GoodStats
Pencarian
Masuk

Soal Kebebasan Pers, Timor Leste Jauh Lebih Unggul dari Indonesia

Sebuah organisasi bernama Reporters Without Borders mencatat bahwa tingkat kebebasan pers di negara-negara Asia Tenggara cenderung berada dalam kategori sulit.

Soal Kebebasan Pers, Timor Leste Jauh Lebih Unggul dari Indonesia Ilustrasi wartawan | wellphoto/Shutterstock

Reporters Without Borders, sebuah organisasi non pemerintah internasional yang melakukan penelitian serta mendukung kebebasan pers telah merilis laporan World Press Freedom Index pada tahun 2022.

Laporan ini memuat penilaian terhadap keadaan jurnalisme di 180 negara. Hasilnya hanya 8 negara yang memiliki indeks kebebasan pers pada taraf baik. Sementara itu, satu tingkat di bawahnya yakni situasi memuaskan diraih oleh 40 negara.

Sebanyak 62 negara berada pada status kebebasan pers yang problematik, kemudian 42 negara berada dalam taraf sulit, serta 28 negara dalam situasi yang sangat serius.

Adapun skor indeks kebebasan pers yang baik berada pada rentang 85 hingga 100 poin, kemudian skor 70 – 85 poin memandakan kebebasan pers pada tingkat memuaskan, 55 – 70 poin berada pada tingkat problematik, 40 - 55 poin pada tingkat sulit, dan skor 0 – 40 poin pada tingkat sangat serius.

Tingkat kebebasan pers negara di Asia Tenggara tahun 2022 | GoodStats

Menilik tingkat kebebasan pers di Asia Tenggara, Timor Leste mencatatkan skor indeks kebebasan pers tertinggi pada tahun 2022. Adapun skor indeks kebebasan pers di Timor Leste ialah sebesar 81,89 poin dan berada pada status memuaskan atau satisfactory. Pada peringkat global, Timor Leste tercatat berada di posisi ke-17 dari 180 negara.

Angka tersebut jauh mengungguli Indonesia yang hanya mencatatkan skor 49,27 poin atau masuk dalam kategori sulit. Pun pada peringkat global, Indonesia berada di posisi ke-117, selisih 100 tingkat dari Timor Leste.

Untuk negara-negara Asia Tenggara lain, Malaysia menempati posisi ke-2 dengan skor 51,55. Thailand berada di posisi ke-3 dengan skor 50,15 poin. Angka ini menunjukkan tingkat kebebasan pers kedua negara tersebut berada pada situasi yang sulit.

Posisi ke-5 diraih oleh Singapura dengan 44,23 poin. Secara berurutan posisi ke-6 hingga ke-11 diraih oleh Kamboja (43,48), Brunei Darussalam (42,53), Filipina (41,84), Laos (36,64), Vietnam (26,11), dan Myanmar (25,03).

Adapun 3 negara di Asia Tenggara yakni Laos, Vietnam, dan Myanmar mencatatkan raihan skor indeks kebebasan pers dalam kategori sangat serius. Indeks kebebasan pers tertinggi di dunia diraih oleh Norwegia dengan skor sebesar 92,65 poin pada tahun 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengintip Kebiasaan Masyarakat Indonesia Gunakan Bank Digital
Artikel Selanjutnya Tingkat Literasi Penduduk Negara Asia Tenggara
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook