Serba-Serbi Dominasi Pasar Gawai Cerdas Dunia

Gawai cerdas menjadi benda yang esensial untuk berkomunikasi hingga produktivitas. Merek mana yang mendominasi pangsa pasar dunia?

Serba-Serbi Dominasi Pasar Gawai Cerdas Dunia Ilustrasi Smartphone | Unsplash/shauste

Gawai cerdas atau yang lebih sering disebut smartphone kini menjadi hal yang esensial di dalam hidup manusia modern. Hal tersebut bisa terjadi lantaran benda tersebut tak lagi hanya menjadi sarana komunikasi seperti fungsi utamanya, namun kini kerap kali menjadi benda penting untuk keperluan pendidikan, pekerjaan hingga hanya dipergunakan untuk senang-senang. 

Tak ada yang salah dari berbagai motivasi setiap orang menggunakan gawai cerdasnya, namun segala kecanggihan dan berbagai fungsi yang ditawarkan menjadi alasan mengapa smartphone dianggap benda yang penting dan bernilai.

Perihal kebutuhan kerja, gawai cerdas yang paling menawarkan produktivitas di masa dan paling fleksibel dan compact adalah tablet, gawai cerdas dengan ukuran layar yang jauh lebih besar dari smartphone dan menawarkan performa yang amat menunjang produktivitas.

Menurut data dari IDC’s Worldwide Quarterly Tablet Tracker, jika dilihat berdasarkan angka distribusi, Apple menjadi merek yang mendominasi penjualan gawai tablet di seluruh dunia, dengan total distribusi 14,5 juta unit di kuartal tiga tahun 2022 lalu. Selain itu, tahun 2020 tercatat menjadi tahun dengan distribusi gawai tablet terbanyak dengan total 52,6 juta unit dari berbagai merek di seluruh dunia

Bagi mereka yang tidak terlalu menjadikan produktivitas sebagai hal yang esensial. Tentu, memiliki gawai cerdas adalah hal yang sudah cukup untuk menunjang kehidupan. Hingga kini banyak merek gawai cerdas yang menawarkan berbagai variasi ponsel yang beragam dengan kekuatan produknya masing-masing. Namun, diantara banyaknya merek smartphone yang beredar, tentu akan ada satu merek yang mampu mendominasi pangsa pasar smartphone dunia.

Berdasarkan data dari Counterpoint Research, Samsung mendominasi pangsa pasar smartphone dunia dengan menjadi yang terdepan dalam jumlah distribusi unitnya ke seluruh dunia. Tercatat, dari seluruh distribusi smartphone di seluruh dunia, 21 persen dari seluruhnya didominasi oleh Samsung pada kuartal tiga tahun 2022. Disusul dibawahnya oleh Apple dengan distribusi di angka 16 persen di waktu yang sama.

Memasuki era jaringan 5G, tentu menjadikan fitur 5G pada smartphone sebagai fitur yang penting. Menurut catatan Counterpoint Research, Samsung Galaxy A52s 5G menjadi smartphone dengan penjualan terlaris di tahun 2022 dengan total penjualan sebesar 2,9 persen dari seluruh ponsel 5G yang dijual di pasaran. Disusul oleh Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang masing-masing penjualannya ada di angka 2,87 dan 2,63 persen dari seluruh ponsel 5G di pasaran tahun 2022. 

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

2023 Menjadi Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah di Dunia

Suhu permukaan bumi global Juli 2023 capai 16,95 °C, mengalami kenaikan sebesar 1,5 °C dibandingkan rata-rata bulan Juli pada periode 1850-1900

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X