Terpampang di Times Square, Inilah Musisi Perempuan Inspiratif Indonesia dalam Kampanye EQUAL Spotify

Sebagai bentuk dukungan dalam menyuarakan kesetaraan perempuan dalam industri musik, Spotify meluncurkan kampanye bertajuk EQUAL pada 8 Maret 2021.

Terpampang di Times Square, Inilah Musisi Perempuan Inspiratif Indonesia dalam Kampanye EQUAL Spotify Potret Ramengvrl dalam kampanye EQUAL Spotify di Times Square New York | Instagram @ramengvrl

Spotify, salah satu layanan music streaming online meluncurkan kampanye bertajuk Spotify EQUAL Campaign dalam rangka memperingati International Women’s Day pada 8 Maret 2021 lalu. Kampanye ini ditujukan untuk mendukung kesetaraan perempuan dalam hal kontribusi di bidang musik.

Studi USC Annenberg yang didanai oleh Spotify mengungkapkan bahwa hanya 1 dari 5 artis yang berada di tangga lagu merupakan perempuan. Padahal, tidak sedikit musisi serta kreator perempuan membawa dampak besar bagi industri musik di dunia.

Oleh karena itu kampanye EQUAL diluncurkan dalam beberapa program agar karya dari musisi dan kreator perempuan dapat lebih dikenal secara global. Dilansir dari Spotify Newsroom, kampanye EQUAL terdiri dari beberapa program seperti kerjasama, aktivasi, serta dukungan on and off platform di tingkat lokal, regional, hingga internasional.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi dalam kampanye EQUAL dan setiap bulannya menunjuk salah seorang musisi perempuan inspiratif sebagai Spotify EQUAL Artist of the Month. Musisi yang terpilih berkesempatan menjadi sampul playlist EQUAL di Spotify serta wajahnya terpampang dalam kampanye EQUAL di billboard Times Square New York.

Sejauh ini, 10 wajah musisi perempuan Indonesia telah terpampang di billboard Times Square New York. Berikut merupakan daftar musisi perempuan inspiratif Indonesia yang berhasil menjadi representasi Indonesia dalam kampanye EQUAL milik Spotify.

1. Nadin Amizah

Nadin Amizah menjadi perempuan pertama yang mewakili Indonesia dalam kampanye EQUAL. Pada bulan Mei 2021, wajah Nadin Amizah terpampang dalam billboard Times Square New York sebagai bentuk dari promosi kampanye EQUAL.

Nadin mulai dikenal publik saat berkolaborasi dengan Dipha Barus dalam lagu berjudul All Good pada 2017 silam. Kala itu, Nadin masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Ia kemudian merilis beberapa single seperti Rumpang, Amin Paling Serius, Seperti Tulang, dan pada 2020 lahir album perdananya yang diberi nama Selamat Ulang Tahun.

Pelantun lagu Bertaut ini mengaku bahagia saat terpilih sebagai representasi Indonesia dalam kampanye tersebut. Lebih lanjut, ia mengungkapkan, “Memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan dalam bermusik merupakan isu yang sangat penting karena terkadang kita hanya dinilai dari penampilan fisik kita, ketimbang dari kemampuan kita menciptakan musik yang dikenang dan bertahan lama.”

Kini Nadin Amizah memiliki sekitar 2,14 juta pendengar bulanan di Spotify per tanggal 9 Maret 2022 dengan lagu terpopulernya Bertaut yang berhasil menyentuh 103,15 juta pendengar.

2. NIKI

Bulan berikutnya tepatnya pada Juni 2021, Nicole Zefanya yang lebih dikenal dengan nama panggung NIKI terpilih sebagai Spotify EQUAL Artist of the Month Indonesia. NIKI memulai karir di dunia musik dengan mengunggah video cover lagu di YouTube pada 2010 silam dan berhasil mendapat respon positif dari masyarakat.

Kini ia berada di bawah naungan label rekaman asal Amerika Serikat yakni 88Rising bersama dengan Rich Brian dan sejumlah musisi ternama asal Asia lainnya. NIKI memiliki sekitar 10,33 juta pendengar bulanan dan lagunya yang berjudul Lowkey berhasil menggaet sekitar 198,44 juta pendengar di Spotify.

Beberapa karya NIKI lainnya di antaranya I Like U, La La Lost You, hingga lagunya yang kini tengah naik daun berjudul Every Summertime. NIKI juga akan tampil dalam festival musik Coachella pada April 2022 mendatang.

3. Raisa

Juli 2021 menjadi bulan bagi Raisa bersinar di kampanye EQUAL Spotify Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Raisa? Musisi dengan nama lengkap Raisa Andriana ini mulai dikenal publik setelah menyanyikan debut single-nya berjudul Serba Salah pada tahun 2011.

Tak lama berselang, Raisa merilis album perdananya dengan lagu-lagu yang berhasil mengantarkannya menuju puncak popularitas seperti Terjebak Nostalgia, Apalah (Arti Menunggu), Could It Be, dan masih banyak lagi.

Hingga kini, Raisa masih aktif berkarya di bidang musik dan merilis karya-karya terbarunya. Raisa tercatat memiliki 1,6 juta pendengar bulanan dan lagu remake berjudul Bahasa Kalbu yang berkolaborasi bersama maestro kenamaan Andi Rianto berhasil menembus 35,07 juta pendengar di Spotify.

4. Rossa

Rossa berhasil menjadi perwakilan Indonesia dalam kampanye EQUAL Spotify Indonesia pada Agustus 2021. Penyanyi kelahiran Sumedang ini berhasil menarik perhatian publik setelah merilis album bertajuk Nada Nada Cinta pada tahun 1996.

Tak hanya sampai di sana, Rossa meneruskan karirnya di industri musik dengan merilis berbagai album lainnya yang sukses memperoleh berbagai penghargaan serta tanggapan positif dari masyarakat Indonesia bahkan hingga ke Malaysia.

Saat ini Rossa tercatat memiliki 1,78 juta pendengar bulanan di Spotify. Lagunya yang berjudul Terlalu Cinta memperoleh jumlah pendengar terbanyak di Spotify yakni mencapai 50,21 juta pendengar.

5. Maudy Ayunda

Perempuan yang memiliki segudang prestasi, berparas cantik, dan bersuara emas ini terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam kampanye EQUAL pada September 2021. Baru saja menamatkan pendidikan Strata 2 (S2) di Stanford University, Maudy Ayunda tidak hanya sukses di bidang akademik melainkan juga di industri hiburan dan musik.

Di dunia musik, sejumlah lagu Maudy Ayunda yang berhasil menjadi hits di antaranya Tiba-tiba Cinta Datang, Perahu Kertas, Untuk Apa, dan masih banyak lagi. Saat ini ia tercatat memiliki 1,22 juta pendengar bulanan dan lagunya berjudul Kamu dan Kenangan yang merupakan original soundtrack film Habibie & Ainun 3 berhasil meraih 36,24 juta pendengar di Spotify.

6. Yura Yunita

Oktober 2021, Yura Yunita berhasil terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam kampanye EQUAL Spotify. Berawal dari tatap, indah senyum memikat yang dimiliki Yura Yunita berhasil membawanya menuju puncak popularitas. Beberapa lagu-lagu hits milik Yura Yunita di antaranya Cinta dan Rahasia, Berawal dari Tatap, Intuisi, dan masih banyak lagi.

Pada bulan yang sama, Yura Yunita merilis album terbarunya yang bertajuk Tutur Batin terdiri dari 11 lagu. Jumlah pendengar bulanan Yura Yunita saat ini berjumlah sekitar 2,12 juta dan lagunya berjudul Cinta dan Rahasia berhasil memperoleh jumlah pendengar terbanyak yakni 66,28 juta pendengar di Spotify.

7. Lyodra

Perempuan berusia 18 tahun ini merupakan pemenang Indonesian Idol musim ke-10 yang diselenggarakan pada tahun 2019 hingga 2020 lalu. Lyodra berhasil terpilih sebagai Spotify EQUAL Artist of the Month Indonesia untuk bulan November 2021.

Di usianya yang masih sangat belia, Lyodra telah memiliki segudang prestasi di bidang tarik suara. Ia pernah meraih penghargaan skala internasional yakni sebagai juara kontes menyanyi Festival Sanremo Junior di Italia pada tahun 2017.

Namanya berhasil melambung setelah merilis self-titled album “Lyodra” sebagai album perdananya dan lagu Pesan Terakhir dikenal secara luas oleh publik. Lyodra kini memiliki sekitar 2,13 juta pendengar dan lagu andalannya, Pesan Terakhir memperoleh 59,11 juta pendengar di Spotify.

8. Tiara Andini

Tiara Andini berhasil terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam kampanye EQUAL Spotify pada akhir tahun yakni Desember 2021. Penyanyi yang juga merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-10 ini semakin populer setelah melantunkan lagu Maafkan Aku #terlanjurmencinta karya Yovie Widianto.

Pada bulan yang sama, Tiara Andini merilis album perdananya bertajuk “Tiara Andini” dengan 8 lagu di dalamnya, termasuk lagu berjudul Merasa Indah yang masuk dalam playlist Top 50 Indonesia milik Spotify. Saat ini Tiara Andini memiliki 3,07 juta pendengar dan lagu Maafkan Aku #terlanjurmencinta meraih 66,48 juta pendengar di Spotify.

9. Mahalini

Awal tahun 2022, Mahalini berhasil terpilih sebagai Spotify EQUAL Artist of the Month Indonesia untuk bulan Januari 2022. Popularitasnya terus meningkat setelah lagu berjudul “Aku Yang Salah” bersama Nuca menjadi soundtrack sinetron Ikatan Cinta.

Penyanyi asal Bali yang juga merupakan Top 5 Indonesian Idol musim ke-10 ini merilis sejumlah single lainnya seperti Melawan Restu dan Sisa Rasa yang berhasil menembus chart Top 50 Indonesia.

Saat ini, Mahalini memiliki 2,97 juta pendengar bulanan dan lagunya berjudul Melawan Restu memperoleh 59,24 juta pendengar di Spotify.

10. Ramengvrl

Terakhir dalam daftar ini, Ramengvrl merupakan perwakilan Indonesia dalam kampanye EQUAL Spotify untuk bulan Februari 2022. Sedikit berbeda dengan musisi lainnya dalam daftar, Ramengvrl merupakan seorang rapper yang banyak berkecimpung dalam genre hip hop.

Dimulai pada 2013, Ramengvrl yang memiliki nama asli Putri Estiani mengunggah lagu-lagu rap di Soundcloud. Kemudian pada tahun 2018, Ramengvrl berhasil memperoleh penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) dalam kategori Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik dan karya Produksi Kolaborasi Terbaik berkat lagu Decide.

Ramengvrl saat ini memiliki 229,39 ribu pendengar bulanan dan lagunya berjudul CA$HMERE memperoleh 4,60 juta pendengar di Spotify.

Selain nama-nama di atas, Marion Jola kini juga bergabung dalam kampanye EQUAL Spotify sebagai musisi Indonesia terpilih bulan Maret 2022 dan akan memperoleh kesempatan yang sama untuk terpampang di billboard Times Square New York pada pertengahan bulan Maret ini.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Angka Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia 2021 Jadi yang Tertinggi
Artikel Selanjutnya Kala Bencana Tanah Longsor Terus Meningkat dalam 3 Tahun Terakhir
Konten Terkait