Rotten Tomatoes Catat Oppenheimer Kantongi 233 Penghargaan Film Bergengsi

Rotten Tomatoes menobatkan Oppenheimer karya Christopher Nolan sebagai film terbaik tahun 2023-2024 dengan skor 93% dan mengantongi 233 penghargaan.

Rotten Tomatoes Catat Oppenheimer Kantongi 233 Penghargaan Film Bergengsi Oppenheimer jadi film terbaik Nolan sepanjang tahun 2023-2024 (Universal Pictures)

Rotten Tomatoes menobatkan Oppenheimer karya Christopher Nolan sebagai film terbaik tahun 2023-2024 dengan skor audiens 93%. Selain itu, film biopik ini juga tercatat telah meraih 233 penghargaan film internasional bergengsi.

Rekor yang dipecahkan Oppenheimer mengalahkan pencapaian film-film blockbuster Hollywood lain yang rilis di tahun serupa seperti The Holdovers dengan skor 97% dan 93 penghargaan, Barbie dengan skor 88% dan 83 penghargaan, Poor Things dengan skor 92% dan 64 penghargaan, serta Killers of the Flower Moon dengan skor 93% dan 53 penghargaan.

Oppenheimer kantongi penghargaan terbanyak sepanjang tahun (Rotten Tomatoes/GoodStats)

Oppenheimer menceritakan kisah J. Robert Oppenheimer, seorang ilmuwan yang memimpin Proyek Manhattan di Los Alamos untuk mengembangkan bom atom. Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai Oppenheimer, Emily Blunt sebagai istrinya, Kitty Oppenheimer, Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss, dan Florence Pugh sebagai Jean Tatlock.

Film ini telah mendapatkan banyak pujian dari para kritikus atas aktingnya yang luar biasa, penyutradaraan yang brilian, dan efek visual yang menakjubkan. Banyak yang menyebutnya sebagai salah satu film terbaik Nolan dan film wajib ditonton tahun ini.

Oppenheimer Layak Menjadi Film Terbaik

Sejak dirilis pada 21 Juli 2023, Oppenheimer telah dinominasikan untuk 13 kategori Academy Awards 2024, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Christopher Nolan, dan Aktor Terbaik untuk Cillian Murphy dan Robert Downey Jr.

Film berdurasi tiga jam ini pun berhasil mengantongi 7 piala Oscar dengan memenangkan 7 kategori di penghargaan bergengsi tersebut.

Menurut Rotten Tomatoes, terdapat beberapa alasan mengapa Oppenheimer layak direpresentasikan sebagai film terbaik.

Cillian Murphy memberikan penampilan terbaiknya dalam karirnya sebagai Oppenheimer. Dia mampu menangkap kompleksitas dan kontradiksi karakter dengan sempurna. Emily Blunt juga memberikan penampilan yang kuat sebagai Kitty Oppenheimer.

Dari balik layar, Christopher Nolan sebagai salah satu sutradara terbaik di dunia sekali lagi memperkuat reputasinya dengan debut Oppenheimer. Lewat film ini, Nolan mampu menceritakan kisah yang kompleks dan menarik dengan cara yang visual yang menakjubkan.

Selain itu, Oppenheimer memiliki beberapa efek visual terbaik yang pernah dilihat dalam sebuah film. Adegan ledakan bom atom sangat realistis dan menghantui emosi traumatis yang dibawakan Murphy sepanjang film.

Tidak hanya itu, Nolan juga menceritakan biografi Oppenheimer dari dualisme perspektif yang dilematis antara penemuan saintifik terbesar di dunia atau bahaya senjata nuklir dalam peperangan. Film ini mengingatkan kita tentang potensi destruktif dari senjata ini dan pentingnya perdamaian.

"Oppenheimer adalah film terbaik Christopher Nolan sejak The Dark Knight. Ini adalah film yang brilian dan menakjubkan yang akan mengubah cara Anda berpikir tentang bom atom." ungkap kritikus film David Ehrlich kepada IndieWire.

Oppenheimer adalah film yang luar biasa dan penting yang akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para penontonnya.

Penulis: Christian Noven Harjadi
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Fenomena Musik Korea: Indonesia Tempati Posisi Ke-3 Pasar K-Pop Dunia

Indonesia menonjol sebagai salah satu pemain utama di pasar K-Pop global. Meskipun persaingan ketat, antusiasme penggemar K-Pop hingga kini tetap tinggi.

ChatGPT vs Gemini: Manakah Chatbot AI yang Terbaik?

Popularitas penggunaan chat AI kian meningkat, baik di Indonesia maupun secara global. Antara dua pioneer chat AI, manakah yang lebih baik?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook