topik spesial ini mengalami peningkatan yang signifikan pada minggu ke-3 Ramadhan tahun 2022 dibandingkan dengan 2 minggu sebelumnya. Topik mudik mengalami peningkatan sebesar 10 persen pada minggu ke-3 dibandingkan saat minggu ke-2 yang memiliki persentase sebesar 28 persen.

Tren topik spesial Ramadhan tahun 2022 minggu ke-1 sampai 3 | GoodStats

Sementara itu, topik fesyen mengalami peningkatan sebesar 3 persen dan topik perjalanan mengalami peningkatan sebesar 6 persen bila dibandingkan minggu sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh Idulfitri yang akan berlangsung dalam waktu dekat, di mana hal ini identik dengan aktivitas perjalanan mudik serta membeli baju baru.

Di sisi lain, berbagai topik lainnya yang sering didiskusikan saat Ramadhan 2022 yakni informasi atau berita terbaru, keuangan dan investasi, pola asuh dan keluarga, gaya hidup, pandemi Covid-19, dan masih banyak lagi.

Topik mengenai selebriti menempati posisi terakhir dalam survei ini dengan raihan persentase sebesar 17 persen.

Adapun mayoritas responden dalam survei ini merupakan karyawan dengan persentase sebesar 30 persen, diikuti oleh pelajar dengan persentase 19 persen, pengusaha 16 persen, ibu rumah tangga 11 persen, pekerja lepas atau pengemudi ojek online 10 persen, dan lainnya sebesar 14 persen.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Apa Jenis Minuman Favorit Masyarakat Indonesia di Tahun 2022?
Artikel Selanjutnya Beli Twitter, Berapa Jumlah Kekayaan Bersih Elon Musk?
Konten Terkait