Survei Jakpat: Mayoritas Gen Z Hobi Nonton Genre Action

Berdasarkan survei Jakpat, genre laga/action menjadi genre yang paling banyak digandrungi oleh gen Z dengan persentase mencapai 72 persen pada 2022.

Survei Jakpat: Mayoritas Gen Z Hobi Nonton Genre Action Ilustrasi orang menggunakan platform streaming | My Agency/Shutterstock

Platform survei Jakpat baru-baru ini merilis laporannya yang bertajuk 2022 Indonesia Mobile Entertainment & Social Media Trends. Dalam laporan teresbut, Jakpat menghadirkan data mengenai tren kebiasaan masyarakat dalam menggunakan platform media sosial dan hiburan mobile di tahun 2022.

Jakpat mengungkapkan, mayoritas responden cenderung menggunakan lebih dari satu platform hiburan, terutama untuk streaming film atau serial. Adapun, fluktuasi waktu untuk menonton film dan serial tercatat serupa antara hari kerja dan akhir pekan, dengan peningkatan angka streaming pada akhir pekan. Kemudian, waktu puncak streaming adalah antara pukul 21.01-00.00.

Berdasarkan data, ternyata sebagian besar audiens menggunakan smartphone untuk mengakses layanan servis akses konten video platform OTT (over-the-top).  Namun jika dilihat berdasarkan kelompok usia, laptop/PC jauh lebih populer di kalangan gen Z, sementara TV lebih populer di kalangan milenial dan gen X.

Daftar genre terfavorit menurut gen Z | Goodstats

Genre laga atau action menjadi genre film/serial yang paling digemari oleh gen Z di tahun 2022 dengan persentase responden mencapai 72 persen menurut survei Jakpat. Disusul oleh genre komedi sebanyak 67 persen dan genre romantis 64 persen.

Berikutnya, genre drama menduduki peringkat keempat dengan persentase responden mencapai 61 persen. Diikuti oleh genre fantasi dan horror dengan persentase masing-masing sebanyak 50 persen ddan 48 persen.

Selanjutnya ada genre anime yang mencapai persentase 40 persen. Lalu, disusul oleh genre thriller dengan 36 persen, sci-fi dengan 33 persen, dan dokumenter dengan persentase mencapai 27 persen responden pada tahun 2022.

Korea Selatan dan Indonesia adalah negara asal film atau serial paling populer yang ditonton oleh mayoritas penonton platform streaming. Berdasarkan kelompok usia, film yang berasal dari Amerika Serikat lebih populer di kalangan gen X.

Untuk kelmpok usia milenial, film/serial yang berasal dari Korea Selatan lebih populer dari film/serial yang berasal dari tanah air. Sedangkan, film/serial Inggris lebih banyak digandrungi oleh kelompok gen Z dan milenial dibandingkan dengan gen X.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Orang Indonesia Paling Sering Habiskan Waktu untuk Main Sosial Media

Orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam setiap harinya untuk bermain sosial media dan TikTok jadi sosial media yang paling sering digunakan.

Kominfo Berhasil Tangani Lebih Dari 5 Ribu Konten Berbau Radikalisme

Berdasarkan laporan dari Kominfo, terdapat sebanyak 5.731 konten yang mendukung ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme di platform digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X