Sederet Negara Yang Paling Banyak di Kunjungi di Asia, Indonesia Nomor 7!

Sepanjang tahun 2022 Indonesia tercatat telah dikunjungi oleh 5,47 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia

Sederet Negara Yang Paling Banyak di Kunjungi di Asia, Indonesia Nomor 7! Ilustrasi kerumunan orang | r.classen/Shutterstock

Asia merupakan benua terbesar yang menjadi salah satu tujuan perjalanan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan Timur Tengah yang menjadi pusat wisata utama. 

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam laporan terbaru mereka pada Mei lalu, disebutkan bahwa Timur Tengah telah pulih ke titik pra-pandemi pada Q1 2023. 

Tak heran, sebab kebangkitan pariwisata ini karena upaya negara-negara seperti Arab Saudi, Qatar, Bahrain hingga Uni Emirat Arab (UEA) (khususnya Dubai) untuk menjadi tujuan wisata utama karena mereka berusaha untuk mendiversifikasi ekonomi mereka.

Mengutip dari Insider Monkey, negara yang paling banyak dikunjungi di Asia dinilai berdasarkan jumlah kedatangan wisatawan di negara-negara Asia pada tahun 2022. 

Perlu diingat bahwa terjadi lonjakan kedatangan wisatawan internasional sebesar 234% sepanjang tahun 2022, yang menandakan menguatnya industri sektor pariwisata.

Negara yang paling banyak di kunjungi di Asia | Goodstats

Berdasarkan data di atas, berikut daftar 10 negara di Asia yang paling banyak dikunjungi

1. Turki

Pantai Oludeniz di Turki | Olena Rublenko/Shutterstock

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, Turki memiliki kebangkitan sektor pariwisata terbesar pasca pandemi dibandingkan negara-negara lainnya. Oleh karena itu, Turki dengan mudah menduduki puncak daftar  20 negara yang paling banyak dikunjungi di Asia , dengan kedatangan lebih dari dua kali lipat dari UEA. 

Negara lintas dua benua yakni Asia dan Eropa ini memang memiliki daya tarik wisata unggulan dengan ibukota bersejarahnya di Istanbul, lalu resor pantai di Fethiye serta wahana balon udara di atas gua di Cappadocia yang memberi kontribusi pada jutaan kunjungan ke negara perbatasan Asia Eropa ini.

2. Uni Emirat Arab (UEA)

Pemandangan Burf Khalifa dari udara | Tavarius/Shutterstock

Negara yang memiliki gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa ini merupakan permata mahkota Uni Emirat Arab yang telah disulap menjadi tujuan wisata global. Pemerintah UEA melakukan pengoptimalan pada sektor layanan yang menawarkan fasilitas hotel mewah serta arsitektur menakjubkan yang dipadukan dengan beberapa gedung pencakar langit untuk menarik orang dari seluruh dunia.

3. Arab Saudi

Pemandangan langit di Mekkah, Arab Saudi |  SAMAREEN/Shutterstock

Arab Saudi merupakan negara yang menjadi tujuan utama bagi umat muslim di seluruh dunia untuk menunaikan ibadah mereka, dimana adanya keberadaan kota Makkah dan Madinah mempunyai kepentingan agama yang besar dalam Islam. 

Serta pelaksanaan umroh serta momentum Ibadah haji yang terlaksana setiap tahunnya menjadi tujuan favorit bagi umat muslim dunia.Tak hanya menyajikan pesona wisata religi, Arab saudi kini mulai berbenah untuk melebarkan cakupan sektor pariwisatanya dengan berfokus pada perubahan citranya untuk menarik lebih banyak wisatawan, menjadikannya salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di Asia.

4.Thailand

Pemandangan Phuket Seascape | carlos castilla/Shutterstock

Negara yang terkenal dengan sebutan negeri gajah ini masuk dalam urutan keempat sebagai negara di Asia yang paling banyak dikunjungi. Sepanjang tahun 2022, sebanyak 11 juta orang telah mengunjungi negara ini. Thailand dipenuhi oleh wisatawan terutama di musim panas untuk menikmati sinar matahari, pantai yang luar biasa, dan pesta yang terkenal secara global.

5. Malaysia

Pemandangan menara petronas di Kuala Lumpur | Andrey_Vasiliskov/Shutterstock

Negara tetangga Indonesia, negeri Jiran Malaysia rupanya juga masuk dalam daftar negara yang paling banyak dikunjungi di Asia. Torehan angka wisatawan mancanegaranya mencapai 10,07 juta orang pada tahun lalu. 

Tak heran Malaysia masuk dalam daftar ini sebab pesona pariwisata yang menawarkan suasana iklim tropisnya, dilengkapi dengan pantainya yang terkenal, dan keanekaragamannya yang luar biasa.

6. Singapura

Pemandangan di Marina Bay | Richie Chan/Shutterstock

Singapura tak hanya masuk dalam jajaran negara dengan paspor terkuat maupun dengan pendapatannya yang tinggi, Singapura juga masuk dalam deretan negara yang paling banyak dikunjungi tahun lalu. 

Negara yang luas wilayahnya tidak besar ini, selama tahun lalu telah dikunjungi sebanyak 6,3 juta pelancong dari berbagai negara. Berkat  pesona kemewahan dan keglamorannya, terutama yang berkaitan dengan kehidupan malamnya. 

7. Indonesia

Komodo berjalan di salah satu pantai | Martina Pellecchia/Shutterstock

Indonesia merupakan negara yang dihuni oleh ratusan suku serta memiliki berbagai macam kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Tak ayal, negara yang ditinggali lebih dari 270 juta penduduk ini masuk dalam daftar yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Sepanjang tahun 2022, tercatat Indonesia telah menerima lebih dari 5 juta wisatawan mancanegara. Dengan beberapa daerah wisata unggulan seperti Bali, Lombok, hingga Yogyakarta yang dapat menarik minat pelancong untuk menikmati pesona Indonesia.

8. Yordania

Salah satu Biara di Kota Petra, Yordania | tenkl/Shutterstock

Berkat perolehan kunjungan wisatawan sebanyak 4,28 juta selama tahun 2022, Yordania masuk dalam daftar negara Asia yang paling banyak dikunjungi pada tahun lalu. Dengan adanya kota kuno Petra, yang dianggap sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia modern. Petra memainkan peran penting dalam memberikan sumbangsih banyaknya wisatawan yang berkunjung. 

9. Iran

Pemandangan kota sejarah Isfahan, Iran | MehmetO/Shutterstock

Meskipun termasuk dalam negara yang cukup dihindari oleh sederet negara Barat serta  menghadapi sanksi berat selama beberapa tahun. Namun keadaan ini tak menghentikan pesona Iran sebagai tujuan utama umat Islam, khususnya Muslim Syiah. Dimana keberadaan Kota Karbala, tempat pertempuran penting dalam sejarah Islam yang  terjadi sekitar 1.500 tahun lalu.

10. Jepang

Pemandangan Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko | warasit phothisuk/Shutterstock

Negeri yang terkenal dengan julukan matahari terbit ini sepanjang tahun 2022 lalu telah dikunjungi oleh lebih dari 3 juta wisatawan mancanegara. Negara asal makanan Sushi ini mempunyai daya tarik pada  sejarah dan budayanya yang beragam, sekaligus menjadi rumah bagi salah satu peradaban tertua di dunia. 

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X