Tembus Rp1 M, Inilah 10 Ras Kucing Termahal di Dunia

Dibalik kelucuan dan tingkah gemasnya ada beberapa jenis ras kucing yang memiliki harga paling mahal di dunia. Siapa saja mereka?.

Tembus Rp1 M, Inilah 10 Ras Kucing Termahal di Dunia Ilustrasi kucing paling mahal di dunia I Yelizaveta Tomashevska/Shutterstock

Siapa yang tidak kenal dengan hewan berbulu dan menggemaskan satu ini. Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak jadi pilihan hewan peliharaan. Selain membawa suasana baru di rumah, memelihara kucing juga dipercaya dapat berpengaruh baik bagi kesehatan mental. Maka dari itu, banyak dari para pecinta hewan yang memilih untuk mengadopsi atau membeli hewan satu ini.

Namun, siapa sangka dibalik kelucuannya, ada beberapa jenis ras kucing yang memiliki harga fantastis. Beberapa kucing tersebut dijual dengan harga mahal hingga tembus miliaran rupiah. Dilansir dari Chatter Source berikut adalah daftar 10 ras kucing termahal di dunia.

10 Ras Kucing Termahal di Dunia 2021 I GoodStats

1. The Ashera

The Ashera I VixonPhoto/Shutterstock

Ras kucing termahal nomor satu di dunia adalah The Ashera. Ras kucing asal Los Angeles satu ini merupakan jenis kucing campuran dari beberapa kucing liar, termasuk macan tutul Asia dan Serval Afrika, serta kucing rumahan. Ashera memiliki sifat keturunan dari kolaborasi ras kucing Savannah dan kucing Bengal. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Ashera ditaksir mencapai 112,5 dolar AS atau sekitar Rp1,9 miliar.

2. Savannah

Savannah I Lindasj22/Shutterstock

Peringkat nomor dua ras kucing termahal di dunia adalah ras kucing Savannah. Salah satu jenis kucing dari persilangan antara ras kucing Persia domestik dan Serval Afrika ini bisa memiliki bobot yang cukup besar. Sama seperti halnya dengan kucing Savannah yang liar di alam bebas, kucing satu ini memiliki sikap agresif dan naluri berburu yang kuat. Selain itu, kucing Savannah juga memiliki kecakapan atletik yang melebihi rata-rata kucing rumahan.

Saat ini, harga untuk satu ekor kucing Savannah bisa mencapai 25.000 dolar AS atau sekitar Rp390 juta untuk Savannah Dewasa, dan 125.000 dolar AS atau Rp1,9 miliar untuk bayi kucing Savannah. Hal ini disebabkan karena sulitnya proses perkembangbiakan antara ras kucing Servals dan Persia turut jadi penyebab dari kelangkaan tersebut.

3. The Khao Manee

The Khao Manee I Sheila Fitzgerald/Shutterstock

Disusul peringkat tiga kucing termahal di dunia, yaitu The Khao Manee. Nama Khao Manee jika diterjemahkan bahasa Thailand memiliki arti permata putih. Menurut sejarahnya, ras kucing Khao Manee sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan hanya dimiliki oleh para bangsawan kerajaan saja.

Khao Manee Memiliki ciri fisik dengan berwarna putih, bulu yang pendek, halus dan pola yang polos. Selain itu, Khao Manee memiliki warna mata biru, emas, atau mata ganjil (berbeda kiri-kanan). Tidak tanggung-tanggung, harga untuk satu ekor kucing ras ini dapat mencapai 11.000 dolar AS atau sekitar Rp170 juta.

4. Bengal

Bengal I Seregraff/Shutterstock

Kucing termahal di dunia selanjutnya dimiliki oleh ras kucing Bengal. Ras kucing satu ini dikenal memiliki penampilan yang eksotis berkat perkawinan DNA ras macan Asia. Ciri fisik yang dimiliki, yakni bertubuh kurus dan ramping, serta motif kulit seperti macan tutul.

Namun, beberapa kota seperti New York dan Hawaii telah melarang setiap warganya memelihara hewan ini. Harga kucing Bengal mencapai 10.000 dolar AS atau sekitar Rp156,2 juta per ekor.

5. The Toyger

The Toyger I Kutikova Ekaterina/Shutterstock

Meski tampak luar terlihat gahar, The Toyger tetap memiliki sifat super manja seperti hewan peliharaan pada umumnya. Selain dikenal dengan corak bulu seperti harimau, hewan satu ini juga terkenal unggul dalam segi stamina tubuh. Berbeda dengan kucing pada umumnya yang takut dengan air, The Toyger sangat menyukai air. Berkat keunikan karakternya inilah yang menjadikan The Toyger sebagai ras idaman para pecinta kucing.

Masuk dalam daftar lima ras kucing termahal di dunia, harga satu ekor The Toyger ditaksir dapat mencapai ratusan juta rupiah. Harga untuk seekor The Toyger sebesar 5.000 dolar AS atau sekitar Rp800 juta.

6. The Maine Coon

The Maine Coon I Seregraff/Shutterstock

Ras kucing termahal di dunia selanjutnya adalah sang idola para pecinta kucing, The Maine Coon. Terkenal akan sifatnya yang manja dan karakteristik fisik berbulu tebal menjadikan ras kucing The Maine Coon semakin gemas. Bentuk tubuh The Maine Coon besar dan tinggi hingga mencapai panjang 1 meter.

Meski memiliki harga selangit, kucing satu ini tetap tinggi peminat. Harga untuk satu ekor ras kucing The Maine Coon dibanderol sekitar 3.500 dolar AS atau sekitar Rp54,5 juta.

7. Persia

Persia I ANURAK PONGPATIMET/Shutterstock

Bagi para pecinta kucing tentu tidak asing lagi dengan ras kucing satu ini. Karakteristik umum dari ras kucing Persia, yakni memiliki tubuh gemuk, bulu panjang, wajah bulat, dan hidung pesek. Jika dilihat dari samping, dahi, hidung, dan dagu kucing Persia terlihat datar. 

Siapa sangka harga satu ekor Persia masuk dalam peringkat tujuh ras kucing paling mahal di dunia. Chatter Source menyebut, harga seekor ras kucing Persia mencapai 3.000 dolar AS atau sekitar Rp46,7 juta.

8. Peterbald

Peterbald I Ires003/Shutterstock

Berbeda dengan jenis kucing sebelumnya yang banyak diminati karena keindahan bulunya, kucing satu ini justru diminati karena tidak keunikannya yang berbulu pendek cenderung botak. Kucing Peterbald merupakan persilangan campuran dari kucing Don Sphynx dengan Oriental Shorthair. Peterbald merupakan ras kucing Rusia, tetapi ia diberi nama berdasarkan tempat asalnya, yakni kota St. Petersburg.

Masuk dalam daftar kucing termahal nomor delapan di dunia, kucing Peterbald ditaksir dengan harga mencapai 3.000 dolar AS atau sekitar Rp46,7 juta per ekor.

9. Russian Blue

Russian Blue I Camel Case/Shutterstock

Ras kucing mahal selanjutnya datang dari ras kucing Russian Blue. Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki ciri khas bulu berwarna abu-abu kebiruan. Jika dilihat dari sudut cahaya tertentu, warna biru pada bulunya akan terlihat mengkilap.

Ras kucing Russian Blue sangat cocok bagi para penderita alergi kucing. Hal ini disebabkan karena bulunya yang hipoalergenik atau tidak menimbulkan reaksi alergi dan tidak terlalu membutuhkan perawatan yang berlebihan. Satu ekor ras kucing Russian Blue dapat mencapai harga 3.000 dolar AS atau sekitar Rp46,7 juta.

10. Sphynx

Sphynx I Jesus Vivas Alacid/Shutterstock

Ras kucing Sphynx yang merupakan nenek moyang dari ras Peterbald, juga masuk dalam daftar sepuluh kucing paling mahal di dunia. Walaupun nampak serupa, kedua ras kucing tersebut memiliki perbedaan fisik. Kucing Sphynx tidak memiliki kumis dan bulu sama sekali, berkat hal tersebut, minyak dari tubuh kucing dapat membuatnya lengket saat disentuh. Minyak dari tubuhnya ini juga akan menarik dan menahan kotoran.

Jika dibiarkan terlalu lama, kucing Sphynx bisa memiliki bau yang tidak sedap. Perlu metode khusus untuk merawat kucing satu ini supaya terhindar dari infeksi kulit. Meski demikian, kucing Sphynx tetap memiliki banyak penggemar terkhusus bagi mereka para pecinta kucing unik. Harga satu ekor The Sphynx mencapai 2.000 dolar AS atau sekitar Rp31,2 juta.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Portal Satu Data Indonesia, Solusi untuk Data yang Lebih Padu
Artikel Selanjutnya Deretan Pemain Paling “Senior” di Piala AFF 2022, Ada Nama Spasojevic
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook