Punya Skyscrapers Terbanyak, Cina Masih Konstruksi Gedung Pencakar Langit Hingga 2029

Cina masih menjadi negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak di tahun 2023. Masih banyak proyek skyscrapers di Cina yang akan rampung berikutnya.

Punya Skyscrapers Terbanyak, Cina Masih Konstruksi Gedung Pencakar Langit Hingga 2029 Ilustrasi Skyscrapers | Unsplash/DavidRodrigo

Sejak tahun 2022, Cina tercatat sebagai negara dengan jumlah gedung pencakar langit atau skyscrapers terbanyak di dunia. Menariknya, di Maret 2023 Cina masih menjadi negara pemilik gedung pencakar langit terbanyak di dunia. 

15 Negara dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak | Goodstats
15 Negara dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak | Goodstats

Menurut data Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH), pada tahun 2022 jumlah gedung pencakar langit atau skyscrapers dengan ketinggian lebih dari 150 hingga lebih dari 300 meter di Cina tercatat berjumlah 4.035 gedung. Jumlah tersebut meningkat menjadi 4.224 gedung pada Maret 2023. 

Dengan kepemilikan 3082 gedung dengan ketinggian lebih dari 150 meter, 1.035 gedung dengan ketinggian lebih dari 200 meter, serta 107 gedung dengan ketinggian lebih dari 300 meter, kembali membuat Cina menjadi negara dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak di dunia. 

Di bawah Cina, tercatat Amerika Serikat menjadi negara nomor dua dengan kepemilikan gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Amerika Serikat tercatat memiliki 873 gedung dengan ketinggian lebih dari 150 meter, 235 gedung dengan ketinggian lebih dari 200 meter serta 30 gedung dengan ketinggian di atas 300 meter. 

Disusul di bawahnya oleh Uni Emirat Arab pada posisi tiga, dengan kepemilikan 325 gedung dengan ketinggian lebih dari 150 meter, 145 gedung dengan ketinggian lebih dari 200 meter, serta 32 gedung dengan ketinggian lebih dari 300 meter.

Meski Cina sudah menjadi negara dengan kepemilikan gedung pencakar langit di dunia, tercatat juga bahwa Cina tetap terus melakukan konstruksi untuk gedung-gedung pencakar langit lainnya yang tercatat akan rampung pada waktu mendatang.

Jajaran Gedung Pencakar Langit dalam Proses Konstruksi | Goodstats
Jajaran Gedung Pencakar Langit dalam Proses Konstruksi | Goodstats

Masih bersumber pada data CTBUH, tercatat ada 15 gedung tinggi yang masih dalam proses konstruksi untuk skala dunia pada Maret 2023. Gedung dengan tertinggi yang masih berada dalam proses konstruksi adalah Greenland Jinmao International Financial Center yang berlokasi di Nanjing dan tercatat akan rampung pada 2025 yang akan memiliki ketinggian 499,8 meter. 

Di urutan dua, ada Suzhou Zhongnan Center, yang dibangun di Suzhou dengan ketinggian 499,2 dan akan rampung pada 2025. Ada Juga HeXi Yuzui Tower A yang berlokasi di Nanjing dan akan rampung pada 2025. Sementara itu, dari 15 gedung tersebut, gedung yang akan rampung dengan kurun waktu terjauh adalah Wuhan CTF Finance Center yang dibangun di Wuhan dan diproyeksikan rampung pada 2029. Dari 15 daftar skyscrapers yang masih dalam proses konstruksi tersebut, 13 di antaranya berlokasi di Cina.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Indeks Terorisme Global: Afghanistan Jadi Negara Paling Terdampak 2022
Artikel Selanjutnya Ridwan Kamil Masih Teratas pada Elektabilitas Cawapres Menurut Survei Indikator Maret
Konten Terkait

5 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Asia Tenggara 2022, 1 dari Indonesia

Pemandangan gedung pencakar langit lumrah ditemukan di kota-kota metropolitan, tak terkecuali di kawasan Asia Tenggara salah satunya Indonesia.

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook