Serum Wajah Jadi Produk Kecantikan Paling Dicari Masyarakat Indonesia

Dalam kurun 2 semester ke belakang, produk perawatan kulit mencatatkan angka penjualan tertinggi di antara pasar FMCG lainnya di eCommerce Indonesia.

Serum Wajah Jadi Produk Kecantikan Paling Dicari Masyarakat Indonesia Ilustrasi serum wajah | olgsera/Shutterstock

Mengutip dari siaran pers Compas.co.id pada 21 November 2022, produk perawatan kecantikan mencatatkan angka pendapatan paling tinggi di antara pasar fast moving consumer goods (FMCG) lainnya. Adapun totalnya mencapai Rp79 miliar dalam kurun waktu 2 semester lalu.

4 kategori produk dengan penjualan tertinggi di eCommerce pada September 2022 | GoodStats

Sementara itu, di antara banyaknya produk perawatan kecantikan yang beredar di eCommerce Indonesia, serum wajah menduduki peringkat pertama produk paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.

Penjualan serum wajah di eCommerce tanah air menembuh angka Rp6 miliar selama periode September 2022. Diikuti dengan produk pembersih wajah di posisi ke-2 dengan total angka penjualan sebesar Rp5 miliar dan pelembab wajah di posisi ke-3 dengan raihan penjualan sebesar Rp4 miliar.

Bila menilik lebih jauh lagi, terdapat beberapa merek serum wajah yang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Adapun 3 merek serum favorit masyarakat Indonesia berdasarkan data dari Compas diraih oleh merek lokal yakni Somethinc, Avoskin, dan Skintific.

Adapun angka penjualan serum wajah Somethinc menembus angka Rp729 juta, menjadi yang tertinggi di antara merek serum lainnya. Avoskin menyusul di posisi ke-2 dengan raihan penjualan sebesar Rp623 juta. Sementara itu, Skintific berada di posisi ke-3 dengan angka penjualan Rp488 juta.

Di sisi lain, bila melihat dari fungsi serum, serum brightening menjadi incaran terbanyak masyarakat Indonesia. Berdasarkan penjualan di Tokopedia, serum wajah dengan fungsi brightening berhasil meraup penjualan lebih dari Rp2 miliar.

Spesifik berbicara mengenai merek serum wajah brightening paling laris, Skintific berhasil mengungguli Somethinc dengan produknya “Skintific 10% Niacinamide” yang berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar Rp98 juta selama periode September 2022. Raihan ini menyumbang 20 persen dari total pendapatan.

Menyusul di posisi berikutnya, merek serum wajah Somethinc dengan produk “Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum 40 ml” meraih penjualan sekitar Rp64 juta pada September 2022.

Selain produk perawatan kecantikan, secara berurutan produk kesehatan, ibu & bayi, makanan & minuman menempati posisi berikutnya kategori produk yang paling banyak dicari di eCommerce selama periode September 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Statistik Korban Terorisme Global
Artikel Selanjutnya Piala Dunia 2022 Akan Menjadi yang Terakhir bagi Para Bintang Ini
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook