Tokopedia Kuasai Takhta Marketplace di Indonesia

Tokopedia berhasil menjajaki peringkat pertama eCommerce lokal yang paling sering dikunjungi sepanjang 2021 dengan 158,1 juta pengunjung situs setiap bulannya.

Tokopedia Kuasai Takhta Marketplace di Indonesia Ilustrasi aplikasi tokopedia | (Kumamoto)/Shutterstock

Lokapasar online di Indonesia kini tengah bersaing ketat memperebutkan posisi terbaik menarik minat konsumen semenjak pengalihan budaya digitalisasi di era pandemi Covid-19. Para pemilik eCommerce memberikan pembaruan terbaru demi kenyamanan berbelanja daring.

Merujuk data dari laporan Iprice, situs pembanding harga belanja daring untuk Asia Tenggara yang kembali memperbarui data Peta eCommerce untuk kuartal ketiga (Q3) 2021 dengan merangkum data mengenai perkembangan eCommerce selama trimester ini.

Laporan tersebut menunjukkan, Tokopedia berada di peringkat pertama sekaligus menjadi penguasa takhta marketplace di Tanah Air. Website Tokopedia tercatat menjadi yang paling banyak dikunjungi dengan 158,1 juta kunjungan atau naik 7 persen dari kuartal sebelumnya yang sebanyak 147,8 juta kunjungan.

Sementara Shopee, salah satu aplikasi eCommerce regional yang beroperasi di hampir seluruh negara di Asia Tenggara, dengan 13,4 juta pengunjung per bulan. Dikutip dari databoks kunjungan situs Shopee naik 5,8 persen dari kuartal II 2021 sebanyak 127 kunjungan

Lalu posisi ketiga ditempati Bukalapak dengan jumlah 30,1 juta kunjungan website perbulan pada kuartal III 2021, naik 2,3 persen dari kuartal sebelumnya.

Kemudian di peringkat selanjutnya oleh aplikasi Lazada dengan 28 juta kunjungan. Naik 1 persen dari kuartal sebelumnya sebanyak 27,7 kunjungan. Diikuti aplikasi Blibli pada peringkat kelima dengan 16,3 juta kunjungan setiap bulannya.

eCommerce lokal Tokopedia berhasil mendominasi sebagai eCommerce dengan jumlah pengunjung website bulanan tertinggi sejak Q1 2021. Merger yang dilakukan Tokopedia dengan perusahaan transportasi online Gojek pada awal tahun 2021 rupanya menunjukkan keberuntungan terhadap peningkatan traffic website Tokopedia.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Editor

Konten Terkait

Deretan Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia, Pernah Belanja di Sini?

Bisnis e-commerce semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Lantas, perusahaan e-commerce mana yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar?

Shopee, Platform Pilihan UMKM untuk Jualan Online

Berdasarkan riset INDEF, Shopee merajai daftar platform yang sering digunakan pelaku UMKM untuk berjualan online dengan persentase sebesar 36,22%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X