Singapore Open Kembali Terlaksana, Indonesia Masih Pegang Gelar Terbanyak

Sejak menjadi turnamen bulu tangkis invitasi pada 1960, Indonesia memegang gelar terbanyak Singapore Open hingga kini dengan total 58 gelar.

Singapore Open Kembali Terlaksana, Indonesia Masih Pegang Gelar Terbanyak Aksi Fajar/Rian ketika berlaga di Malaysia Open 2022 | Dok. PBSI

Turnamen bulu tangkis terbesar di Singapura, Singapore Open kembali terlaksana pada tahun ini. Diselenggarakan selama 12 hingga 17 Juli 2022 di Singapore Indoor Stadium, para atlet akan memperebutkan total hadiah senilai 370 ribu dolar AS.

Singapore Open 2022 merupakan turnamen bertitel Super 500 atau menempati posisi turnamen ke-14 dalam BWF World Tour 2022. Secara umum, Singapore Open telah diselenggarakan pertama kalinya sejak 1929. Namun, sifatnya masih pilihan untuk mewakili Singapura di turnamen regional.

Sejak 1960, Singapore Open menjadi kejuaraan undangan terbuka yang diadakan setiap tahun. Hingga pada 1990, turnamen ini masuk ke dalam bagian dari International Badminton Federation Grand Prix.

Pada 2007 silam, Singapore Open resmi masuk ke dalam bagian dari BWF Super Series. Kabar gembiranya, pada tahun depan Singapore Open akan naik level ke Super 750 di BWF World Tour 2023-2026 bersama dengan India Open.

Sejak menjadi turnamen bulu tangkis invitasi pada 1960, Indonesia memegang gelar terbanyak Singapore Open hingga kini dengan total 58 gelar. Seluruh gelar tersebut Indonesia peroleh dengan rincian 16 kali tunggal putra, 6 kali tunggal putri, 18 kali ganda putra, 6 kali ganda putri, dan 12 kali ganda campuran.

Indonesia memegang gelar Singapore Open terbanyak sejak 1960 dengan 58 gelar | GoodStats

Wakil Indonesia yang terakhir kali menjuarai Singapore Open adalah pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada 2018 lalu. Pada gelaran terakhir di 2019, Singapore Open dijuarai oleh tiga wakil Jepang di tunggal putra, ganda putra, dan ganda putri (Kento Momota, Kamura/Sonoda, Matsumoto/Nagahara), satu wakil China Taipei di tunggal putri (Tai Tzu-ying), dan satu wakil Thailand di ganda campuran (Puavaranukroh/Taerattanachai).

China berada di belakang Indonesia sebagai pemegang gelar Singapore Open terbanyak dengan total 54 gelar. Ke-54 gelar China ini diraih sebanyak 7 kali di tunggal putra, 17 kali di tunggal putri, 5 kali di ganda putra, 21 kali di ganda putri, dan 4 kali di ganda campuran. Malaysia berada di peringkat ketiga dengan total 33 gelar.

Sang tuan rumah, Singapura menjadi negara dengan gelar terbanyak keempat dengan total 17 gelar. Seluruh gelar tersebut diperoleh sebanyak 2 kali dari tunggal putra, 3 kali dari tunggal putri, 2 kali dari ganda putra, serta 5 kali masing-masing dari ganda putri dan ganda campuran.

Denmark dan Jepang sama-sama telah mengoleksi 10,5 gelar. Angka 0,5 ini diperoleh karena pada gelaran tahun 1968, peraih gelar ganda campuran Singapore Open dimenangkan oleh Svend Andersen (Denmark) dan Noriko Takagi (Jepang).

Posisi tujuh hingga sepuluh diisi oleh Korea Selatan (8 gelar), Thailand (6 gelar), China Taipei (5 gelar), dan Inggris (4 gelar). Lima negara lain yang juga telah mengoleksi gelar Singapore Open antara lain Swedia (3 gelar), India (2 gelar), serta Prancis, Jerman, dan Hong Kong yang masing-masing telah mencicipi satu gelar.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Tax Amnesty Jilid II, Setoran Pajak Penghasilan Tembus 54 Triliun
Artikel Selanjutnya Daftar Partai Politik yang Bisa Ajukan Calon Presiden Sendiri
Konten Terkait